PERJALANAN BAHASA KOMPUTER DARI WAKTU KE WAKTU DAN SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

Halo!Mungkin Anda Tahu sistem informasi yang kalian  gunakan sehari- hari  dan Sistem serupa lainnya, sistem informasi tersebut dibuat dengan bahasa komputer a. Untuk itu , bahasa Komputer yang dipergunakan oleh seorang programmer juga memiliki berbagai perubahan. Ingin tahu ada perkembangan masa dalam bahasa pemrograman? gass keun simak saja artikelnya!

Generasi yang pertama ( Machine Language)

sumber gambar: https://www. .wikipedia.org .com

Pada generasi pertama/ sejak pertama kali komputer diciptakan, bahasa pemrograman lebih meninjau  pada mesin. Seluruh sistem perograman yang dibuat   harus disatukan ke dalam bahasa mesin, jadi memakan waktu yang lama. Bahasa mesin sudah ditinggalkan pada saat ini, karena sulit untuk dipahami dan tidak mudah dalam pekerjaannya.  ilmuan Arthur Samuel menciptakan  sistem komputer, game of checkers, pada  komputer IBM tepatnya di tahun 1952. Bahasa mesin ini menggunakan biner yang terbentuk dari angka 1 dan 0.

Generasi yang Kedua  ( Assembler)

Sumber Gambar :www.researchgate.net

Gnenerasi ke 2 adalah Assembly bahasa pemrograman komputer tingkat rendah yang tidak memiliki sistem independensi. Ini menggunakan beberapa simbol khusus untuk operasi; Simbol-simbol ini dikenal sebagai mnemonik.

Mnemonics digunakan untuk menulis instruksi / opcode engine (kode operasi).Program bahasa rakitan lebih mudah daripada kode mesin karena menggunakan beberapa simbol khusus daripada kode biner (dalam bentuk 0 dan 1) tetapi program ini tidak semudah bahasa tingkat atas.

Generasi Yang Ketiga : High Level Programming Language

Bahasa yang tinggi (HLL) ialah bahasa pemrograman seperti C, Fortran, atau Pascal yang memungkinkan programmer untuk menulis program yang kurang lebih tergantung pada jenis komputer yang cocok. Bahasa tersebut dianggap tingkat tinggi karena lebih dekat dengan bahasa manusia dan lebih jauh dari bahasa mesin.

Dalam ilmu komputer, bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman dengan gambaran  yang kuat dari detail komputer. Tidak seperti bahasa pemrograman tingkat rendah, mungkin menggunakan elemen bahasa alami, lebih mudah digunakan, atau dapat mengotomatiskan (atau bahkan menyembunyikan seluruhnya) area signifikan dari sistem komputasi (misalnya manajemen memori), membuat proses pengembangan program lebih sederhana dan lebih mudah dipahami daripada saat menggunakan bahasa tingkat rendah.

Generasi Yang Keempat :  4GL (Fourth-Generation Language)

Bahasa Yang  keempat (4GL), bahasa pkomputer yang ditujukan untuk memfasilitasi pengguna dibandingkan dengan bahasa mesin (generasi pertama), bahasa perakitan (generasi kedua), dan bahasa tingkat tinggi yang lebih lama (generasi ketiga). 4gl lebih dekat dengan bahasa manusia daripada bahasa tingkat tinggi lainnya dan dapat diakses oleh orang-orang tanpa pelatihan formal sebagai seorang programmer. Mereka memungkinkan berbagai  operasi umum yang dilakukan menggunakan satu perintah yang dimasukkan oleh programmer. 4gl biasanya bukan tujuan umum seperti bahasa generasi ketiga seperti C dan C ++ tetapi biasanya dirancang untuk tujuan tertentu, seperti dalam kasus SQL.

Generasi Yang Kelima : Programming Language Based Object Oriented & Web Development

Bahasa pemrograman generasi kelima biasanya dipergunakan untuk mengunjungi database atau membuat sistem pakar yang lebih menghemat waktu. Dalam konsep menggunakan bahasa alami atau bahasa alami yang dibuat dekat dengan hubungan kemanusiaan. Contoh bahasa pemrograman generasi kelima adalah Prolog dan Lisp. Untuk sekarang , rata- rata  sistem pakar menggunakan kode Prolog dan Lisp.

