Pentingnya Maintenance Teknologi Informasi di Suatu Perusahaan

Pentingnya-Maintenance-Teknologi-Informasi-di-Suatu-Perusahaan

Tahukah kalian tentang maintenance? Maintenance atau perawatan/pemeliharaan rutin adalah suatu kegiatan dimana seseorang yang menjadi teknisi melakukan perawatan pada suatu sistem atau perangkat yang digunakan suatu perusahaan. Maintenance ini adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan dan industri yang menggunakan teknologi informasi dan alat khusus untuk bekerja, karena kegiatan maintenance bisa menjaga daya tahan alat yang digunakan tidak akan mudah rusak dan bermasalah sehingga pihak perusahaan bisa mengurangi pengeluaran biaya yang besar untuk mengganti alat yang rusak karena maintenance memakan biaya yang lebih sedikit.

Jenis-Jenis Maintenance

Menurut saya maintenance bisa dibedakan menjadi 2, yaitu :

  1. Maintenance Sistem
    adalah suatu pemeliharaan yang dilakukan terutama di perusahaan yang bergerak di bidang IT untuk menjaga dan merawat sistem didalam perusahaan agar bisa berjalan lancar dan tidak terjadi suatu error. Pemeliharaan sistem biasa dilakukan dengan melakukan cek pada database server secara periodic atau rutin, pemeliharaan sitem berfungsi agar para karyawan atau customer bisa mengakses sistem pelayanan perusahaan dengan lancar tanpa kendala apapun.
  2. Maintenance Hardware
    adalah pemeliharaan yang dilakukan pada seluruh perangkat keras di dalam suatu perusahaan, contoh alat-alatnya adalah komputer, printer, scanner, perangkat server, perangkat jaringan, mesin pabrik, kamera keamanan, dan masih banyak lagi perangkat lain didalam suatu perusahaan yang sesuai dengan bidangnya. Fungsi dari maintenance hardware ini adalah agar seluruh perangkat keras di perusahaan bisa bertahan lama sehingga pihak perusahaan tidak perlu terlalu sering mengganti nya dengan alat baru jika terjadi kerusakan, dan agar keamanan para pekerja nya bisa terjamin apabila alat yang digunakan adalah alat yang bisa menimbulkan bahaya.

Karena pembahasan kita adalah pentingnya maintenance pada teknologi informasi maka mari kita bahas sekarang.

Manfaat Maintenance

Bagi perusahaan di bidang IT penggunaan teknologi informasi adalah suatu hal yang sangat umum karena mereka gunakan setiap hari selama bekerja terutama servernya yang selalu aktif. Bagi perusahaan IT perangkat yang mereka gunakan riskan untuk rusak karena digunakan setiap hari untuk bekerja dan memberikan layanan baik online maupun offline pada customernya jadi maintenance sangat penting bagi perusahaan untuk mengurangi biaya pengeluaran. Berikut manfaat yang didapat jika perusahaan IT melakukan pemeliharaan secara rutin baik server maupun perangkat komputer yang digunakan karyawannya:

  1. Karyawan bisa bekerja dengan lancar tanpa ada kendala perangkat lambat maupun trouble jaringan.
  2. Customer dari layanan online bisa mengakses layanan nya secara online dengan akses yang cepat dari server sehingga merasa puas.
  3. Tidak ada complain terkait pelayanan yang lemot atau hasil yang kurang bagus karena perangkat tidak memadai.
  4. pengeluaran uang bisa terkendali dan tidak terlalu boros.

jadi hal seperti maintenance harus dianggap serius karena jika dilaksanakan maka akan bermanfaat banyak dan jika dihiraukan bisa terjadi kerusakan atau kerugian yang tidak diharapkan hanya karena tidak mengecek kondisi alat yang kita gunakan.

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Menu