https://www.griyawebsite.com/wp-content/uploads/2021/08/Amazon-Web-Service-1.png

Cloud Computing

Cloud computing sendiri adalah sebuah layanan sumberdaya IT seperti server, database, software dan lain lain melalui internet dengan sistem pembayaran sesuai dengan pemakaian (pay as you go pricing). Dengan layanan cloud computing klien bisa mengakses dan mengolah data menggunakan remote server dan memungkinkan untuk mengakses data di manapun dan kapanpun.

Amazon Web Services

Dikutip dari situs resminya yaitu https://aws.amazon.com/id/what-is-aws/. Amazon Web Services (AWS) adalah platform cloud paling komprehensif dan digunakan secara luas di dunia, menawarkan lebih dari 200 layanan unggulan yang lengkap dari pusat data secara global. AWS sendiri merupakan platform online yang menyediakan layanan cloud computing yang terukur (scalable) dan hemat biaya.

Amazon Web services memberikan layanan kepada pelaku bisnis dalam bidang infrastuktur seperti data center, networking, security, server dan lain lain. Sehingga, pelaku bisnis dapat lebih focus dalam mengembangkan produknya tanpa harus memikirkan hal – hal diatas. Saat ini AWS telah memiliki 25 regions yang tersebar di seluruh dunia dan berencana akan membuat region baru di beberapa Negara, termasuk Indonesia. Region yang paling populer bagi startup di Indonesia adalah Region Tokyo dan Singapore.

Perusahaan Pengguna Amazon Web Services

Sudah ada banyak perusahaan yang menggunakan layanan AWS ini. Mulai dari perusahaan makanan, marketplace, streaming film dan masih banyak lagi. Menurut Amazon, ada lebih dari 1000000 pengguna aktif AWS. Salah satunya adalah Netflix. Netflix mulai berpindah menggunakan cloud provider AWS pada tahun 2009 setelah sebelumnya menggunakan server tradisional. Ada juga beberapa perusahaan besar seperti airbnb yang menggunakan layanan AWS sejak pertama kali mereka menjalankan bisnis. Berikut ini merupakan beberapa perusahaan pengguna AWS.

  1. Coinbase
  2. Intuit
  3. Finra
  4. Johnson & Johnson
  5. Adobe
  6. CocaCola
  7. Shell

Timeline Amazon Web Services

  • 2002 AWS diluncurkan oleh Amazon.
  • 2006 AWS meluncurkan produk cloud pertama mereka yaitu Amazon Elastic Compute Cloud (EC2)
  • 2012 Memiliki customer pertama
  • 2015 Mendapatkan pendapatan sebesar $4,6 billion.
  • 2016 Melampaui target pendapatan $10 billion.
  • 2016 Meluncurkan snowball dan snowmobile
  • 2019 Melumcurkan sekitar 100 layanan cloud.

Layanan Amazon Web Services

Ada lebih dari 200 layanan yang disediakan oleh AWS. Berikut merupakan layanan-layanan penting yang ditawarkan oleh AWS.

  1. Compute
  • Amazon EC2 (Elastic Compute Cloud)

Merupakan layanan WEB yang memberikan kapasitas cloud yang aman dan fleksibel. Amazon EC2 merupakan satu satunya Cloud Provider yang mendukung macOS. Secara sederhana EC2 merupakan Virtual Machine di cloud. Yang memungkinkan bagi pengguna untuk menjalankan server kapanpun sesuai keinginan.

  • AWS Lambda

Adalah layanan cloud yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan code di cloud tanpa perrlu menyediakan dan mengelola server. Ini bisa menghemat banyak biaya karena klien cukup membayar berdasarkan waktu yang digunakan.

2. Networking

  • Amazon VPC

Merupakan Network Environment di cloud. Ini memungkinkan membuat Private Network di AWS cloud yang memiliki konsep serta struktur yang sama seperti jaringan local (on-premise Network). Pengguna juga memiliki control penuh untuk mengkonfigurasi jaringan. Seperti mengatur Range IP Address, subnet, dan konfigurasi Routing dan gateway jaringan.

  • Amazon Route 53

Adalah layanan Web DNS cloud. Amazon route 53 juga bisa dipadukan dengan sumberdaya AWS lainnya seperti Amazon EC2 Instance, bucket Amzon s3 dan lain-lain.

3. Database Services

  • Amazon RDS (Relational Database Service)

Merupakan layanan web yang berjalan di cloud yang dirancang untuk mempermudah pengaturan, operasi dan penskalaan relasional database untuk digunakan dalam aplikasi.

4. Storage

  • Amazon S3 (Simple Storage Service)

Merupakan storage yang dirancang untuk menyediakan penyimpanan yang tidak terbatas dengan layanan web yang simple dan mudah dipahami. Amazon S3 menggunakan infrastruktur penyimpanan sama seperti yang digunakan Amazon.com untuk menjalankan jaringan e-commerce globalnya.

