Selama ini, kita mengenal machine itu seperti sebuah alat yang bisa dibilang seperti alat untuk konstruksi bangunan. Atau seperti robot yang dapat melakukan suatu hal secara automatis. Atau sebuah smartphone yang selalu kita gunakan setiap hari. Atau suatu benda yang terbentuk dari komponen – komponen yang bisa memberikan fungsi bagi umat manusia. Tapi apakah kalian tahu Virtual Machine itu ?. “Virtual” berarti tidak ada didunia nyata adanya didunia maya. Dan “Machine”. Apakah artinya Benda yang berguna bagi manusia yang berbentuk virtual ?. Mari simak artikel berikut !.

source: dreamstime.com

Mengenal Virtual Machine

Virtual Machine (VM) adalah simulasi terhadap suatu sistem komputer. Bisa dibilang Virtual Machine itu adalah suatu alat atau software yang mencoba untuk meniru sifat dari OS atau component komputer yang ditiru. Kalian bisa membayangkannya seperti ini, bayangkan jika kalian ingin memiliki 2 komputer tetapi tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli 1 komputer lagi. Kalian bisa menggunakan Virtual Machine untuk mencapai hasil tersebut. Bisa dibilang Virtual Machine (VM) itu adalah Komputer Portabel yang bisa kalian bawa kemana aja dengan menggunakan flashdisk saja.

Tipe – tipe Virtual Machine

Berdasarkan fungsinya, Virtual Machine dibagi menjadi  2, yaitu

System Virtual Machine ( Full Virtualization VM)

Tipe VM ini yang sering digunakan oleh beberapa orang yang sering berpindah pindah OS. Tipe ini menyediakan beberapa fungsi yang digunakan untuk menjalankan suatu Sistem Operasi (OS). TIpe ini menggunakan sebuah Hypervisor untuk mengatur hardware dari VM tersebut. Dengan Hypervisor kita juga dapat memiliki banyak OS atau Virtual Komputer dalam 1 Komputer. Untuk lebih memperlancar atau memperkuat VM, kita juga bisa menggunakan Hypervisor yang lebih modern. Tetapi membutuhkan hardware yang cukup kuat dalam mengatasi VM tersebut.

Dalam sistem komputer, Virtual Machine dianggap sebagai “guest”. Dan Komputer yang digunakan untuk menjalankannya disebut “host”. Dalam 1 host kita bisa menggunakan banyak guest. Yang setiap guest dapat mensimulasi berbagai tipe OS atau perangkat lain.

Process Virtual Machines

Tipe VM ini digunakan sebagai sarana untuk uji coba atau sebagai tempat kerja suatu program untuk melakukan perintah tertentu yang sudah disiapkan di VM. VM ini juga bisa disebut sebagai Application Virtual Machine atau Managed Runtime Environment (MRE). VM ini bisa dibilang tidak seperti VM biasanya, VM ini seperti sebuah aplikasi normal yang dapat menjalankan 1 proses atau perintah. Process VM ini menyediakan tingkat abstraksi yang tinggi atau bisa dibilang menggunakan Bahasa pemrograman yang tinggi. Untuk menggunakan Process VM membutuhkan Interpreter (sebuah translator untuk mesin yang mentranslate sebuah perintah yang lalu diubah menjadi Bahasa machine sehingga dengan mudah dipahami oleh mesin).

Tipe VM ini semakin popular akibat dari banyaknya Bahasa programming yang ada di dunia ini.

Meskipun begitu Virtual Machine (VM) bahkan bisa digunakan untuk mensimulasikan sebuah console game. Tetapi hal ini tentu saja membutuhkan hardware yang cukup high-end.

Fungsi Virtual Machine

Tentu saja, banyak sekali yang dapat kita lakukan jika kita memiliki 2 komputer. Tetapi untuk Virtual Machine, beberapa orang menggunakannya sebagai suatu cara agar tidak mengeluarkan banyak budget hanya untuk suatu pekerjaan yang tidak terlalu sering dikerjakan atau untuk melakukan suatu pekerjaan yang mungkin memiliki resiko tersendiri bagi pekerjanya. Misalnya, untuk melakukan testing virus komputer, sebagai tempat mengoperasikan server perusahaan, bahkan bisa juga digunakan untuk mengeksplorasi internet tanpa takut komputer terkena hack.

