Perkembangan Teknologi
Dalam Bidang Komunikasi




  • Pengertian

Teknologi Komunikasi merupakan peralatan atau perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang memungkinkan setiap individu untuk mengumpulkan, memproses, dan saling tukar informasi dengan individu lainnya. Teknologi komunikasi adalah sebuah system perangkat keras yang dibuat untuk membantu penggunanya menyampaikan informasi dengan lebih efektif dan efisien.

  • Perkembangan Komunikasi dari Masa ke Masa/

Jika dibandingkan dengan komunikasi zaman dulu komunikasi zaman sekarang terasa sangat mudah, bila kita lihat sejarahnya panjang sekali proses perlembangan komunikasi untuk sampai pada titik ini, lalu bagaimanakah proses perkembangan komunikasi hingga bisa sampai ke masa kini? Mari kita simak

– Masa Prasejarah

Pada zaman ini, teknologi komunikasi yang dilakukan oleh manusia berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk menggambarkan informasi yang diperoleh, mereka menggambarkannya pada dinding-dinding gua. Pada masa ini manusia mulai mengindentifikasi benda yang ada disekitar mereka kemudian melukiskannya pada dinding gua tempat tinggalnya. Awal komunikasi pada zaman ini hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat.

– 3000 SM

Untuk pertama kalinya tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol. Simbol-simbol ini mempunyai bentuk penyebutan yang berbeda sehingga mampu menjadi kata, kalimat, bahkan bahasa.

– 2900 SM

Bangsa Mesir kuno menggunakan huruf hieroglif. Hieroglif merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu maka bisa menghasilkan sebuah arti yang berbeda-beda.

– 500 SM

Manusia sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus, serat papyrus dapat digunakan sebagai kertas. Kertas yang dibuat dari serat papyrus menjadi media untuk menyampaikan informasi dengan cara menulis.

 – 105 M

Pada masa ini bangsa China berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa China pada masa ini adalah kertas yang kita gunakan sekarang.

 Masa Modern (1400 M – Sekarang)

Pada masa ini teknologi telah berkembang dengan sangat pesat baik itu dalam bidang energi, persenjataan, transportasi, dan komunikasi.

– Tahun 1455

Pada tahun 1455 Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan papan huruf yang terbuat menggunakan besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.

– Tahun 1830

Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical, mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis.

– Tahun 1837

Telegraf dan penemunya Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatsthone. Morse menggunakan kode sederhana untuk mewakili pesan yang ingin dikirimkan menggunakan kabel tunggal. Sistem telegraf kemudian segera digunakan untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman pesan secara cepat untuk jarak yang jauh, seperti surat kabar dan pesan.

– Tahun 1889

Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan perhitungan. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpanan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.

–  Tahun 1931
Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan diferensial. Mesin tersebut berukuran sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.

– Tahun 1939

Dr. John V. Atanasoff dan dibantu Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini komputer mengalami perkembangan terus menerus sehingga menjadi semakin canggih.

Tahun 1973 – 1990

Pada masa ini istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP. Secara harfiah internet diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung dalam beberapa rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969. Pada 1981 National Science Foundation  mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi pemerintahan. Pada 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990 internet telah berkembang dengan pesat dan telah menyambungkan banyak pengguna jaringan komputer yang ada.

Tahun 1991 – Sekarang

Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992 mulai terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN. Pada 1993 NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada 1994 pertumbuhan internet mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Pada 1995 perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan  membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

  • Teknologi Komunikasi Pada Masa Kini

Teknologi komunikasi pada masa kini tak terbatas hanya untuk menyampaikan sinyal bahaya atau kode morse saja, berkat perkembangan teknologi yang sangat pesat teknologi komunikasi pada masa kini bisa menjadi lebih bervariasi seperti Video Call, Voice Note, Virtual Reality dan macam-macam lainnya.

  • Keunggulan

Banyak manfaat yang bisa kita rasakan akibat perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi.

– Menghemat Waktu & Simpel

Jika dibandingkan dengan komunikasi dengan zaman dulu komunikasi pada zaman sekarang lebih menghemat banyak waktu, kita hanya tinggal menekan tombol/keypad pada touchscreen di layar Smartphone atau meng-klik layar pada Monitor PC/Laptop.

– Lebih Cepat
Pada zaman dulu untuk menyampaikan sebuah pesan saja bisa memakan waktu hingga berhari-hari, tetapi sekarang kita bisa mengirim pesan kapan saja dan pesan itu bisa langsung tersampaikan dalam kurun waktu 1-2 detik saja.

-Lebih aman

Zaman sekarang jika kita mengirim pesan pada teman ataupun saudara kita pesan itu akan langsung tersampaikan tanpa adanya kendala, berbeda dengan zaman dulu kalau kita mengirim pesan masih terkendala jarak yang terlalu jauh ataupun pengiriman pesan yang terlalu lama.

  • Kekurangan

– Pengaruh buruk

Karena terlalu cepatnya informasi terkirim melalui teknologi komunikasi masa kini banyak perngaruh buruk yang diterima generasi muda dikarenakan terlalu cepatnya informasi yang tersampaikan, sehingga belum terfilter dengan baik

Jika tidak dipergunakan dengan baik maka teknologi komunikasi pada masa kini bisa menjadi senjata yang sangat berbahaya, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

  • Kesimpulan

Sungguh panjang sekali perjalanan untuk perkembangan komunikasi ini, dimulai dari zaman prasejarah hingga sampai ke masa kini. Perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan kemudahan kepada semua orang dan semua pihak dalam bermacam-macam bidang, jika kita tidak mempergunakannya dengan benar maka teknologi komunikasi ini bisa menjadi senjata yang berbahaya untuk diri kita maupun orang lain.

Sumber:  https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komunikasi

Menu