  • Amazon EBS (Elastic Block Store)

Menyediakan penyimpanan blok yang dirancang untuk digunakan dengan Amazon EC2. Amazon EBS menyediakan berbagai opsi untuk performa storage dan biaya.

5. Migration

  • DMS (Database Migration Service)

Layanan DMS dapat digunakan untuk memindahkan on-site database ke AWS. Layanan ini juga bisa digunakan untuk memindahkan data dari database yang berbeda tipe contohnya, Oracle ke MySQL.

  • SMS ( Server Migration Service)

Sesuai namanya, layanan ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan on-site server ke AWS dengan mudah dan cepat.

6. Security Services

  • GuardDuty

Layanan ini menyediakan Threat detection untuk melindungi akun AWS klien.

  • KMS (Key Management System)

Memberikan kemudahan kepada pengguna untuk membuat dan mengatur encryption keys yang memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi datanya.

7. Management Services

  • CloudWatch

Memudahkan pengguna untuk memonitor AWS environment yang dimiliki seperti, EC2, RDS instance dan lain-lain.

  • Config

Layanan AWS ini hampir sama seperti CloudWatch, yaitu berfungsi untuk memonitor AWS environment. Alat ini akan memberikan tanda apabila ada perubahan yang tidak sesuai dengan konfigurasi yang telah ditentukan.

  • AWS Auto Scalling

Layanan yang membantu pengguna untuk mengukur kebutuhan secara otomatis (auto scalling). Layanan ini akan mengatur resources yang diperlukan akan ditambah ataupun dikurangi. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir cost yang dikeluarkan akan sia-sia.

  • Managed Services

Layanan ini yang akan mengatur AWS infrastruktur milik pengguna. Sehingga, pengguna bisa focus untuk mengelola aplikasi tanpa perlu memikirkan infrastruktur.

Penggunaan Amazon Web Service

AWS bisa digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain.

  • Aplikasi dan website hosting
  • Search engine
  • Social networking
  • Content delivery dan media distribution
  • Media sharing (gambar maupun video)
  • Development & testing environment

Keuntungan Menggunakan Amazon Web Services

Menjadi perusahaan cloud terbesar di dunia tentunya membuktikan AWS memberikan banyak keuntungan. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan menggunakan AWS.

  • Efektivitas Biaya ( Cost effectiveness)

Sistem pembayaran sesuai dengan apa yang dikerjakan (pay as you go pricing) merupakan salah satu keunggulan AWS yang paling menjanjikan. Dengan sistem seperti itu klien tidak akan mengeluarkan cost secara sia-sia.

  • Keamanan yang sangat baik

AWS membuat sistem keamanan yang baik untuk memastikan data dari pengguna tetap aman dan terlindungi. Dilihat dari data center Amazon yang memiliki beberapa layer keamanan physical. AWS sendiri juga rutin melakukan pemeriksaan untuk memastikan keamanan dari infrastrukturnya.

AWS cukup serius dengan sistem keamananya. Terakhir mereka menambahkan Amazon Detectiv di layanan mereka yang membuat data investigation lebih cepat dan efisien.

  • Elasticity dan scalability

Pengguna AWS dapat dengan mudah menambah atau mengurangi resource yang dipeerlukan, hanya dalam beberapa menit. Fitur auto scalling dan load balancing dapat menambah recources jika demand naik begitu pula sebaliknya secara otomatis. AWS cloud sendiri terbukti sangat berguna untuk pekerjaan yang berulang atau rutin, pekerjaan yang bersifat mission critical serta pekerjaan dalam jangka pendek

Kekurangan Amazon Web Services

Selain dari keuntungan – keuntungan diatas, tentunya AWS juga memiliki kekurangan. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan menggunakan AWS.

  1. Jika pengguna ingin mendapatkan layanan yang lebih cepat dan efektif, tentunya harus mengeluarkan biaya lebih.
  2. AWS terkadang memiliki beberapa masalah saat pengguna memindahkan data ke cloud. Seperti, downtime, control yang terbatas dan backup protection.
  3. Perubahan Hardware-level untuk aplikasi kemungkinan tidak memberikan performa maupun penggunaan yang terbaik.

Beberapa kekurangan diatas sepertinya tidak terlalu berarti jika dibandingkan dengan keunggulan dan layanan-layanan yang disediakan AWS. Kemungkinan di waktu yang akan dating beberapa masalah diatas bisa diperbaiki. Secara keseluruhan AWS ini merupakan layanan cloud yang cukup canggih dan sangat lengap. Serta sangat berguna untuk meningkatkan kualitas produk dari para pengguna.

Referensi

  1. https://aws.amazon.com/id/about-aws/
  2. https://aws.amazon.com/id/what-is-cloud-computing/
  3. https://aws.amazon.com/id/what-is-aws/

Menu