Mengapa Kita Harus Belajar Sejarah ?

Hasil gambar untuk belajar sejarah
https://asset.kompas.com/crops/8zqbXgNGXC0vV_WvEGCGANoYjL0=/7×0:1200×795/750×500/data/photo/2020/03/12/5e69e2ccf05b5.jpg

Hallo pembaca, kali ini kita akan belajar mengenai sejarah. Ada banyak orang yang beranggapan bahwa belajar sejarah itu membosankan dan menyita banyak waktu kita. namun sebenarnya ketika kita sudah tertarik dan mau membuka pola pikir kita terhadap sejarah, maka belajar sejarah akan menjadi sesuatu yang sangat , mengasyikan.

Ada banyak sekali hal yang bisa kita dapatkan dengan mempelajari sejarah, bisa di bilang sejarah adalah pengalaman dunia ini, oleh karna itu mempelajari sejarah menjadi sangat penting, dengan mempelajari sejarah kita akan lebih mengerti apa arti sebenarnya dari kejadian yang sedang kita alami, sejarah dapat membuat kita lebih mengenal dan menghargai segala yang terjadi di dunia ini, maka dari itu mempelajari sejarah sangat penting bagi generasi generasi milenial ataupun generasi muda, sampai kapanpun sejarah tidak akan pernah mati ataupun sirna, sejarah juga sangat penting dalam membangun pola pikir manusia, karna di dalamnya ada informasi yang tak terhingga banyaknya, yang akan membuat kita semakin berwawasan

Semakin tertarik dengan sejarah? , ayo kita mengulas beberapa materi terkait sejarah sedikit demi sedikit, simak penjelasan di bawah ini untuk mendapat pengalaman membaca yang menakjubkan!

Sejarah itu apa sih?

Hasil gambar untuk sejarah dunia
http://3.bp.blogspot.com/-DkeGVjL4OQo/UMt-iQ1k33I/AAAAAAAAAKM/j8gGDlxBL5A/s1600/Wall+Sticker+Gambar+Peta+Dunia,+Paper,+Soil.jpg

Banyak para ahli yang mengutarakan pendapat dan pemikirannya terkait pengertian dari sejarah. Herodotus adalah ahli sejarah pertama di dunia, ia berkebangsaan yunani, ia di juluki sebagai Bapak Sejarah ( The Father Of History ). Herodotus berpendapat bahwa “sejarah Tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia

Selain Herodotus, masih banyak lagi para ahli yang juga mengutarakan pemikiran serta pemahamnya terkait arti dari sejarah salah satunya adalah Roeslan Abdulgani. Menurutnya sejarah ialah “salah satu bidang ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta segala kejadian-kejadiannya.

Yang bertujuan untuk dapat menilai secara kritis semua hal dari hasil penelitiannya, sebagai sebuah pedoman bagi penelitian dan penilaian terhadap hal-hal di masa sekarang, serta untuk melihat kemana arah progres dari masa yang akan datang.

Menurut Abdulgani sejarah “layaknya sebuah penglihatan 3 dimensi, yaitu penglihatan masa silam, masa sekarang, dan masa depan”.

Kenapa penting bagi generasi muda untuk mempelajari sejarah?

indonesia merupakan negara kepulawan, dengan sangat banyak suku dan budaya di dalamnya, setiap orang dari daerah dan suku yang berbeda tentunya memiliki perbedaan pola pikir satu sama lain, dimana ini dapat memicu perpecahan kapan pun. Disini sejarah akan sangat berberan penting untuk membentuk dan membantu pola pikir masyarakat, sehingga dapat mencegah perpecahan.

Generasi muda bisa juga disebut atau kita anggap sebagai perwakilan dari selumua masyarakat saat ini, oleh karna itu, pembelajaran sejarah akan sangat-sangat penting bagi generasi muda tersebut, di mana dengan kita mempelajari dan mengenal sejarah, khususnya sejarah dari bangsa kita sendiri yaitu indonesia, dimana dahulu kala nenek moyang kita berjuang mempertaruhkan segalanya untuk kebebasan bangsa ini, akan membuat dan membentuk pola pikir generasi muda yang berperan sebagai perwakilan masyarakat untuk lebih menghargai persatuan dan kesatuan yang sudah terjalin dengan sangat hebat ini.

Selain itu, dengan menerapkan pembelajaran sejarah kepada generasi muda, akan dapat menjadikannya sebagai pedoman, memori kolektif yang nantinya dapat memberikan pencerahan nyata sebagai penghubung masa lalu dan masa depan, yang akan memicu mereka untuk terus maju dan terus berkembang.

