Di Situasi pandemic seperti sekarang ini, banyak pekerja yang terkena phk karena pemerintah telah menganjurkan untuk WFH (Work From Home). Bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini?. Menjadi seorang freelancer mungkin menjadi salah satu cara yang tepat untuk bekerja dirumah, lebih tepatnya Work From Home. Hal ini di karenakan, menjadi seorang freelancer itu tidak terikat dengan suatu perusahaan manapun. Aapabila menjadi seorang Freelancer, kita bisa menentukan waktunya yaitu fulltime ataupun parttime, tergantung kita sendiri bagaimana mengontrolnya.

Menjadi Freelancer juga harus memiliki keahlian tertentu karena tidak sembarang orang bisa menjadi Freelancer tanpa keahlian dan juga pengalaman dalam suatu pekerjaan. Mari kita perjelas lagi pengertian Freelance di bawah ini, lets go!

Apa Itu Freelancer?

Freelancer atau orang orang biasa menyebutnya pekerja bebas, pekerja lepas, adalah seorang pekerja yang tidak memiliki suatu keterkaitan terhadap suatu atau beberapa perusahaan tertentu. Seorang Freelancer bekerja secara mandiri dan juga free, bisa menentukan kapan waktunya. Walaupun tidak terikat janji jagka panjang dan tidak disebut sebagai karyawan, seorang freelancer dan pengangguran itu beda loh. Freelancer memiliki pekerjaan dari suatu klien yang sedang digarap, sedangkan pengangguran itu bener bener free dan tidak bekerja.

Seorang freelancer memang pada dasarnya tidak terkait kontrak maupun janji, tetapi kita harus mengerjaan suatu projek yang di berikan oleh klien dengan deadline tertentu yang sudah ditentukan oleh klien itu sendiri. Bisa dibilang kalau karyawan bekerja berdasarkan kontrak pekerjaan yang diberikan kantor, kalau freelancer itu bekerja berdasarkan suatu projek klien yang harus di selesaikan sesuai deadline, dan pastinya tidak boleh melewati batas waktu yang telah ditentukan. Membahas sedikit tentang gaji, gaji yang diberikan untuk karyawan dan freelance itu beda. Seorang karyawan biasanya mendapat gaji yang sama dan tetap setiap bulan, tetapi kalau freelancer tidak mempunyai gaji yang tetap dan cenderung berubah ubah, bisa jadi naik dan juga turun.

Contoh Pekerjaan Freelance

Setelah kalian memahami tentang freelance, mari kita lnjut tentang macam macam pekerjaan freelance yang bisa kita ambil

1. Desainer Grafis

Menjadi seorang desainer grafis mungkin bisa menjadi salah satu rekomendasi bagi seorang freelancer. Apabila kalian sudah memiliki hobi di bidang ini, mungkin tidak akan terlalu sulit jika kalian akan mengambil job sebagai freelancer desain grais. Kalian yang tetarik dengan bidang ini biasanya akan menggrarap tentang pembuatan desain logo website dan masih banyak lagi job job yang bisa kita garap dengan menjadi seorang freelancer desain grafis. Kita juga harus mempersiapkan banyak hal, salah satunya yaitu harus menguasai software software yang akan kita gunakan untuk membuatan desain, salah satu contohnya yaitu Corel Draw. Dengan mempelajari macam macam tool yang ada di Corel Draw akan membuat kia semakin mudah dalam mebuat desain itu sendiri. Seorang desainer grafis juga harus kreatif, jangan sampai kita menjiplak orang karena hal itu sudah pasti akan terkena hak cipta, itu adalah salah satu contoh buruk seorang freelancer desain grafis. Gaji seorang freelancer desain grafis juga terbilang cukup tinggi, asalkan kita membuat desain yang menarik dan juga terkesan.

2. Content Writer

Pekerjaan yang satu ini sangat cocok bagi kalian yang hobi menulis. Kalian harus mengambil bidang ini apabila sudah memiliki skill menulis yang baik, kalian bisa mencari uang tambahan untuk kebutuhan seharian kita. Mahasiswa juga bisa menjadi seorang freelance content writer, selain tidak memakan banyak waktu, pekerjaan ini bisa digarap apabila sedang berada di waktu luang, tetapi jangan dilupakan juga deadline dari kliennya. Biasanya bayaran yang akan kita dapatkan itu per artikel maupun per job yang sudah klien tentukan, bagaimana apakah kalian tertarik menjadi seorang content writer?

