Dari sekian banyak bahasa, ada yang namanya bahasa pemrograman, Bahasa ini biasa digunakan dalam dunia IT. Seorang programmer biasanya memanfaatkan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah aplikasi. Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk keperluan sehari hari misalnya, aplikasi Go Food untuk pesan antar makanan online dan masih banyak lagi. Jadi apakah kalian sudah tau apa itu bahasa pemrograman? Mari kita bahas.

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Bahasa pemrograman adalah sekumpulan instruksi instruksi yang digunakan untuk memerintah komputer agar menjalankan tugas tertentu. Bahasa pemrograman biasa disebut dengan Bahasa Komputer dan terdiri dari serangkaian syntax dan semantic.

Bahasa pemrograman pertama kali ditemukan oleh Augusta Ada Byron atau dikenal dengan Ada Lovelace. Sebelum bahasa pemrograman ini berkembang, Lovace menggunakan bahasa pemrograman (programming language) untuk sebuah mesin.

Macam Macam Bahasa Pemrograman

Setelah memahami pengertian bahasa pemrograman, mari kita lanjut dengan macam macam bahasa pemrograman yang biasanya dipakai oleh seorang programmer.

1. Phyton

Phyton adaah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Guido Van Rossum (Programmer asal negara Belanda) pada tahun 1990. Bahasa pemrograman yang satu ini  bisa melakukan eksekusi multiguna secara interpretatif atau secara langsung dengan metode OOP (Object Oriented Programming). Jika dikaitkan dengan tingkat bahasa pemrograman, Phyton termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi, namun Phyton juga salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipahami karena sudah dirancang sedemikian rupa sehingga siapapun bisa mempelajari Phyton dengan baik.

Salah satu kelebihan phyton yaitu system pengolahan data dan memorinya otomatis. Selain itu proses pengembagan program dalam Phyton dapat dilakkan dengan cepat. Banyaknya standard library pada Phyton juga memudahkan kita untuk menjalankan fungsi fungsi kompleks dengan mudah. Tetapi Phyton ini tidak terlalu support apabila digunakan untuk mengembangkan platform Android dan Ios.

2. Java

Bahasa pemrograman yang kedua yaitu Java. Java adalah bahasa pemrograman yang bersifat multiplatform dan memiliki library yang cukup lengkap. Bahasa pemrograman Java menggunakan konsep pemrograman berbasis objek, tidak mendukung procedural. Program Java ini mempunyai komponen inti, komponen ini bernama JDK (Java Development Kit). JDK ini akan men-debug dan mengeksekusi sebuah program dari Java, tidak heran JDK ini disebut komponen paling penting dari Java. Selain itu ada JVM (Java Virtual Machine) atau biasa disebut sebagai Jantung dari program Java yang bertugas untuk mengkompilasi bytecode agar kodenya menjadi lebih spesifik. Ada satu lagi yaitu JRE (Java Runtime Environment), JRE ini merupakan salah satu bagian dari JDK( Java Development Kit) tetapi pendownloadanya terpisah. Komponen JRE ini merupakan suatu syarat yang digunakan untuk menjalankan program Java, tetapi JRE tidak bisa digunakan untuk membuat program yang baru.

3. Kotlin

Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source yang bisa dijalankan diatas platform Java Virtual Machine (JVM). Kotlin juga salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh JetBrains untuk Meningkatkan Produktivitas JetBrains. Kotlin sudah diresmikan oleh Google untuk menjadi suatu bahasa pemrograman untuk membangun aplikasi android. Jika dibandingkan dengan Java, Kotlin bisa dibilang lebih ringkas. Kotlin memiliki fitur safe yang mampu mencegah NullPointerExceptions. Selain itu, salah satu kelebihan kotlin adalah versalite sehingga bisa dipakai untuk mengembangkan aplikasi di Web maupun Mobile. Canggih bukan? Hehe. Dibalik kecanggihanya, kotlin memiliki kekurangan, salah satunya yaitu ukuran runtime yang bisa bertambah sehingga mempengaruhi para user android.

