Apa itu OS ?

OS atau Operating System atau dalam bahasa indonesia sistem operasi adalah sebuah sistem yang mengatur jalan nya perangkat keras dan perangkat lunak dalam sebuah komputer , sistem ini biasanya diletakan pada lapisan pertama yaitu pada memori komputer lebih tepat nya diletakan pada hard disk. Tanpa sistem operasi , komputer tidak akan bisa menjalankan program aplikasi terkecuali program booting.

Sistem operasi bertidak juga sebagai perantara di antara program aplikasi dan juga dengan perangkat keras komputer , meskipun biasanya kode aplikasi di eksekusi langsung oleh perangkat keras tetapi bisa juga akan terputus oleh OS.

Bagaimana Sistem OS Secara Umum?

Secara umum sistem operasi memiliki beberapa bagian yang saling berkomitmen antaranya :

  • Driver , yaitu perantara antara kita dengan komputer untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus juga mengontrol nya.
  • Mekanisme Boot, adalah meletakan kernel ke dalam memori yang dibuat sebagai inti SO. “kernel adalah kode yang melakukan yang dapat melakukan tugas inti dan tugas umum”.
  • Handler ,bagian ini memiliki peran sebagai sistem yang digunakan untuk menghindari eror serta penggunaan daya yang tidak di perlukan.
  • Resource Allocator, bagian ini mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat agar dapat di gunakan.
  • Sell , bagian ini bertugas membaca,menyediakan fungsi standar dan fungsi dasar yang dipanggil menggunakan sebuah aplikasi.

Mengenal SO Pada Masa Ini

Dalam masa ini ada 3 jenis kelompok besar yang dipakai oleh komputer umum antara lain yaitu :

1.WINDOWS

Di urutan pertama ada windows, karena OS ini adalah OS yang paling banyak di gunakan saat ini . Menilik sejarah windows untuk pertama kali diperkenalkan ke publik pada taun 1985 oleh Bill Gates dari awal diluncurkan nya mulai dari windows 1 sampai dengan sekarang windows 10 ada beberapa versi yang lebih dominan di gunakan dari versi lainya antara lain ada windows 7, windows 8, dan versi windows 10. Sistem ini terdiri antara lain Windows Desktop Environment , windows NT dan masih banyak yang lain.

2.UNIX

Unix menempati urutan kedua, karena unix banyak di gunakan oleh perusahaan perusahaan besar yang menggunakan supercomputer dan mainframe untuk mengelola data dalam satu perusahan yang berarti bahwa data yang dikelola akan sangat besar karena mencangkup satu perusahan. contoh dari sistem ini antara lain POSIX , GNU/Linux dan masih banyak yang lain .

3.MACINTOSH/MAC OS

Yang ketiga ada Macintosh/mac OS , ini adalah operasi khusus yang hanya di gunakan untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer yang berbasis IMB. menilik sejarah nya os ini pertama kali dikeluarkan oleh Apple pada bulan januari taun 1984 lewat iklan yang berjudul Super Bowl.

Selain 3 kelompok besar di atas ada juga OS lain yang ada di muka bumi ini antaranya :

1. MICROSOFT DOS

DOS ialah salah satu OS yang paling banyak di gunakan untuk komputer berbasis IBM-PC dan komputer yang kompatible dengan nya. Menilik sejarah nya awal pembuatan DOS dirilis oleh Microsoft pertama kali pada taun 1981 dengan nama versi yaitu MS-DOS versi 1.xx . DOS merilis versi hingga MS-DOS versi 7.10 , versi ini pula yang menjadi akhir perjalanan MS-DOS karena bertepatan pada peluncuran versi 7.10 ini Microsoft juga melum curkan Windows 98 dengan dukungan sistem berkas yang lebih efisien daripada FAT 16.

2.LINUX

Linux yang sering kita kaitan dengan gambar pinguin adalah OS yang bertipe Unix modular, menilik dari sejarah nya linux pertamakali dirilis padatanggal 17 sepetember 1991 olah linus torvalds . linux ini memiliki lisensi bebas dan terbuka untuk umum , perbedaan yang membedakan OS linux dari OS yang lain yaitu OS ini memiliki kernel dan komponen yang terbuka.

