Pengertian Basis Data, Sistem Basis Data, Komponen Basis Data, Jenis Basis Data Dan Hirarki Basis data.

Basis Data (Database)

Basis data atau juga bisa di sebut dengan data base merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya, yang tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan pada perangkat lunak untuk penyelewengannya. Relasi tersebut biasanya ditunjukkan dengan menggunakan kunci dari tiap file yang ada. Satu basis data menunjukkan satu kumpulan data yang dipakai dalam suatu kumpulan instalasi atau perusahaan.
Basis Data terdiri dari kata Basis & Data. Basis yang merupakan markas atau gudang. Sedangkan Data adalah notes atas kumpulan – kumpulan fakta dunia nyata yang mewakili objek seperti manusia, barang, hewan, peristiwa dan sebagainya yang ditampilkan dalam bentuk huruf, simbol, gambar, angka, bunyi, teks, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh dari penggunaan Basis Data (Data Base):

  • Redudansi dan Inkonsistensi data
  • Kesulitan mengakses data
  • Isolasi data untuk standarisasi
  • Multiple user (banyak pemakai)
  • Masalah security (keamanan)

Sistem Basis Data

Singkatnya, sistem adalah kumpulan komponen yang saling terhubung dan digabungkan untuk bersama – sama mencapai suatu tujuan tertentu.

Basis Data atau Data Base ini adalah objek yang tidak bisa bergerak dengan sendirinya, oleh karena itu basis data memerlukan program atau aplikasi sebagai penggerak atau pengelolanya. Sehingga kombinasi keduanya (basis data dan aplikasi) dapat menghasilkan sebuah sistem dan bekerja dengan maksimal.

Sistem Basis Data adalah sistem yang terdiri atas kumpulan komponen tabel data yang saling terhubung dan kumpulan program yang memberikan akses kepada beberapa pemakai atau program lain untuk dapat mengakses serta memanipulasi tabel tabel data tersebut.

Source: https://kardinaoka.files.wordpress.com/2012/02/dbms.png

Komponen Pada Sistem Basis Data

1. Pengguna atau User

User atau Pengguna ini adalah salah satu komponen dalam database yang berinteraksi secara langsung dengan inti database. Beberapa tipe user yaitu, programmer aplikasi, user umum (end user), user mahir (casual user) dan user khusus (specialized user).

2. Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat Keras atau Hardware yang biasanya terdapat di dalam sistem basis data atau data base adalah hard disk, komputer,  perangkat komunikasi jaringan, memori sekunder offline (flashdisk dan removable disk).

3. Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi adalah program yang dirancang untuk menjalankan seluruh sistem komputer dan mengendalikan semua sumber daya yang ada di dalamnya termasuk operasi – operasi dasar komputer {Windows, Unix dan Linux}

4. Data

Komponen adalah sekumpulan data tabel atau file yang terorganisir membentuk suatu basis data dengan baik sehingga data tersebut mudah diakses, disimpan, dan juga dapat dimanipulasikan.

5. Database Management System atau Software DBMS

DBMS atau database management system adalah program aplikasi yang dirancang khusus untuk membikin dan juga mengelola dan juga memelihara database yang telah tersedia. Sistem ini berisi bermacam – macam data dan kumpulan program yang digunakan untuk mengakses database.

DBMS adalah software basis data yang berperan dalam mengelola, mengontrol, menyimpan, dan mengambil data. Adapun mekanisme khusus sebagai pelengkap yaitu, pengaman data, konsistensi data dan pengguna data bersama.

Contoh DBMS: MICROSOFT ACCESS, MICROSOFT SQL SERVER, ORACLE, MySQL, dan sebagainya.

6. Software Pendukung Lainnya atau Perangkat Pendukung Lain

Ini adalah software pendukung yang sifatnya opsional yang artinya, bila memang membutuhkan, ini bisa di gunakan dan jika tidak di perlukan, maka tidak perlu di gunakan. Aplikasi ini tergantung kebutuhan, penguna basis data bisa dibuatkan program khusus untuk melakukan pengisian, pengambilan, dan pengubahan data