3. Voice Over

Voice Over adalah seorang yang bekerja untuk mengisi suara latar. Klien tidak melulu mencari suara yang bagus, yang terpeting adalah masuk dan sesuai kriteria yang sudah di tentukan oleh klien. Memang terdengar menyenangkan bukan menjadi voice over. Ada banyak job yang bisa kamu pilih yaitu menjadi voice over untuk audio video game, iklan, edorse, dan masih banyak lagi. Kita hanya perlu menggunakan suara kita dimanapun kita berada, saya rasa menjadi seorang voice over tidak begitu membuat kita tertekan, yang penting suara kita sudah  sesuai kriteria, pasti sudah bisa menjamin keberhasilan menjadi voice over.

4. Editor

Menjadi seorang editor dalam freelance terdengar menarik bukan, kita bisa menjadi editor foto, video, dan masih banyak lagi. Hasil pekerjaan yang sudah kita kerjakan biasanya akan dikirim lewat email maupun platform yang sudah disepkati oleh seorang klien. Apabila kita menjadi seorang freelancer editor foto, kita harus menguasai suatu softawernya juga, salahsatunya Photoshop. Tools tools di software Photosop sangat banyak, juga lumayan lengkap untuk kita pakai dalam mengedit foro dari klien. Yang terpenting adalah kita memahami dan mengertapa yang klien mau. Gaji yang kita dapatkan apabila menjadi seorang editor juga lumayan besar .

5. Menjual Foto

Apakah kalian adalah seorang penggemar fotografi? Profesi yang satu ini sangat cocok bagi kalian yang gemar memotret. Job ini bisa kalian ambil dengan cara menjual foto foto yang sudah kalian ambil ke situs situs yang menyediakan jual beli sebuah foto. Tidak perlu kamera yang mahal, pemakaian smartphone juga bisa kalian gunakan untuk memotret objek yang ingin kalian upload. Yang terpenting kalian memiliki skill memotret yang baik, itu sudah menunjang keberhasilan penjualan foto kalian.

Situs Freelancer Terbaik

Bagi kalian yang sudah berminat untuk menjadi seorang freelancer, dibawah ini ada banyak peluang yang bisa kalian raih dari berbagai situs yang ditawarkan

A. Freelancer.com

Adalah salah satu situs terpopuler bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan sebagai seorang freelancer. Pengguna Freelacer.com juga dibilang cukup banyak, bahkan lebih dari 42 juta pemakai. Tetapi sebelum itu kalian harus membayar dulu dan juga mengajukan kurang lebihnya ada 8 proposal pengajuan kepada calon klien yang akan kita garap.

B. Fivver.com

Fivver.com adalah situs yang menyediakan pekerjaan bagiseorang freelance. Fivver.com sudah mencakup jangkauan internasional loh. Selain popular, Fivver.com juga berbeda dengan situs situs yang lainya, karena biasanya pekerja freelance lah yang akan membuat pengumuman untuk mencari klien, kita tidak perlu ribet untuk mempromosikan diri kita ke klien tertentu, tetapi kita hanya membuat pengumuman saja terkait bidang yang kita promosikan dan menunggu klien yang tertartik dengan promosi kita. Selain itu keunggulan yang dimiliki oleh situs Fivver.com adalah system kemanan data yang sangat canggih sehingga kita tidak perlu mengkhawatirkan tentang keamanan data yang kita punya.

C. SimplyHired

Salah satu situs yang menyediakan pekerjaan online atau offline. Ada banyak variasi pekerjaan yang ditawarkan dalam situs ini. Bisa dibilang situs ini cocok bagi anda yang suka pekerjaan bervariasi, sampai bidang konstruksi bangunan pun ada di dalam situs ini. Karena cakupanya mencapai 24 Negara juga mengakibatkan kita untuk mempunyai banyak peluang klien yang akan kita peroleh jika kita meng apply di SimplyHired.

Menu