Pengenalan

Netbeans merupakan aplikasi (IDE) berbasis Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan di berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan juga  Solaris. Sebuah IDE adalah lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), yaitu suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.

Fungsinya dari Netbeans bisa digunakan progammer untuk menulis, meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan program netbeans yang ditulis dalam bahasa pemrograman java namun selain itu netbeans bisa mendukung bahasa pemrograman lainnya.

Sejarah Singkat Netbeans

NetBeans dimulai pada tahun 1996 sebagai Xelfi (permainan kata di Delphi) sebuah proyek mahasiswa Java IDE di bawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika di Universitas Charles di Praha. Pada tahun 1997, Roman Staněk membentuk sebuah perusahaan di sekitar proyek dan memproduksi versi komersial dari NetBeans IDE hingga dibeli oleh Sun Microsystems pada tahun 1999. Sun membuka NetBeans IDE pada bulan Juni tahun berikutnya. Sejak itu, komunitas NetBeans terus berkembang. Pada tahun 2010, Sun (dan NetBeans) diakuisisi oleh Oracle Corporation.

Fitur Unik

NetBeans adalah lingkungan pengembangan tujuan umum dengan fokus tertentu pada Jawa. Ini juga memiliki penyunting berkualitas tinggi dan fitur-fitur untuk bahasa-bahasa populer lainnya seperti JavaScript, PHP, dan C/C++.

Tapi apa yang membuat NetBeans unik? Pertama, ini mendukung Apache Maven. Bahkan, sebuah istilah kunci yang muncul berulang kali dalam konteks NetBeans adalah “Maven”. Pengguna NetBeans menghargai bahwa mereka tidak perlu menginstal plugin apapun untuk menggunakan Maven atau impor proyek apapun tapi hanya membuka mereka. Hanya pergi ke berkas / buka Projek dan NetBeans akan mengenali folder yang berisi berkas POM sebagai projek Maven dan kemudian gunakan berkas POM sebagai definisi Projek Netbean. Berikut ini, fitur kunci dari NetBeans adalah perbedaan waktu singkat antara memasangnya dan mulai membuat aplikasi bermakna di dalamnya.

Meskipun ekosistem plugin yang signifikan, tidak banyak yang diperlukan untuk dipasang atau dikonfigurasi. Semuanya tersedia “keluar dari kotak” segera setelah Anda memulainya. Unik lain dari fitur kotak adalah bahwa NetBeans secara otomatis memungkinkan Anda bekerja dengan mudah dan intuitif dengan berbagai luas sistem versioning populer tanpa plugin, termasuk Git, Mercurial, dan Subversion. Plus, pengguna dapat membuat, uji, debug, menyebarkan, dan profil aplikasi yang akan berjalan pada Raspberry Pi, ponsel, PDA, set – top boxes, dan sistem mobile lainnya.

Juga, inti dari NetBeans adalah penyunting NetBeans yang sadar bahasa. Ini menyediakan fitur standar editor yang kuat yang ditujukan pada kode cepat dan efektif, mendeteksi kesalahan ketika Anda mengetik dan membantu Anda dengan dokumentasi popups dan penyelesaian kode cerdas – semua dengan kecepatan dan kesederhanaan dari editor teks ringan favorit Anda. Tentu saja, Penyunting Java di NetBeans jauh lebih dari sebuah penyunting teks; garis penghinaan, pencocokan kata dan kurung, dan menyoroti kode sumber syntaktik dan semantik.

Perangkat NetBeans untuk platform Java EE dikembangkan dalam kerjasama dekat dengan Java, GlassFish, dan tim WebLogic untuk menyediakan palingightestation dan termudah dari spesifikasi Java. Akibatnya, menggunakan Netbean IDE adalah cara terbaik untuk cepat belajar dan menjadi produktif dalam pemrograman Java EE jika Anda baru ke SPESIFIKASI Java dan framework atau jika Anda berpengalaman dalam perlu untuk menjadi produktif dan fokus pada logika ranah Anda.

Tutorial Membuat Program Aplikasi Sederhana Daftar Harga Barang

Di kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat program ini  menggunakan java NetBeans IDE 8.0.2 membuat program ini cukup mudah tapi yang paling penting harus sabar, karna source code yang ditulis bikin pusing, tapi dengan tutorial ini semoga kamu dapat mengerti dengan baik.