Jenis Basis Data

  • Operational Database
    • Database ini di gunakan untuk menyimpan data terinrinci yang diperlukan untuk mendukung operasi performa dari seluruh organisasi.
  • Analytical Database
    • Database Analyrtical ini di gunakan untuk menyimpan data serta informasi yang diambil dari operasional yang dipilih dan dari eksternal database. Mereka mencakup dari data dan informasi yang di kumpulkan paling dibutuhkan oleh sebuah organisasi manajemen dan End-user lainnya.
  • Data Warehouse
    • Sebuah data warehouse menyimpan data dari waktu hari saat ini dan dari tahun-tahun sebelumnya, data yang disimpan dari berbagai database operasional dari berbagai organisasi. Data warehouse menjadi resource utama data yang telah diteliti, diedit, standar dan terintegrasi aman sehingga dapat digunakan oleh para manajer dan pengguna akhir lainnya di seluruh organisasi profesional.
  • Distributed Database
    • Distributed Database ini adalah basis data kelompok kerja lokal dan departemen di kantor regional, kantor perwakilan, pabrik dan sebagainya. Database ini bisa meliputi kedua segmen yaitu ada operasional dan user database, serta data yang dikeluarkan dan digunakan hanya pada pengguna situs sendiri.
  • End-user Database
    • Database End-User ini terdiri dari sebagian komponen file data yang di sempurnakan oleh end-user di workstation mereka.
  • External Database
    • Database External ini adalah database yang menyediakan akses ke eksternal, data milik para pengguna online, tersedia untuk biaya kepada pengguna akhir dan organisasi dari layanan komersial. Akses menuju keberagaman informasi dari database eksternal yang tersedia untuk biaya dari layanan online komersial dan dengan atau dapat juga tanpa biaya dari banyak sumber di Internet.
  • Hypermedia Databases On The Web
    • Database Hypermedia On The Web adalah himpunan dari beragam halaman multimedia yang saling terhubung di suatu situs web. Mereka terdiri dari home page dan halaman hyperlink lain dari campuran kumpulan media online seperti gambar, teks, grafik, foto, klip video, audio, dokumen, dan lain-lain
  • Navigational Database
    • Di dalam navigasi database ini memiliki fungsi untuk memperoleh atau mengumpulkan database dengan berpaduan dari berbagai referensi suatu objek.
  • In-memory Databases
    • Database IN-memory atau database dalam memori ini sangat bergantung pada memori utama untuk menjadikan lokasi penyimpanan data komputer. Database ini berbeda dengan sistem manajemen database yang memakai disk berlandasan mekanisme penyimpanan.
  • Document-oriented Databases
    • Document-oriented Databases adalah program komputer yang di buat untuk aplikasi berpusat dokumen. Sistem ini bisa di terapkan sebagai lapisan di atas sebuah database relasional atau objek database. Sebagai musuh dari database relasional, dokumen yang berbasis database tidak menyimpan data kedalam tabel dengan ukuran serupa dengan kolom untuk setiap recordnya. Sebaliknya, mereka merapikan setiap catatan sebagai dokumen yang memiliki keunikannya tersendiri.

Hirarki Basis Data

Data di kelompokan kedalam bentuk elemen karakter (character), data (field), rekaman (record), berkas (file), dan tabel. Definisi dari kelimanya adalah sebagai berikut:

1. Karakter (Character)

Karakter adalah data yang paling kecil dalam membuat sebuah data

2. Data (Field)

Data merupakan cerminan dari sesuatu atribut dari record sebuah data.

3. Rekaman (Record)

Rekaman merupakan gabungan (kumpulan) sejumlah elemen data yang saling berhubungan.

4. Berkas (File)

Berkas yaitu merupakan kumpulan atau himpunan dari seluruh rekaman yang sama.

5. Tabel

Tabel merupakan salah satu hal yang pokok dalam penyimpanan sebuah data.

Model Basis Data

Terdapat 3 model data yang di kelompokkan bedasarkan konsep pembuatan struktur basis data:

1. Model Data Konsepsual (High Level)

Memberikan konsep bagaimana user memandang atau menggunakan data. Terdapat 3 model dengan konsep penyajian data:
  • Entity (entitas)
    Adalah penyedia obyek, kejadian atau gambaran dunia nyata yang keberadaannya secara terus terang didefinisikan dan disimpan dalam basis data, contohnya : Mahasiswa, Nilai, Matakuliah, Dosen, dan lain-lain.
  • Atribute (atribut)
    Merupakan deskripsi yang menjelaskan karakteristik dari suatu entitas seperti Nama, Fakultas, NIM, Jurusan untuk entitas Mahasiswa.
  • Relationship (hubungan)
    Merupakan hubungan atau jalinan antara satu entitas dengan entitas lainnya, contoh, entitas siswa berhubungan dengan entitas namanya.

2. Model Data Fiskal (Low Level)

Adalah konsep dari deskripsi detail data yang di simpan dalam komputer dengan memberikan informasi tentang format record, urutan record, dan jalur akses data yang dapat mempermudah dalam membuat pencarian record data yang lebih cepat dan efisien

3. Model Data Implementasi (Representational)

Ialah konsep deskripsi data yang di simpan dalam komputer dengan tidak memperliahatkan sebagian detail dari deskripsi data sehingga para pengguna ini mendapatkan gambaran global bagaimana data tersebut tersimpan di komputer. Model data inilah yang merupakan konsep dari model data yang di pakai oleh model hirarki, relasional, dan jaringan.

Sekian materi artikel mengenai Pengertian Basis Data, Sistem, Komponen, Jenis, Dan Hirarki yang dapat saya bagikan dan berikan, semoga dari artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman yang membacanya, maaf jikalau ada kata kata yang kurang tepat maupun kata yang kurang berkenan dan adanya materi yang kurang lengkap.

Terima Kasih _ Thank You _ 감사합니다 _ 谢谢你 _ Спасибо _ شكرا لك

Menu