PENGENALAN

Metadata adalah data yang terstruktur, ditandai dengan kode agar dapat di proses oleh komputer, mendeskripsikan ciri-ciri satuan-satuan pembawa informasi, dan membantu identifikasi, penemuan, penilaian dan pengelolaan satuan pembawa informasi tersebut.

CONTOH META DATA

Contoh metadata file gambar

Contoh metadata file word

FUNGSI METADATA

  • Mengidentifikasi Sumber
    Metadata dapat mengidentifikasi sumber yang mempunyai karakteristik unik dan bisa membedakan antara satu sumber dengan sumber yang lain sesuai dengan kriteria yang relevan.
    Metadata dapat mengidentifikasikan informasi sumber digital seperti:
    1. Nomor standar, seperti ISBN.
    2. Lokasi objek digital yang memiliki nama penulis, judul, nama file, nomor referensi file, url dan beberapa identifier persistent.
  • Mengelola Sumber
    Sumber informasi digital dapat mengalami resiko kerusakan atau formatnya dapat berubah, karena ada orang yang mengubahnya . Jika demikian, sumber informasi digital tidak dapat digunakan lagi. Maka dari itu diperlukan metadata. Metadata mengelola sumber dengan menggunakan sistem pengarsipan dan preservasi, yaitu sistem yang menyatukan sumber-sumber yang serupa dalam satu kelompok yang sama dan memisahkan sumber yang berbeda dalam kelompok yang berbeda.
  • Tracking Penggunaan Sumber
    Fungsi metadata yang sangat canggih adalah dapat melacak penggunaan sumber yang menghubungkan antara satu sumber yang satu ke sumber yang lain. Fungsi metadata ini dapat mengawasi supaya sumber tidak diubah formatnya atau disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

METADATA PADA FILE HTML HALAMAN WEBSITE

Metadata pada file HTML halaman website diatas mungkin seperti ini :
<head>
<meta name=”description” content=”lebih dari 1 juta driver Gojek siap melayani ojek online, taksi online, pesan antar makanan, kirim barang, belanja & pembayaran. Donwload.”>
<head>

  • Metadata yang digunakan pada website sangat penting untuk rangking sebuah website di halaman hasil pencarian. Metadata ini mencakup deskripsi website, keywords, meta tag, dan lainnya yang bisa berpengaruh pada posisi rangking website di halaman hasil pencarian.
  • Istilah metadata, seperti judul meta dan deskripsi meta juga sudah biasa digunakan oleh pengembang saat membangun halaman website. Judul meta menjelaskan secara ringkas informasi mengenai tema halaman website agar pembaca dapat langsung memahami informasi/konten yang dimuat pada halaman website. Sedangkan, deskripsi meta adalah informasi berikutnya yang ditulis lebih lengkap daripada judul meta. Informasi yang ditulis maksimal 160 kata yang berisi informasi mengenai halaman website. Walaupun, memberikan informasi yang ringkas tentang halaman website. Kedua elemen metadata ini, ditampilkan oleh mesin pencarian supaya dapat dibaca secara sekilas oleh setiap pengunjung web.

SISTEM METADATA

Sebuah sistem metadata harus memenuhi beberapa kebutuhan berikut :
– Menampilkan informasi dalam berbagai tingkat rincian
– Mengonversi catatan system yang lama ke baru
– Melengkapi kebutuhan pembuatan laporan dalam berbagai bentuk pilihan
– Berperan sebagai keamaan system yang mengontrol akses ke semua fitur-fitur yang ada dalam system

JENIS-JENIS METADATA

  • Metadata Deskriptif
    Metadata yang dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan sumber informasi. Maka, metadata jenis ini dapat digunakan untuk menemukan dan menyeleksi sumber (resources). Metadata deskriptif mencakup unsur-unsur informasi (deskripsi) seperti judul, pengarang, kata kunci, dan lainya yang berperan dalam hasil pencarian.
  • Metadata Struktural
    Metadata tentang wadah data untuk menyatukan objek digital secara bersama-sama menjadi kesatuan dan terstruktur. Metadata struktural dibutuhkan untuk mengetahui hubungan/sinkronisasi antar bagian.
  • Metadata Administratif
    Metadata yang menyediakan informasi untuk mengelola dan mengatur sumber informasi, seperti kapan dan bagaimana sumber diciptakan, hak cipta, tipe file, dan informasi teknis lainya. Metadata administratif ada beberapa bagian yaitu metadata right management dan metadata preservasi.

PENGGUNAAN METADATA

  • Metadata untuk pencarian halaman web
    Metadata dalam halaman web mencakup deskripsi dari situs yang bersangkutan, kata kunci, metalog dan lain-lain. Mesin pencarian Google akan menggunakan metadata dari halaman web ketika melakukan pencarian.
  • Metadata untuk penelusuran pengguna
    Contohnya dalam website retail atau onlineshop, metadata berfungsi untuk mengetahui perilaku dan kebutuhan pelanggan, situs onlineshop menggunakan metadata untuk menelusuri perilaku pelanggan sehingga dapat menampilkan iklan sesuai dengan perilaku dan kebutuhan pelanggan.
  • Metadata di file komputer
    Setiap file komputer memiliki metadata yang menyimpan berbagai informasi seperti nama file, tipe file, direktori penyimpanan dan sebagainya dimana pengguna dapat memanfaatkanya untuk melakukan pencarian.
  • Metadata di media social
    Metadata dalam media social digunakan untuk mempelajari profil pengguna dan relasi yang dimiliki pengguna.
  • Metadata dan manajemen basis data
    Metadata dalam basis data digunakan untuk memberi keterangan dari data yang didefenisikan dan disimpan di basis data.

