Mengenal HTTP dan HTTPS

sebelum kita masuk ke bagian perbedaan maupun kebagian fungsi dari http maupun https kita harusu tau dulu dong, apa sih sebener nya maksud dari http maupun https itu sendiri, mari kita simak.

HTTP itu apa ?

HTTP atau singkatan dari hypertext transfer protokol yang merupakan jenis protokol jaringan dalam sistem informasi untuk melakukan distribusi , kolaborasi, dan hipermedia. http bertugas dalam peraturan komunikais yang dilakukan oleh sever degan klien, klien yang di maksud adalah browser web maupun devive yang mengakses , menerima serta menampilkan konten .

Dalam protokol HTTP, data yang di transfer dari server website ke sistem pengguna maupun sebalikya tidak di enskripsi ,dalam artian data tersebut akan mudah di curi atau di buka pada saat server website dengan sistem pengguna sedang berkomuniasi . oleh karna itu agar perukaran tersebut tidak terlihat ataupun di curi maka harus menggunakan enkripsi data . oleh sebab itu kenapa di sebutkan bahwa HTTPS menjadi protokol baru yang lebih aman.

penggunaan HTTP ini terhubug melalui tautan atau yang sering kita sebut dengan hiperteks. Hipertext ini kemudian membentuk sebuah jaringan yang di beri nama Word Wide Web di tahun 1990 silam oleh tim Berners Lee.

HTTPS itu apa sih ?

httpa itu pada dasarnya memiliki kemiripan dengan HTTP. HTTPS atau hypertext transfer protocol secure ini di sinyalir memiliki keunggulan dalam keamanan data klien yang menggunakan . Di dalam HTTPS, kita dapat menemukan adanya SSL(secure socket layer) dan TLS (transport layer security)

Menilik dari sejarahnya HTTPS awlnya adalah produk yang di kembangkan oleh netscape communications pada tahun 1993 . Adanya SSL dan TLS lah yang menciptakan perbedaan yang besar di antaraHTTP dan HTTPS.

bila HTTP tidak menggunakan enkripsi sebaliknya dengan HTTPS , HTTPS ini menggunakan enkripsi data yang hanya dapat di pahami oleh server website dan sistem pengguna , sehingga kemungkinan dari pencurian data akan semakin sulit di lakukan pad asaat komunikais terjadi . enkripsi dilakukan dengan menggunakan SSL atau secure Sockets Layer yang membantu untuk membuat koneksi terenkripsi.

Cara kerja HTTP&HTTPS

HTTP

dalam http hubungan antara klien dengan server , terdapat suatu pengiriman perintah dan informasi, nah yang akan memebrikan permintaan itu klien dengan cara mengetikan alamat website yang ingin di kunjungi kemudian akan di proses oleh server , pengolehan data ini berdasarkan dengan kode protokol yang di input loh klien dan kemudian akan arahkan ke konten yang ingin di akses.

HTTP adalah sebuah protokol yang digunakan kita dan server. sebuah web browser melakukan sebuah permintaan kepada server dengan menghubungkan ke port tertentu ke sebuah server webhosting.

contoh :

cara kerja protokol HTTP secara singkat :

  • klien pada HTTP membuat sambungan dengan cara mengklik autan / hyperlink/ mengetik url pada browser dan mengirimkan permintaan dokumen kepada server webhosting.
  • Daemon HTTP di dalam server webhosting tujuan menerima permintaan dan mengirim kembali file yang di minta atau file terkait dengan permintaan tadi kepada klien HTTP

HTTPS

jika kita melakukan kunjungan ke suatu situs tertentu pasti alamat website yang sudah kita ketikan akan melakuakn pemeriksaan terhadap situs tersebut sudah atau belum memiliki sertifikat SSL . bila situs tersebut sudah memilki sertifikat maka akan terhubung dengan SSL , maka akan dilakukan lah validasi oleh browser melalui serifikat tersebut secara detail.