Berikut Cara Membuat Program :

1.Pertama kamu buka aplikasi NetBeans 8.0.2 dengan klik Star > NetBeans IDE 8.0.2

2.Setelah NetBeans terbuka pilih menu File > NewProject

3. Lalu muncul pilihan Categories “ Java” dan Project “Java Application” lalu klik Next 

4.Selanjutnya kamu beri nama Project sesuai yang diinginkan pada kolom Project Name dan tempatkan si tempat yang kamu inginkan lalu klik Finish , hilangkan centang pada “create main class”. setelah itu Project Name akan menyesuaikan pada “package”, Lalu tekan Finish

5.Setelah itu,tampilan pada folder “Project” buka lalu pilih “ Source Package” Lalu klik kanan pada mouse dibagian <default package>  – New – Jframe  

6.Lalu masukan component seperti Lebel , tombol/button, text field dll sesuai keinginan pada menu “palette”

7. Buat hingga tampak seperti digambar

8.Ubah variable name dengan cara klik kanan pilih Change Variable Name lalu ganti sesuai keinginan .

Contohnya:

Textfield1= txtkode

Textfield2=txtnamabrng

Textfield3=txtharga

jLabel1 = Kode

jLabel2 = Nama Barang

jLabel3 = Harga

9. Lalu di tampilan  public class NewJFrame extends javax.swing.Jframe , ketikan kode berikut :

10.Selanjutnya Masuk ke source private void , ketikan kode berikut :

11.Setelah selesai mengetik kode pastikan kode sudah benar

Yang terakhir kamu run project dengan cara klik button Run / tekan F6

12.Tampilannya akan seperti berikut , jika kamu Ketik di Kode “8” maka akan keluar Nama Barang dan Harga secara Otomatis

Namun jika Kode salah atau belum ada maka akan keluar tampilan seperti berikut :

Demikianlah tutorial sederhana yang saya buat semoga bermanfaat.

NetBeans IDE Bundle untuk PHP

NetBeans mendukung PHP sejak versi 5.6. Paket untuk PHP meliputi:

  1. penyorotan sintaks, penyelesaian kode, penyorotan kejadian, penyorotan kesalahan, kontrol versi CVS
  2. analisis semantik dengan menyoroti parameter dan variabel lokal yang tidak digunakan
  3. Debugging kode PHP dengan xdebug
  4. Pengujian Unit PHP dengan PHPUnit dan Selenium
  5. Cakupan kode
  6. Dukungan kerangka kerja Symfony (sejak versi 6.8)
  7. Dukungan Zend Framework (sejak versi 6.9)
  8. Dukungan Yii Framework (sejak versi 7.3)
  9. Namespace PHP 5.3 dan dukungan penutupan (sejak versi 6.8)
  10. Kode Lipat untuk Struktur Kontrol (sejak versi 7.2 dev)

Paket Lengkap NetBeans IDE

Oracle juga merilis versi NetBeans yang mencakup semua fitur dari bundel di atas. Paket ini termasuk:

  1. IDE Dasar NetBeans
  2. Java SE, JavaFX
  3. Web dan Java EE
  4. Java ME
  5. C / C ++
  6. PHP (Versi 5.5 dan yang lebih baru)
  7. asd
  8. Apache Groovy
  9. Ikan kaca
  10. Apache Tomcat

Kesimpulan

Di Apache, NetBeans terus menyediakan masyarakat dengan penuh kelimpahan mutlak fitur, baik bagi para pengembang Java serta bagi mereka yang bekerja pada bahasa lain, terutama JavaScript, PHP, dan C/C++. Untuk pertama kalinya, dan secara unik, Anda dapat langsung terlibat dalam proyek, pergi ke Apache NetBeans dan menyediakan permintaan ke codebase. Buat NetBeans apa yang Anda inginkan dan mengintegrasikan alat-alat dan teknologi yang anda butuhkan. Sekarang lebih dari sebelumnya, Anda dapat membuat perbedaan dan langsung berpartisipasi di masa depan kemajuan yang unik lingkungan pengembangan.

Menu