Sebelum Virtual Machine

Tipe System Virtual Machine, sebelum adanya Virtual Machine, semuanya berawal dari sistem time-sharing, yang sudah dipasang di Compatible Time-Sharing System (CTSS). Dengan time-sharing, bisa dengan mudah dipakai banyak orang walaupun hanya 1 komputer. Walaupun memiliki akses bebas terhadap computer tersebut, tetapi hanya 1 program yang dapat dijalankan.Setelah masa itu barulah prototype pertama virtual machine baru ada. Bentuk virtual machine pertama yaitu M44/44X yang menggunakan partial virtualization, CP-40 dan SIMMON yang menggunakan full virtualization, dan juga yang merupakan bentuk hypervisors pertama. Untuk Virtual Machine yang disebarluaskan pada masa itu, yaitu CP-67/CMS. Perbedaan dari 3 Virtual Machine (M44/44X, CP-40, SIMMON) yaitu, untuk M44/44X dan CP-40, mereka menggunakan beberapa Virtual Machine pada 1 host (komputer). Untuk SIMMON, menggunakan 1 Virtual Machine pada 1 host untuk Prototyping.

Untuk tipe Process Virtual Machine, pertama kali muncul sebagai platform abstract yang digunakan untuk Bahasa pemograman yang masih menengah. Tipe ini baru muncul pada tahun 1966. Contoh dari mesin awal yaitu O-code machine, sebuah mesin  yang menjalankan perintah dari Bahasa pemrograman O-code (object code).  Pada tahun 1970, ada platform abstract baru yang bernama Euler, Euler ini menggunakan Bahasa pemograman menengah yang bernama P (portable).

Kelebihan Dari Virtual Machine

  1. Virtual Machine lebih mudah dalam penanganannya dan pembetulannya
  2. Virtual Machine juga support semua bentuk OS, bila dijelaskan secara detail, OS Linux bisa dijalankan di Virtual Machine walaupun Hostnya menggunakan OS Windows
  3. Di Virtual Machine sudah disiapkan sebuah sistem recovery jika terjadi sesuatu pada OS yang ada didalam Virtual Machine

Kekurangan Dari Virtual Machine

  1. Virtual Machine membutuhkan hardware yang sangat high-end atau kuat jika ingin menjalankan banyak Virtual Machine
  2. Virtual Machine beroperasi lebih lambat daripada komputer yang memiliki OS secara utuh.

Tipe – tipe Virtualization

Semua component dari data center atau infrastrctur IT bisa di virtualkan sekarang. Contohnya yaitu :

Hardware Virtualization

Hardware Virtualization atau yang kadang dikenal dengan Server Virtualization adalah sebuah proses untuk memvirtualisasi suatu hardware, prosesnya yaitu pertama versi virtual dari komputer dan OSnya dijadikan satu dalam 1 server. Lalu Hypervisor saling berinteraksi dengan disk dan cpu dari server untuk mengatur Virtual Machine sehingga dapat bekerja secara efficient

Software Virtualization

Software Virtualization dapat membuat host untuk menjalankan 1 atau lebih Virtual Machine. Contohnya Android OS dapat berfungsi dengan menggunakan Virtual Machine walaupun host menggunakan OS Windows

Storage Virtualization

Storage Virtualization dibuat dengan menggabungkan 2 disk yang akan muncul sebagai 1 disk / storage. Kegunaan dari virtualisasi ini adalah dapat mempercepat kinerja sistem

Software Virtual Machine

Hyper-V (Windows)

source: tictac.id

Software ini hanya compatible dengan Windows , Windows Pro, Edu, Enterprise, dan Server.

Hyper-V ada sejak 2008, Hyper-V memungkinkan untuk menvirtualisasi hardware, contohnya hardisk, media drive , dan lainnya. Hyper-V juga memiliki tampilan yang bersih sehingga mudah untuk digunakan.

Walaupun begitu ada beberapa kekurangan dari Hyper-V, yaitu Hyper-V tidak dapat memvirtualisasikan hardware seperti sound dan GPU.

Untuk mengaktifkan Hyper-V, kita bisa memasuki menu “Start” lalu ketik fitur dan pilih “Turn Windows Features On or Off”. Lalu akan muncul daftar, kalian dapat mencari disana. Bila ketemu, kita tinggal dengan mudah mencentang kotak pada bagian kanan. Untuk menggunakannya, kita tinggal mengetik di menu start “Hyper-V” dan akan muncul app yang bernama “Hyper-V Quick Create”.

VirtualBox (Windows, Linux, MacOS)

Virtualbox, logo Gratis Ikon dari Vector Logo
icon-icons.com

Software ini adalah sebuah software dari Oracle yang sangat sering digunakan oleh seluruh orang didunia untuk melakukan virtualisasi. Software ini gratis dan open souce. Penggunaannya pun cukup mudah.

Untuk penggunaanya, kita perlu mendownload dulu di situs Oracle lalu menginstallnya. Setelah selesai, kita perlu menyiapkan ISO dari OS yang ingin kita gunakan di Virtual Machine kita. Lalu ada beberapa pengaturan yang perlu diisi seperti ukuran RAM, Ukuran Disk, dll. Hal itu bisa kita biarkan menyesuaikan rekomendasi. Setelah itu kita dapat menekan tombol start untuk memulai boot menuju OS tersebut, dan penginstalan OS seperti biasa.

Menu