PERANAN METADATA DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

  • Penggunaan metadata pada konsep pengembangan perangkat lunak berbasis
    objek, seperti konsep pembangunan class, object, dan beberapa komponen seperti
    inheritance, encapsulasi, dapat memberikan manfaaat yang efisiensi
    pembangunan perangkat lunak.
  • Mulai dari menghemat biaya, koordinasi dalam pembangunan perangkat lunak menjadi lebih baik,mempermudah koordinasi dan development pada perangkat lunak, re-usable, dan sebagainya.

PEMBUATAN METADATA

Pembuatan metadata adalah proses implementasi metadata kedalam sebuah system metadata dengan cara membuat atau mengumpulkan matadata, pada proses ini dilakukan pembuatan objek metadata, definisinya, hubungan antara metadata dengan objek metadata, dan repositori metadata yang dihubungkan dengan mencari, mengambil, mengekspor dan mengunduh metadata.
Beberapa fungsi yang berhubungan dengan pembuatan metadata adalah :
– Pembuatan metadata secara manual
– Pembuatan metadata secara otomatis
– Mengekstrasi metadata dari system lain
– Mengonversi metadata dari system lain

PEMELIHARAAN METADATA

Sebagai data yang menerangkan data yang lain, metadata harus mengalami perubahan yang mengacu kepada objek data yang diterangkan olehnya, fungsi-fungsi yang diperlukan untuk melakukan perubahan atau pemeliharaan terhadap metadata yang lain :
– Pemeliharaan history dari metadata yang mencakup versi metadata, input, edit dan hapus
– Perubahan metamodel di repositori metadata
– Perubahan hubungan antara metadata dan objek data
– Manajemen pengguna dan hak akses metadata

EVALUASI METADATA

Salah satu hal yang penting dalam system metadata adalah kualitas metadata. oleh karena itu diperlukan fungsi-fungsi yang digunakan untuk mengevaluasikan kualitas dari metadata.
Kriteria yang digunakan untuk mengukur kualitas metadata antara lain :

  • Lengkap
    Metadata harus memberikan informasi atau keterangan tentang data selengkap mungkin. Selain itu data semua atribut metadata untuk semua populasi data harus lengkap dan tersusun dengan baik sehingga dapat memberikan berbagai layanan yang berguna kepada pengguna.
  • Akurat
    Informasi yang terdapat dalam sebuah metadata haruslah seakurat mungkin. Kesalahan yang terjadi baik karena factor tipografis atau kesalahan factual akan memengaruhi kualitas sebuah metadata.
    Beberapa contoh misal judul file, deskripsi, dan beberapa metadata sejenis yang keakuratan datanya sangat tergantung kepada subjek yang memberikan penilaian.
  • Sesuai Harapan
    Kualitas sebuah metadata dianggap baik jika memenuhi harapan dari para pengguna tertentu. Semakin baik metadata memenuhi harapan pengguna, semakin baik kualitas metadata tersebut.
    Sesuai harapan merupakab salah satu karakteristik kualitas yang paling penting dari sebuah metadata.
  • Konsistensi dan Koherensi Logis
    Metadata harus konsisten dengan definisi dan konsep standar yang digunakandalam domain. Informasi yang terkandung dalam metadata juga harus memilikikoherensi internal, yang berarti bahwa semua atribut metadata yang berasal dari sumber yang sama.
  • Aksesibilitas
    Metadata yang tidak dapat diakses dan dipahami tidak memiliki nilai. Oleh karena itu, sebuah metadata harus dapat diakses oleh pengguna yang membutuhkan, baik pengguna yang berupa manusia maupun pengguna yang berupa perangkat. Dimensi kemudahan akses dan pemahaman merupakan salah satu dimensi yang menentukan kualitas sebuah data.
  • Ketepatan Waktu
    Metadata harus berubah setiap kali objek data yang dijelaskan berubah. Misalnya jika sebuah file diubah, metadata perubahan tersebut seharusnya berubah. Kualitas sebuah metadata berhubungan dengan kemampuan metadata tersebut mengikuti perubahan dari objek datanya tanpa delay waktu yang berarti.
  • Asal Metadata
    Sumber diperolehnya metadata dapat menjadi salah satu faktor menentukan kualitas metadata. Pengetahuan tentang siapa yang menjadi sumber atau memuat metadata, tingkat keahlian sumber, metode yang digunakan untuk menghasilkan metadata, dan proses transformasi yang sudah dilakukan terhadap metadata dapat digunakan untuk menentukan kualitas dari sebuah metadata.

TERIMAKASIH

Menu