pertama SSL certificate menerjemahkan kedalam sebuah enkripsi khusus yang berupa kode yang hanya dipahami oleh server website dan sistem pengguna , bahkan bila ada orang yang mampu mencuri kode ini orang tersebut juga tak akan mampu dalam menerjemahkan nya karna kode tersebut sudah terenkripsi. TSL ini memiliki fungsi menjaga integritas data yang sedang di komunikasikan antara pengguna dan server , sehingga dapat mencegah data di modivikasi atau corrupted di saat komunikasi.

perbedaan dan keuntungan dari HTTP dan HTTPS

  • port default yag di gunakan di HTTP adalah 80, sedangkan HTTPS 443
  • tiransmisi data pada HTTP tidak aman karena tidak terenkripsi . sedngkan pada HTTPS dienkripsi .
  • SEO. Saat ini hasil pencarian akan mengutamakan website yang menggunakan HTTPS untuk di tampilkan
  • Keamanan. Transmisi data antara web yang digunakan oleh kita dengan web server dienkripsi.
  • Terpercaya. Membuat website yang terpercaya , dengan itu juga pasi akan mengundang banyak pelanggan .

keuntungan dalam menggunakan HTTPS dibanding HTTP

selain dari penjelasan perdedaan serta keuntungan dari https selanjutnya saya akan menjelaskan tentang keuntungan dalam menggunakan https di banding http

1.Untuk SEO

seperti yang sudah di umumkan oleh google pada tahun 2014 bahwa HTTPS menjadi salah satu faktor penentu rangkin dari sebuah website. meskipun demikian rangking dari website anda tidak akan berubah secara signifikat atau pesat jika mengubah kedalam https.

hal tersebut adalah untuk evek jangka panjang mengenai pengalaman dari mengunjungi website dan membangun kepercayaan pelanggan kedepan nya. sehingga perpindahan dari http menjadi https perlu di lakukan .

Beberapa browser saat ini akan menampilkan pesan not secure , seperti google chorme, mulai bulan januari 2017 versi 56 ke atas kan menandai website yang masih menggunakan http untuk mengirimkan password atau kartu keredit , sebagai website yang tidak aman .

2. Untuk Pengguna

di saat ini pengguna internet pasti memiliki hak privasi , terutama pada saat mereka mengunjungi sebuah website , sengan menggunakan HTTPS data pengunjung akan jauh lebih aman ketika pengunjung berinteraksi melalui website kita , seperti aat menginput password atau pun data yang bersifat pribadi lain nya.

tingkat kepercayaan dari pengunjung akan meningkat dan akhirnya akan menguntungkan website kita , selain melindungi data user dan website, https juga dibutuhkan iuntuk fitur baru aplikasi web yang progresif.

Cara memasang SSL

nah setelah kita membaca apa kelebihan dan keuntungan dari masing masih http dan https pasti kita inin tahu dong bagaimana sih cara memasang SSL mari ikuti ulasan saya di bawah

untuk memasang SSL pada website , saat ini bisa and dapatkan secara gratis hampir di semua layanan web hosting contoh nya bisa kitalihat pada layanan Niagahoster yang emnyediakan fasilitas SSL secara gratis dari Let’s encrypt dengan menggunakan cpanel sebagai kontrol panel nya .

selain itu , dapat pula digunakan untuk semua domain dan sub domain yang kit amiliki yang ada di akun hosting

di lansir dari niagahoster berikut adalah langkah langkah untuk memasang SSL

  1. kita login kedalam cpanel
  2. kemudian pada bagian security pilih menu lets enerypt
  3. lalu klik bagian issue pada salah satu domain untuk menambahkan sebuah serifikat yang baru
  4. kemudian klik tombol issue lalu tunggu dalam beberapa saat saat supaya domain anda dapat di akses melalui https.

kesimpulan yang bisa saya harapkan dari para pembaca adalah kalian semua dapat memahami apa yang dimak sud dari http maupun https jika di rasa ada bagian maupun informasi yang kurang silahkan menambah refrensi lain setelah membaca artikel saya

Menu