Bagaimana cara menerapkan pembelajaran sejarah untuk generasi muda?

Sampai saat ini, jika kita berbicara mengenai sejarah, maka sering muncul di pikiran kita bahwa sejarah itu identiknya dengan kelompok tua, orang orang dahulu, bahkan seperti yang pernah saya singgung sebelumnya, bahwa sampai sekarang masih banyak di antara kita semua, terutama para generasi muda, yang dimana seharusnya sangat diwajibkan untuk mempelajari sejarah, mereka masih beranggapan bahwa sejarah adalah hal yang membosankan, bikin ngantuk, identik dengan buku buku tebal, orang orangnya membosankan, dan masih banyak lagi pandangan-pandangan masyarakat kita terutama generasi muda yang sangat menunjukan kurangnya ketertarikan mereka dengan sejarah. Maka dari itu sangat-sangat di perlukan cara bagaimana kita harus mengemas materi pembelajaran sejarah ini, dengan menerapkan sebuah konsep dan proses pembelajaran yang akan menarik perhatian generasi muda saat ini, dan dapat merupah pandangan-pandangan setiap orang terhadap sejarah.

Saat ini kebanyakan guru-guru sejarah menerapkan pembelajaran dengan cara ceramah, di sini proses belajar mengajar lebih di nominasi oleh guru, metode ini masih kurang tepat, tentu saja ini akan menimbulkan kantuk, karena kurangnya interaksi antara guru dan murid, murid akan kekurangan waktu atau kesempatan untuk memikirkan sendiri terkait materi yang di jelaskan, dan akan menghilangkan rasa keingin tahuan dari murid, dan menyebabkan tidak terjadinya pertukaran pendapat, sehingga ia menjadi bosan dan mengantuk.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa menggunakan cara cara yang lebih relevan, lebih mengarah ke asik, dan lebih memperdulikan ke aspek murid , sehingga akan terjadi timbal balik yang seimbang dalam proses belajar mengajar. Kita bisa memberikan materi sejarah dalam bentuk lain, seperti cerita pendek, ataupun novel ringan dengan cerita yang simpel, bahasa yang mudah dipahami, dan tidak berbelit-belit. Bisa juga kita menyajikannya dalam bentuk sebuah tontonan menarik , seperti menonton film sejarah singkat bersama di kelas, ini akan lebih meningkatkan komunikasi , dan juga membuat murid berfikir sendiri tentang apa yang sebenarnya terjadi, ia akan mengamati kejadian kejadian yang terjadi dan menyimpulkan pengertiannya sendiri, karena dalam bentuk visual tentu akan lebih mudah dipahami, ini juga akan memicu berbagai pertanyaan baik antara murid maupun antara guru, yang juga meningkatkan interaksi dan membuat tidak mengantuk. Atau dengan mengadakan pementasan seni dan sejarah yang membuat murid terlibat langsung dan lebih memahami tentang kisah sejarahnya , meningkatkan kreatifitas dan percaya diri.

Masih banyak lagi metode yang bisa di terapkan untuk meningkatkan ketertarikan generasi muda terhadap sejarah, dengan metode- metode yang beragam tersebut akan membuat proses pembelajaran menjadi pengalaman yang terus teringat, sehingga materipun tersampaikan dan dapat selalu teringat pada generasi muda.

Apa sih bedanya sejarah dengan ilmu sosial?

Setelah memahami materi diatas, mengenai pengertian sejarah dan pentingnya bagi generasi muda saat ini, mungkin dari kita masih ada yang berfikir terkait perbedaan antara sejarah dan ilmu sosial, atau bahkan mungkin ada di antara kita tang menganggap sejarah dan ilmu sosial adalah satu hal yang sama, untuk memperjelas kebngungan tersebut saya akan menjelaskan perbedaan sejarah dan ilmu sosia. Apakah sejarah dan ilmu sosial adalah hal yang berbeda? jika iya, apa perbedaannya?.

menurut wikipedia, ilmu sosial adalah sebuah disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. ilmu sosial berbeda dengan sejarah, ilmu sosial lebih menekankan kepada penggunaan metode ilmiah dan mempelajari manusia pada masa kini dan masa lalu, yang lebih subjektif dan struktural. Lebih jelas nya Terlihat pada tabel di bawah ini.

https://image.slidesharecdn.com/prinsipdasarilmusejarah-110816020116-phpapp02/95/prinsip-dasar-ilmu-sejarah-26-728.jpg?cb=1313460293

Menu