Di masa pandemic seperti ini tentu saja kita dituntut untuk harus mengikuti aturan pemerintah diantaranya kita harus berada Dirumah Aja atau Work  From  Home. Lalu apa saja sih pekerjaan yang dapat kita dilakukan dirumah aja? Salah satunya kita dapat belajar dan bekerja menjadi programmer, tentu saja karena dengan belajar coding dan menjadi programmer itu bisa bekerja dari rumah tetapi mendapat banyak penghasilan lhoo. Pasti dibayangan kalian menjadi seorang programmer itu susah dan hanya jurusan computer saja yang bisa menjadi seorang programmer, padahal tidak selalu begitu jika ada niat dan bersungguh-bersungguh dalam mempelajarinya maka semua usaha itu akan sebanding dengan apa yang kita dapat. Syarat menjadi programmer sendiri harus bisa menguasai Bahasa pemrograman, nah belajar programming atau sering disebut ngoding ini juga punya banyak manfaat lho. Yuk simak artikel dibawah ini!

Apa Itu Bahasa Pemrograman?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang coding apakah teman-teman sudah familiar dengan Bahasa pemrograman?

Salah satu landasan yang paling utama dan terpenting dalam coding adalah Bahasa pemrograman, Siapa sih yang ngga pernah dengar Bahasa pemrograman? Nah pengertian Bahasa pemrograman atau disebut juga Bahasa computer adalah suatu instruksi standar atau perintah untuk membuat program komputer dengan aturan-aturan logika komputer sehingga bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita perintahkan dan keluarannya dapat berupa aplikasi, web, dll. Ada berbagai macam Bahasa pemrograman yang bisa kita pelajari diantaranya Python, C++, C#, C, Java, PHP, dan lain sebagainya.

Mengapa belajar coding penting dalam dunia pekerjaan?

Kemajuan teknologi di era digital seperti ini sangatlah bekembang pesat, dengan adanya kemajuan teknologi juga mengubah pola hidup kita bahkan perubahan itu tidak membutuhkan waktu lama karena dimudahkan dengan adanya internet dan aplikasi media social seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter, dan lain sebagainya. Tetapi apakah kalian sadar bahwa yang membuat semua aplikasi tersebut tidak lain adalah seorang programmer, tanpa adanya programmer kita tidak akan mengenal media soial, bermain game, dan bertransaksi secara online, oleh karena itu peran seorang programmer sangatlah penting di era digital seperti ini.

Saat ini belajar coding sangatlah dimudahkan oleh semakin canggihnya teknologi apalagi sekarang sudah banyak framework dan library yang bisa digunakan untuk mempercepat dan membuat lebih efisien, itu akan sangat memudahkan developer atau programmer dalam mengembangkan aplikasi dan webnya sehingga banyak pengguna yang nyaman dan tertarik untuk menggunakannya. Untuk mempelajari coding sendiri semua orang itu bisa tidak harus kuliah jurusan IT atau jurusan computer, bahkan seorang guru, dokter, pegawai juga bisa belajar coding atau bahkan bisa menjadi seorang programmer, siapa aja bisa berkarya dengan coding apapun profesinya jadi tidak ada alasan untuk langsung menyerah karena tidak masuk jurusan IT itu sangat rugi karena dengan berkarya dengan coding itu akan sangat menghemat biasa bisnis tetapi sangat menguntungkan dan mendapat penghasilan yang jauh lebih besar apalagi di masa kini ribuan perusahaan atau industry mengandalkan teknologi untuk menjalankan bisnisnya atau bisa dibilang dengan adanya programmer itu akan sangat memberikan pengaruh besar terhadap perusahaan tumbuh dengan baik.

Apa saja manfaat belajar coding?

