Apa itu Unity?

Unity merupakan salah satu aplikasi game engine yang dikembangkan oleh Unity Technologies bersifat cross-platfrom yang mudah digunakan dan dipahami. Unity dapat membuat game berbasis dua dimensi , tiga dimensi, virtual reality (VR), dan augmented reality.

Unity memiliki grafis tingkat tinggi untuk DirectX dan OpenGL. Unity juga mendukung semua format file, utamanya format umun 3rd app seperti fbx, obj, dxf dll. Unity dapat beroperasi pada Mac OS dan Windows dan game yang bida dibuat hampir di semua platfrom ada.

Sejarah Unity

Unity Technologies didirikan pada tahun 2004 oleh David Helgason (CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante (CTO), mereka merilis game pertama mereka GooBall pada tahun 2005, game itu gagal secara komersial. mereka mengetahui enginetool dalam pengembangan game. dan rencananya mau membuat sebuah game engine yang sanggup dipakai oleh semua pengembang dengan harga terjangkau.

Perusahaan berusaha untuk “mendemokratisasikan” pengembangan game dan membuat pengembangan konten interaktif 2D dan 3D lebih mudah diakses. Unity dinobatkan sebagai runner up untuk Penggunaan Terbaik Grafik Mac OS X pada Apple Design Awards 2006. Unity Berkembang bersamaan dengan rilisnya iPhone pada tahun 2007, karena Unity Technologies memproduksi salah satu engine pertama yang mendukung platform secara penuh. Karena industri game memfokuskan pada game konsol ketika App Store dan iPhone diluncurkan, Unity diposisikan untuk mendukung pengembang yang ingin membuat game seluler. Mendominasi pada iPhone sebagian besar tidak dibantahkan selama beberapa tahun. Pada tahun 2007, Over the Edge berubah nama menjadi Unity Technologies.

Penjelasan UI (User Interface) Unity

Berikut yang akan saya jelaskan adalah macam-macam fungsi pada User Interface Unity. Pada User Interface, terdapat beberapa macam windows yang sangat membantu kita untuk mengerjakan project kita.

1. Window Scene

Pada window scene ini digunakan untukmembantu kita melihat secara visual project game yang kita bangun. Berikut penjelasan tool yang ada pada toolbar diatas.

1)   Hand Tool

Berfungsi untuk menggerakan sudut pandang pada view.

2)   Move Tool

Berfungsi untuk memindahkan posisi objek sesuai sumbu x, y, dan z.

3)   Rotate Tool

Berfungsi untuk mengubah sudut pada objek dengan memutarnya sesuai sumbu x, y ,dan z.

4)   Scale Tool

Berfungsi mengubah ukuran objek dan mengubah scalenya sesuai sumbu x, y, dan z.

5)   Rect Tool

Berfungsi mengubah atau mentransform objek dari sudut pandang 2D.

6)   Move, Rotate, and Scale selected item

Tool gabungan dari move, rotate, dan scale.

7)   Editor Tool

Berfungsi untuk membuat custom tool

2. Project Window

Pada project window digunakan untuk mengkoordinir asset yang akan digunakan untuk mengerjakan project. Didalam project window kita bisa menambahkan aset baru, yaitu dengan cara klik tombol (+) pada pojok kiri atas project window kemudian kita tinggal memilih berbagai macam seperti folder baru, material, file code, dan lain sebagainya.

3. Hierarchy

Hierarchy berisikan seluruh objek game yang tersedia pada scane kita. Bisa berupa asset yang ada pada project window kita. Kita bisa menambahkan asetnya dengan cara drag and drop atau create assets pada tombol (+) dipojok kiri atas toolbar hierarchy.

4. Inspector

Inspector adalah tempat untuk mengatur atau mengubah nilai property dan setting. Inspector menampilkan informasi dari setting player, setting assets, game object, dan lain sebagainya.

5. Game View

Window ini merupakan halaman untuk menampilkan current state dari project kita Ketika dijalankan, ada tiga opsi untuk masuk kedalam game view, yaitu play, pause, dan play frame by frame. Ketika didalam game view, kita bisa mengubah value property di inspector secara run time sehingga terlihat perbedaannya.

Fitur-Fitur yang terdapat pada Unity 3D

Platforms

Unity mengembangkan ke barbagai platform. Di project, Developer mempunayi control Penuh untuk mengirim keperangkat mobile, desktop, web browser, dan console. Unity juga membolehkan spesifikasi mengkompres texture dan setting resolusi di setiap platform yang didukung.

Saat ini platfrom yang bisa didukung oleh unity adalah windows phone 8, windows, Mac, Linux, iOS, Android, Unity web player, Adobe Flash, PS 3, Xbox 360. Wii U dan Wii. Meskipun tidak semua platform terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendungkung PS Vita.

Rencana kedepanya Unity mengatakan HTML akan menjadi platformnya, dan plug in Adobe baru aka disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform berikutnya.

Rendering

Engine graphics yang unity pakai ialah Direct 3d untuk Windows dan Xbox360, Proprietary APIs untuk Wii, OpenGL untuk Windwos Linux Mac PS3, dan OpenGL ES untuk Android dan iOS. Dan terdapat fitur untuk bump mapping, parallax mapping, reflection mapping, screen space ambient occlusion, render to texture dan full screen post processing effects, dan dynamic shadows using shadow maps.

Unity juga mensupport format desain dari 3ds Max, Softimage, Maya, Blender, Modo ,ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Photoshop, Adobe Fireworks dan Allegorithmic substance. Asser desain tersebut dimasukan ke game project dan diatur oleh graphical user interface Unity Scripting.

Scripting

Scripting unity dibuat menggunakan mono 2.6, yang sebuah implemtasi open source dari NET Framework. Programmer dapat memakai UnityScript (Bahasa terkustomisasi terinspirasi dari sintax ECMAScript dalam bentuk JS), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax Bahasa pemograman phyton). Pada versi 3.0 Unity merilis verso MonoCevelop yang terkustomisasi untuk debug script.

Asset tracking

server Unity Asset adalah solusi untuk developer game asset dan script. Server itu menggunakan PostgreSQL sebagai backend, FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed audio) sebagai system audio, video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi (yang mensupport tree billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.

Kelebihan Unity:

  1. Gratis, tidak dipungut biaya.
  2. Fitur yang ditawarkan banyak.
  3. UI yang mudah diapahami, yang cocok buat pemula.
  4. Mempunyai Assets store, yang memudahkan mencari asset 2d / 3d gratis ataupun berbayar
  5. Cross Platform.

Kekurangan Unity:

  1. Cahce memory yang dikomsusi lumanyan banyak.
  2. Butuh penyesuaian yang agak kompleks saat membuat game 2D tanpa bantuan plugin.
  3. Perlu penyesuaian mengikuti gaya component based.

Referensi

https://www.gamelab.id/news/211-berkenalan-dengan-fitur-fitur-unity-3d

https://id.wikipedia.org/wiki/Unity_Technologies

https://id.wikipedia.org/wiki/Unity_(mesin_permainan)

Menu