4. C ++

C++  adalah bahasa pemrograman berorientasi objek, C++ ini merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C . Jika dikaitkan dengan tingkat bahasa pemrograman, C++ termasuk bahasa pemrograman tingkat menengah. Fitur fitur yang ada pada C++ salah satunya adalah Manifest dan Inferred Typing yang memudahkan kita dalam menulis program karena fitur ini memungkikan fleksibilitas dan kesederhanaan saat meng-code program. C++ juga mendapatkan banyak dukungan library yang memiliki fungsi fungsi tertentu. Proses eksekusi pada bahasa pemrograman C++ bisa dibilang cepat serta kodenya yang bersifat reusable atau bisa digunakan Kembali pada projek yang lainya. Kekurangan dari bahasa pemrograman C++ adalah implementasi pada dunia IT masih tergolong sedikit

5. PHP

Hypertext Preprocessor atau biasa disingkat PHP yaitu salah satu bahasa pemrograman web yang popular saat ini. Didalam sebuah Web, PHP ini merubah website yang statis menjadi lebih dinamis. PHP ini diciptakan oleh Dr Leonardo Bernart pada tahun 1994. PHP bersifat open source, dengan artian bahwa kita bisa meggunakanya dengan free atau gratis dan juga bisa memodifikasinya sesuai dengan yang kita inginkan. Syntak dari PHP ini bersifat Case Sensitive, artinya penggunaan huruf besar dan huruf kecil harus diperhatikan, karena akan mempengaruhi outputnya. PHP memiliki fungsi CRUD ( Create, Read, Update, Delete ). Create biasanya berfungsi untuk membuat data yang baru, Read berfungsi untuk membaca data yang ada di dalam database. Update digunakan untuk mengedit, memperbarui data di dalam database. Delete berfungsi untuk menhapus data dalam database.

Website Terbaik untuk Belajar Pemrograman

Apabila kalian tertarik untuk memprlajari salah satu bahasa pemrograman, kalian bisa blejar melalui website di bawah ini

A. W3Schools

W3Schools adalah salah satu website yang popular bagi kalian yang ingin belajar bahasa pemrograman, di dalam situs tersebut kalian bisa mempelajari PHP, Javascript, Phyton dan masih banyak lagi. Di dalamnya juga tersedia tutorial HTML dan CSS bagi kalian yang tertarik untuk membuat website, kalian bisa mempelajarinya melalui situs W3Schools. Situs ini menggunakan Bahasa Inggris, selain itu setiap tutorial akan dituliskan contoh kode beserta outputnya, tidak heran jika situs ini memiliki ribuan contoh kode di dalamnya.

B. Coursera

Coursera ini adalah salah satu situs yang menyediakan beberapa kelas programming yang materinya itu setara dengan materi kampus. Aksesnya gratis dan juga akan diberi sertifikat apabila kalian bisa memahami bahasa pemrograman yang kalian pelajari. Kalian bisa memilih kelas sesuai dengan jadwal yang kalian tenukan. Jadi Coursera ini sangat fleksibel dengan waktu yang sudah kalian atur.

C. Codesaya

Codesaya merupakan salah satu platform untuk belajar bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa Indonesia. Situs ini cocok untuk kalian yang sedang belajar bahasa pemrograman Python, PHP, JavaScript. Jika kalian sudah mempelajari suatu topik di Codesaya, kalian akan menghadapi suatu soal dan kalian bisa menjawabnya langsung di browser. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan lencana yang keren dari Codesaya.

D. Codecademy

Codecademy adalah situs belajar bahasa pemrograman interaktif yang menawarkan kelas gratis. Di dalam situs ini kalian bisa mempelajari lebih dari 10 bahasa pemrograman, contohnya JavaScript, Java, jQuery, SQL, PHP, Python, dan masaih banyak lagi. Situs ini sangat popular karena pembelajaraya yang cukup efektif dan interaktif. Pengguna Codecademy sangat banyak yaitu lebih dari 24 juta orang yang telah bergabung di dalamnya. Bagaimana kalian tertarik?

E. Udemy

Udemy adalah website kursus online yang aksesnya ada yang berbayar tetapi ada juga yang gratis. Walaupun kursus Udemy kebanyakan menggunakan bahasa inggris, tetapi jangan khawatir karena kalian bisa menggunakan subtitle bahasa Indoesia. Ada beberapa kursus yang tersedia khusus bagi pelajar.

Menu