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Saat mempelajari Bahasa pemrograman kita memerlukan kesabaran dan ketekunan, nah setelah kita sudah bisa menguasai Bahasa pemrograman maka kita bisa menghasilkan dan mencapai suatu hasil yang sesuai dengan yang diharapkan dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Dengan begitu belajar coding secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri kita untuk menciptakan projek yang lebih baik nantinya serta memicu perasaan bahagia dan bangga terhadap diri sendiri.

Mengembangkan Pola Pikir / Problem Solving

Dalam ngoding pasti kita akan menemui berbagai problem seperti error atau bug dalam script code yang kita buat dan membuat kita dituntut untuk berfikir secara logis dalam menyelesaikan masalah tersebut agar program yang kita buat bisa berjalan dengan baik, nah dengan adanya masalah tersebut otomatis akan membuat kita mengembangkan pola pikir kita untuk menangani masalah yang baru. Belajar coding juga bisa membuat kita berfikir dengan terstruktur, sistematis, dan efisien lhoo. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan mempelajari coding maka dapat mengembangkan pola pikir kita dalam menghadapi dan memecahkan suatu masalah.

Berpengaruh Terhadap Karir

Setiap orang pasti menginginkan jenjang karir yang bagus dan bisa mendapatkan pendapatan yang memuaskan, semua itu bisa kita dapatkan jika kita menguasai dan memiliki keterampilan di bidang tertentu terutama jika mempunyai keterampilan di bidang coding maka kita bisa mencapai tujuan yang kita inginkan, misalnya jika kita menguasai HTML, CSS, JavaScript, Ruby maka kita dapat bekerja sebagai Web Developer di suatu perusahaan startup atau e-commerce dengan begitu maka kita bisa mendapatkan gaji yang memuaskan dan berpengaruh positif terhadap karir kita. Semua itu bisa kita dapatkan dengan bekerja dirumah aja lho asik bukan.

Melatih Komunikasi dan Bersosialisasi

Biasanya dalam membuat suatu projek kita membuatnya secara berkelompok atau tim, dalam sebuah tim sangat dibutuhkan yang namanya komunikasi dan bersosialiasi agar projek yang dibuat dapat mencapai hasil yang diharapkan, dari adanya tim tersebut sudah seharusnya kita saling sharing mengenai bagaimana menangani problem yang dialami atau bagaimana projek tersebut akan dikembangkan maka secara tidak langsung hal tersebut akan melatih kita dalam berkomunikasi dan berdiskusi secara tim.

Mendapat Penghasilan yang Besar

Tujuan utama setiap orang dalam bekerja sudah pasti ingin mendapat hasil atau pendapatan yang besar, dengan kita mempunyai keterampilan di bidang coding atau pemrograman itu sangat membantu kita untuk mewujudkan tujuan tersebut. Melansir dari halaman neuvoo.id, gaji rata-rata Web Developer di Indonesia sendiri mencapai 6.000.000 per bulan, sangat fantastis bukan?. Dengan demikian mempelajari coding dan pemrograman dapat berpengaruh pada finansial kita menjadi lebih tinggi lebih baik.

Memiliki Kesempatan Tak Terbatas

Di era industry 4.0 seperti ini, teknologi memberikan pengaruh besar terhadap pola hidup manusia dan ini juga akan menjadi peluang besar bagi kalian yang sedang serius mempelajari coding dan berniat menjadi seorang programmer, karena dengan mempelajari coding kita juga bisa mendorong usaha menjadi lebih maju dan berkembang pesat lewat pemasaran produk dan layanan menggunakan teknologi yang ada bisa berupa aplikasi atau web e-commerce. Tidak hanya itu dengan belajar coding kita juga bisa membuat banyak perembangan dan perubahan lhoo karena kita tidak hanya menggunakan aplikasi tetapi juga membuat aplikasi yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain, misalnya seperti Mark Zuckerberg, dia telah banyak mengubah cara orang-orang berkomunikasi dan bersosialisasi di dunia maya dengan menciptakan aplikasi Facebook.

Menu