Apa Lapisan Dalam OS ?

OS memiliki berbagai lapisan di dalam nya mulai dari struktur yang sederhana hingga struktur yang sulit mari kita cari tahu mulai dari awal

Struktur Sederhana

Sesuai dengan namanya struktur ini memiliki kesulitan yang lebih rendah dari struktur yang lain contoh dari penggunakan struktur ini adalah MS-DOS. hal ini mengakibatkan struktur ini hanya di gunakan untuk kalangan tertentu saja.

Dari awal pengembangan MS-DOS system ini memang tidak dijelaskan secara rinci bahwa akan seberapa besar dan seberapa penting nya sistem ini nantinya. di tilik dari sejarah nya pula sistem ini di bangun dengan waktu yang relatif singkat tanpa menggunakan teknik yang modern .

Tetapi sistem ini kemudian secara bertahap tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu dan bahkan saat ini dapat melampaui target awal nya,sistem ini tidak membagi suatu sistem menjadi sub sistem secara langsung dan juga sistem ini tidak memiliki perbedaan yang segnifikat terhadap pengguna biasa dan kernel, sistem ini juga memiliki banyak kelemahan yang di miliki antaranya adalah bila terjadi kesalahan cara pemecahannya akan lebih sulit dari sistem lain .

Sistem Berlapis

Sistem berlapis ini adalah suatu cara untuk mencapai modularitas didalam sistem operasi , dalam hal ini lapisan yang berada di paling bawah adalah perangkat keras suatu komputer dan lapisan yang paling atas adalah antar muka pengguna dengan komputer.

Sistem ini memiliki pemecahan masalah per layer atau perlapis dan masing masing lapisan ini bertumpu pada lapisan yang di bawah nya dan juga lapisan ini tergantung pada layanan yang disediakan oleh lapisan selanjutnya.

Karena sistem ini menggunakan lapisan lapisan yang saling berkaitan dan harus menyaring per layer masalah yang biasanya muncul adalah sebagai pengguna harus menggunakan secara cermat perlapisan, dan juga harus bisa memanfaatkan kegunaan dari lapisan yang berada di bawah nya.

Kernel mikro

kernel mikro ini adalah sistem untuk menghapus layanan yang menggunakan non-esensial dari kernel, dan juga mengimplementasikan terhadap sistem aplikasi , sehingga dapat membuat kernel menjadi lebih kecil dan efisien.

Kernel mikro ini kebanyakan menggunakan proses dasar dan manajemen memori. keamanan dalam kernel mikro ini dapat di tingkatkan karena layanan yang biasanya di gunakan pengguna sebagian besar bukan dalam mode kernel. dalam sistem ini pula bila kita ingin memperluas sistem akan lebih mudah karena kita tidak perlu menambahkan lebih banyak sistem aplikasi tanpa perlu membangun sistem kernel yang baru.

Menurut reset yang saya cari dari beberapa artikel Mach adalah mikrokernel yang paling banyak di kenal di masyarakat . mikrokernel ini pula adalah salah satu komponen utama yang di gunakan oleh MAC OSX. pada awal nya WINDOWS NT juga menggunakan mikrokernel tetapi karena mengalami masalah yang relatif pada windows95 . Contoh dari penggunaan microkernel adalah OS real-time dan ONX.

Modular

Selanjutnya ada modular sistem ini adalah pengembangan modern dari os yang berorientasi objek dengan menggunakan kernel yang kecil dan modul yang dapat dihubungkan secara dinamis.

Modular ini memiliki kemiripan dengan lapisan yang di mana subsistem nya memiliki tugas antarmuka.

Apa Fungsi Dari OS?

Di bagian ini saya akan memberikan beberapa fungsi yang terdapat pada os antara lain:

  • OS ini memiliki perlindungan kata sandi yang dapat melindungi privasi penggunanya .
  • OS bisa melacak waktu dan sumber daya yang digunakan oleh penggunanya .
  • OS memiliki manajemen memori yang akan memudahkan pengguna dalam menyimpan data dengan cepat dan mengakses dengan cepat pula.
  • OS pula memiliki manajemen file yang dapat melacak di mana informasi disimpan dan juga melacak pengaturan akses pengguna.

Terima kasih sekian dari saya 😉

Menu