Ha sekarang kalian paham kan bagaimana proses perkembangan  bahasa computer dari generasi ke generasi. Trimaksih telah membaca artikel diatas . jika kalian ingin tahu bagaimana perkembangan computer dari tahun ke tahun silahkan lanjut ke artikel di bawah ini !!!!

Sejarah Perkembagan Komputer

Perkembangan computer sangat asik untuk di pelajari , karena kita dapat paham bagaimana sih perkembangan computer dari waktu ke waktu dan gmna bagai mana juga teknologi berkembang.

Untuk itu silahkan baca artikel dibawah ini agar kalian mengerti dan semangat dalam mempelajari computer itu sendiri !!!

Capcus guysss

Computer generasi pertama

Pada tahun 1822 ilmuan matematika bernama Charles babage membuat computer Generasi pertama.

sebuah komputer pertama dibuat  untuk desain pesawat dan kontrol peluru. Dikelola oleh Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman, komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum sebagai sirkuit dan drum magnetik untuk memori.

sumber gambar: https://www.indoworx.com

Komputer generasi awal ini begitu  mahal dan sangat  besar, untuk mengisi seluruh ruangan. Eniac komputer elektronik yang pertama mencapai berat 30 han ton, panjang 30 meter, dan memili ketinggian 2,4 M. Komputer generasi pertama bergantung pada bahasa mesin, tingkat bahasa pemrograman terendah yang dipahami oleh komputer. Bahasa pemrograman ini hanya dapat menyelesaikan satu perhitungan setiap saat dan butuh berhari-hari atau berminggu-minggu untuk mengatur perhitungan baru.

Computer Generasi KE- 2

Penciptaan transistor pada masa ini merubah wajah komputer yang dikenal untuk generasi yang pertama. Transistor mengubah tabung vakum dan memulai pengembangan komputer generasi kedua.

Transistor jauh sangat melampaui tabung berongga dan memungkinkan komputer menjadi lebih evisien, cepat, murah, dan lebih hemat energi dibandingkan dengan pendahulunya. Selain itu, generasi ini juga dikembangkan dalam memori inti magnetik. Pada umumnya, komputer  ini telah menggunakan bahasa computer tingkat tinggi, kapasitas memori cukup besar, tidak memerlukan terlalu banyak lenergi , dan proses operasinya sudah cepat.

Computer Generasi KE- 3

Pengembangan rangkaian terintegrasi menjadi penanda komputer generasi ketiga. Dalam penggunaan komputer generasi kedua, transistor membuat komputer dengan cepat panas, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan.

Pada tahun 1958 Jack Billy menciptakan chip sirkuit terintegrasi atau IC, sepotong kecil yang dapat menampung banyak komponen menjadi satu. Komputer dalam generasi ini lebih kecil dan lebih cepat dan murah, memungkinkan juga tersedia untuk masyarakat umum.

Computer Generasi KE- 4

Mikroprosesor menjadi penemuan dalam membawa komputer generasi keempat dengan menyatukan ribuan IC ke dalam satu silikon.

Komputer generasi pertama yang sangat kini sudah lebih mudah  bawa oleh manusia. Laptop yang sangat mudah muncul dan dapat dibawa ke mana-mana. Ketika komputer kecil ini menguat, mereka dapat dihubungkan untuk membentuk jaringan yang akhirnya memulai pengembangan Internet.

Computer Generasi KE – 5 atau Moderen

Komputer generasi sekarang Atau moderen ini adalah komputer yang kami gunakan ditandai dengan munculnya LSI atau integrasi skala besar yang merupakan pemadatan ribuan mikroprosesor menjadi satu mikroprosesor. Komputer pada  generasi saat  ini ditandai dengan keberadaanya  semi konduktor.

Komputer kuantum dan penggunaan teknologi nano juga akan mengubah peradaban komputer yang kita ketahui. Tujuan dibuatnya komputer generasi kelima adalah untuk mengembangkan komputer yang dapat menanggapi visual ataupun suara  bahasa dan dapat belajar secara sadar.

OK sobat kini kalian sudah tahu kan gimana perkembangan computer dari masa ke-masa  bagaimna makin semnagat untuk memahamami bagaimna computer itu berkerja kita harus paham bagaimna perkembangan computer itu sendiri agar lebih menjiwai dalam belajar computer .

Ok guys thanks !!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu