Penerapan WFH untuk Prakerin dan Magang di Situasi Pandemi

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama tentang penerapan WFH atau Work From Home dalam kegiatan prakerin atau magang di masa pandemi ini, pertama kita akan membahas apa itu WFH dan kenapa harus WFH.

  1. Apa itu WFH
    WFH atau Work From Home adalah cara seorang karyawan atau orang pengusaha bekerja dan memanajemen keperluan kerja dari rumah . WFH ini dilakukan oleh setiap perusahaan yang berjalan di bidang yang mereka sebenarnya bisa mengerjakan pekerjaan secara individu atau team dengan posisi di rumah masing masing. Cara kerja secara WFH sebenarnya sudah diterapkan sebelum masa pandemi terjadi tetapi hanya beberapa perusahaan saja yang menerapkannya, sekarang setiap pekerjaan menerapkan agar bisa aman dari bahaya pandemi yang sedang terjadi.
  2. Alasan WFH itu penting
    Dikarenakan kondisi dunia saat ini sedang dalam masa pandemi COVID-19 maka setiap kegiatan yang berhubungan dengan kerja harus dilakukan dari rumah kecuali beberapa instansi atau perusahaan dengan bidang tertentu, Semua ini dilakukan agar bisa mengurangi korban sakit yang disebabkan oleh COVID-19.

Setelah kita ketahui apa itu WFH maka kita sekarang akan membahas tentang penerapan WFH dalam kegiatan prakerin dan magang yang seharusnya dikerjakan oleh siswa/siswi SMK, mahasiswa/i kuliah, dan orang yang ikut dalam lembaga pelatihan. Seharusnya praktek kerja yang mereka lakukan dilaksanakan di kantor atau tempat dimana mereka seharusnya bekerja selayaknya karyawan normal, tetapi karena kondisi dunia sedang dalam masa pandemi maka seluruh kegiatan itu juga bisa dilakukan dengan WFH.

Mengapa prakerin dan magang penting untuk tetap dilakukan meskipun sedang masa pandemi adalah

  • Kegiatan itu dilakukan untuk mengenalkan dan menunjukkan bagaimana dunia kerja yang sebenarnya.
  • Mempersiapkan calon pemuda/pemudi yang sudah siap secara mental dan skill untuk bekerja secara langsung setelah lulus.
  • Melatih mental mereka saat sedang dalam tekanan kerja yang sebenarnya.

Oleh karena itu tetap melaksanakan prakerin atau magang sangatlah penting agar mereka bisa belajar dan beradaptasi di dunia kerja yang akan mereka hadapi setelah lulus. Mereka juga diharapkan bisa membawa inovasi atau kreatifitas mereka agar bisa memajukan dunia kerja di Indonesia setelah melaksanakan praktek kerja secara langsung.

Beberapa bidang perusahaan yang bisa melaksanakan prakerin dan magang secara WFH adalah berikut

  1. Perusahan yang bergerak di digital darketting.
  2. Perusahan yang bergerak di software development.
  3. Perusahan yang bergerak sebagai content creator.
  4. Perusahan yang bergerak di digital design.
  5. Perusahan yang bergerak di E-business/online shop.
  6. dll

dan agar kegiatan prakerin dan magang tersebut berjalan dengan lancar maka

faktor-faktor berikut sangat mempengaruhi kinerja para peserta nya

  • Koneksi Internet.
  • Spesifikasi Komputer yang digunakan.
  • Ketersediaan fasilitas/alat pendukung kerja.
  • Manajemen waktu.
  • Komunikasi antara atasan, pembimbing, karyawan, dan peserta prakerin agar terhindar dari miss komunikasi

Sekian pembahasan tentang penerapan WFH untuk kegiatan prakerin dan magang yang seharusnya dilaksanakan di kantor atau lokasi prakerin dan magang tersebut dilaksanakan tetapi terkendala situasi pandemi saat ini.

Jika kalian pembaca artikel ini tertarik untuk prakerin dan magang disini bisa menghubungi kontak yang tersedia, jurusan apapun pasti kami terima terutama kalian dengan jurusan yang berkaitan dengan IT seperti TKJ, RPL, dan MM silahkan mendaftar di GWC-IZZ

Terima Kasih sudah membaca

Menu