Siapa sih yang nggak tau sosial media , pasti semua orang tau dong apa contoh dari sosial media, misalkan ada Youtube, Facebook, whatsapp, Instagram dan masih banyak lagi aplikasi yang belum tentu kita ketahui. Aplikasi aplikasi ini adalah teman kita di saat sengang maupun teman kita di saat pusing akan pekerjaan, rasanya kehidupan di era moderen ini tidak lepas kaitanya dengan media sosial atau yang biasa disebut medsos. tapi tau ga sihkalian apa sebenarnya yang di maksud dari medsos tau media sosial ? yuk kita cari tahu bersama.

Pengertian Sosial Media

sosial media atau medsos adalah sebuah media online atau daring yang digunakan oleh orang banyak agar bisa terhubung bisa dalah bentuk percakapan , vlog maupun blog dan bisa juga dalam bentu yang lain dengan tujuan besosialisasi .

Menurut pendapat dari Andreas Kaplan dan Michael Haenlein sosial media adalah ” sebuah kelompok dari aplikasi yang berbasis internet yang di bagun diatas dasar ideologi dan teknologi web 2.0 dan juga memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.

Klasifikasi Sosial Media

Sosmed adalah sebuah media untuk besosialisasi yang berbasis teknologi yang diklsifikasikan dari berbagai jenis danjuga bentuk antaranya: majalah , forum internet, weblog , blogsosial , micro blogging , wiki , foto atau gambar maupun video dan bookmark sosial . Media sosial menerapkan satu set teori dalam media penelitian dan proses sosial .

Kaplan dan Haenlein menciptakan sebuah skema atau klasifikasi yang di gunakan untuk berbagai jenis media sosial . Menurut mereka ada enam jenis media sosial , diantaranya adalah :

@ Virtual Social World

virtual social world adalah sebuah dunia virtual sosial yang di dalamnya seorang mengguna seperti merasa hidup di dalam dunia virutual tersebut hal ini didukung dengan perangkat perangkat virtual reality yang digunakan di area mata hal ini seperti virtual game world , denganberinterksi dengan oranglain tapi virtual social world ini mencangkup lebih luas dan lebih bebas serta lebih mengarah ke kehitupan nyata . contoh nya : second life

@Virtual Game World

virtual game world ini adalah sebuah replikasi lingkungan 3D yaitu saat pengguna atau user bisa muncul dalam bentuk avatar yang sudah disediakan ataupun yang di inginkan virtual game ini membuat kita dapat berkomunikasi dengan orang banyak selayaknya di dunia nyata , contohnya : online game.

#Situs Jejaring Sosial

Aplikasi yang terdpat dalah situs jejaring sosial ini memiliki izin untuk pengguna agar dapat terhubung antara satu samayanglain denga cara membuat informasi pribadi sehingga bisa di lihat oleh orang lain , informasi ini bisa dalam bentu foto , video . contoh dari situs jejaring sosial antaranya : Facebook , Instagram.

#Konten

para pengguna dari situs ini biasanya saling membagikan konten-konten media, seperti gambar , video dan buku elektronik . contohnya adalah : instagram, tiktok , youtube , twitter.

~Blog dan Mikroblog

pengguna pada blog dan mickro blog ini lebih bebas untuk mengaplikasikan atau mengekspresikan seperti curahan hati ataupun kritik terhadap kebijakan yang pemerintah buat , contohnya seperti : twitter, facebook.

~Proyek Kolaborasi

situs web ini megizinkan penggunanya atau user untuk bisa mengubah , menambah ataupun dapat juga menghapus konten konten yang tidak berkenan kita lihat, contoh dari ini adalah Wikipedia .

Sejarah Dari Media Sosial

Generasi Pertama [2002]

Munculnya media jejaring soaial di dunia ini dimulai pada saat munculnya Friendster yang adalah sebuah situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan juga musik yang memiliki pusat kantor di Mountain View, California. situs ini resmi di luncurkan pada 2002 yang di gunakan untuk membangun relasi pertemanan di dunia maya dengan cangkupan seluruh dunia . Yang selanjutnya ada Linkedin ini adalah sebuah situs untuk membagikan pengalaman di dalam dunia bisnis dan pekerjaan yangdi dirikan pada tahun 2002 tapi di luncurkan pada 2003.

Generasi ke Dua [2003]

pada tahun ini didirikanlah situs Myspace yang merupakans ebuah situs jejaring sosial yang berfokus pada orientasi musik sesorang, situs ini pula menyediakan layanan untuk bertukar pesan , menggungah lagu maupun video dan jug amenyediakan layanan pemasangan gere musik khusus yang kita suka pada halaman profil .

Generasi ke Tiga [2004]

di tahun selanjutnya yaitu tahun 2004 munculah situs Flickr , situs ini adalah sebuah situs yang di gunakan untuk bebagi foto dan video yang bisa di bagikan kepada anggota situs ini , situs ini juga banyak di manfaatkan oleh blogger sebagai tempat menyimpan foto mereka . nah ada juga loh situng sang sanggat eksis sampai yang juga di dirikan pada tahun 2004 yang pada tahun 2012 sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna ada yang bisa tebak ? , bagi kalian yang menebak Facebook,kalian benar jawaban nya adalah Facebook. situs website ini sangat terkenal di semua kalangan, dalam situs facebook juga kita dapat mengirimkan permintaan pertemanan kepada seluruh orang di dunia .

generasi ke empat [2006]

setelah munculnya sius Flickr dan Facebook pada tahun 2004 , kini di lanjutkan munculnya situs yang memiliki lambang burung biru yaitu Twitter . situs ini muncul pada tahun 2006 dan merupakan jejaring sosial yang memiliki fitur untuk megikuti pengguna lain untuk dapat melihat postingan yang mereka buat , situs ini pula memampukan kita untuk mengunggah gambar maupun video dan juga kita dapat mengikuti seseorang dengan cara memfollow .

Generasi Ke Lima [2010]

berselang 4 tahun, tepatnya di 2010 Instagram dirilis sebagai situs jejaring sosial yang memiliki lyanan untuk mengedit video maupun foto lalu dapat di unggah langsung , tidak sampai situ saja instagram juga memiliki fitur like , kolom komentar di bawah postingan dan memiliki fitur untuk mengirimkan pesan pribadi sesama pengguna (DM).

Generasi ke Enam [2011]

Di tahun slanjutnya tepatnya di tahun 2011 muncul kembali situs jejaring sosial yang bernama Line , Line ini tidak seperti situs yang sudah di bahas di atas , situs ini berfokus untuk bertukar pesan . sistem pertemanan yang terdapat di line ini adalah dengan cara add username atau id, tapi situsini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja tapi kita jugabisa menggungah foto maupun video di timeline.

Ditahun yang sama muncul juga situs Snapchat yang memfasilitasi penggua untuk bertukar pesan dengan medium foto yang dapat di edit maupun di beri teks secra langsung menggunakan fitur maupun filter.

Di tahun ini pula google+ yang merupakan situs dalam jaringan yang memiliki fitur yang dapat digunakan untuk berinteraksi . seperti Google Hangout untuk bertukar pesan.

Ciri -Ciri dari media sosial

  1. Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi antar pengguna.
  2. Pesan yang disampaikan bebas tanpa harus melalui suatu pegecekan .
  3. Pesan yang di sampaikan cinderung lebih cepat di bandingkan media lainya.
  4. Pesan yang disampaikan tidak hanya untuk perseorangan tetapi jangkauan nya lebih luas , contohnya melalui Internet dan SMS.

Menu