Jenis Jenis Kamera Digital

Perkembangan teknologi yang semakin maju setiap tahunnya terus menciptakan hal hal baru yang dapat bermanfaat dan memudahkan bagi manusia salah satunya yaitu kamera digital. Pada era saat ini kamera digital sangat dibutuhkan orang orang karena mereka bisa menyimpan foto gambar dan dokumen secara mudah dan juga banyak sekali fungsi yang lain. Kita tahu di era saat ini orang orang memfoto gambar maupun memvidio sesuatu juga sangat ramai di sosial media karena hal tersebut memiliki ketertarikan tersendiri dan kita juga bisa dengan mudah meraih popularitas juga, selain itu kita juga bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah dengan kamera tersebut contohnya seperti youtuber, content creator, fotographer dan yang lain lain. Sejak kamera digital tersebut dirilis pada tahun 1990, kamera digital ini mengalami perkembangan yang sangat pesat karena fungsi fungsinya juga semakin di pertingkat, mulai dari kualitas lensa kamera yang baik hingga kualitas mega pixel kamera yang semakin rapat dan gambar menjadi jauh lebih baik dari biasa nya dibandingkan kamera hp yang sering kita gunakan pada masa ini.

Oke lanjut saya akan menjelaskan dan menyebutkan kamera kamera digital yang sering digunakan oleh orang orang.

Kamera Saku/Compact Camera

Nah kamera yang satu ini merupakan salah satu kamera versi awal, sejak sebelum era kamera digital ini, Compact Kamera tersebut sudah menggunakan analog Single Lens Reflex atau bahasa mudahnya adalah SLR, sebagai kamera yang mudah cara alternatif pemakaiannya dan pembawaannya yang sangat ringan dan simple, tetapi walaupun era kini adalah era kamera digital versi baru, compact camera ini lah yang tetap digemari walaupun secara fungsi dan kemampuan masih belum bisa menandingi kamera digital versi baru, wajar halnya seperti itu karena kamera saku ini di desain agar pengguna menjadi lebih mudah pembawaannya dan mudah juga digunakan oleh siapa pun, kamera ini merupakan kamera point and shoot yang dimana cara penggunaannya yaitu kita tinggal mencari atau mengincar objek foto lalu klik tombol nya dan selesai.

Bridge Camera/Prosumer

Kamera ini memang terlihat lebih besar dari kamera saku, tetapi di kamera yang satu ini ada peningkatan versi dari kamera saku atau kamera sebelumnya yang dimana kamera ini punya kualitas gambar yang lebih bagus dan juga sudah dilengkapi dengan fitur DSLR, salah satu perbedaan yang terlihat yaitu mode manual dan auto merupakan fitur yang digunakan didalam kamera tersebut, kemampuan zoom lensa nya juga lebih akurat dibanding kamera biasa/kamera SLR. Bisa dicontohkan seperti kamera Prosumer ini dapat menggabungkan fleksibilitas kamera saku dengan kecanggihan fitur lain yang dimiliki oleh kamera DSLR tetapi sama saja kemampuannya tetap dibawah kamera DSLR. Salah satu faktor penyebab kemampuan kamera tetap di bawah kamera DSLR yaitu ukuran lensa kamera prosumer lebih kecil dibandingkan kamera DSLR akan tetapi kamera Prosumer ini tetap dijadikan cadangan kamera DSLR karena dari segi kamera prosumer ini kemampuan baterainya yang sangat awet dan tahan lama dibandingkan dengan kamera DSLR

Kamera Mirrorless

Seperti nama dari kamera tersebut yaitu kamera mirrorless memang tidak menggunakan cermin bukan seperti yang dimiliki oleh kamera DSLR. Tanpa ada keberadaan cermin tersebut kamera ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dan lebih praktis dari kamera DSLR, tetapi dari segi kemampuan kamera ini bisa disetarakan dengan kamera DSLR level middle-end. Salah satu kelebihan dari lensa kamera tersebut ialah lensa yang terpasang di dalam kamera bisa di lepas, seperti hal nya DSLR. Sehingga kamera mirrorless tersebut bisa menyesuaikan hasil pemotretan sesuai kebutuhan, Selain itu sensor yang dimiliki oleh kamera mirrorless tersebut umumnya berkategori 4/3. Yang dimana kamera tersebut sudah memumpuni untuk mendekati kualitas foto dari DSLR.

Kamera Aksi/Action Camera

Kamera yang satu ini merupakan kamera digital yang banyak digunakan oleh anak muda belakangan ini dari yang berkecenderungan berolahraga extrem maupun vlogger yang menggunakan kamera ini, kamera action yang satu ini cukup praktis untuk digunakan di dalam kegiatan seperti berolahraga ataupun membuat vlog video karena kamera ini bisa di pasang di mana saja sesuai kebutuhan. Kamera aksi tersebut biasanya lebih banyak digunakan merekam video / aksi dibanding untuk pemotretan dengan bentuknya yang lebih kecil dari kamera saku, kamera ini bisa di pasang dimana saja sesuai yang kita butuhkan untuk membuat video. Kualitas dari kamera aksi tersebut juga sudah sangat memumpuni untuk menghasilkan resolusi video hingga tertinggi yaitu 1080p dengan kecepatan 30 frame rate per detik (FPS) atau 720 dengan kecepatan 60 fps. Yang dimana memiliki arti kualitas gambar dan video yang dihasilkan sudah termasuk kedalam level High Definition yang tajam, dan dilengkapi dengan fitur Image Stabillization, kamera aksi tersebut bisa menghasilkan gambar hampir tanpa ada goncangan meski dipasang diatas kendaraan yang melaju cepat.

Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR)

Dan inilah tipe kamera yang paling memumpuni diantara semua jenis jenis kamera digital pada era saat ini, seperti pada era analog, Kamera DSLR memiliki sangat banyak fitur yang berguna untuk membuat hasil pemotret an dan foto foto yang sangat sempurna, kamera ini termasuk memiliki kategori DSLR mulai dari entry level biasa hingga pro, semakin tinggi levelnya semakin banyak fitur fitur yang dipunyai kamera DSLR tersebut dan tentu saja harga kamera tersebut semakin mahal dari harga kamera pada umum nya, kamera DSLR tersebut memiliki berbagai macam lensa yang paling banyak dibandingkan kamera-kamera digital yang lainnya, mulai dari kamera yang memiliki sudut lebar seperti lensa fish eye hingga lensa zoom yang dapat mendekatkan objek hingga lebih dari 500 mm. Generasi terbaru dari kamera DSLR bahkan saat ini sudah tidak sekedar digunakan untuk mengambil foto saja melainkan kamera DSLR tersebut bisa digunakan menjadi kamera video dengan kualitas gambarnya yang sekelas High Definition atau disingkat HD. Banyak sekali content creator maupun vlogger yang menggunakan kamera DSLR ini untuk menghasilkan karya-karya nya yang lebih menarik dari biasanya.

Kamera Medium Format

Kelebihan dari kamera medium format tersebut yaitu mempunyai ketajaman yang tinggi dari detail objek yang di foto. Kamera medium format tersebut lebih sering digunakan untuk kepentingan komersial atau promosi dari sebuah produk karena kamera ini sendiri mampu menghasilkan gambar yang sangat detail, dengan kelebihan yang dimiliki oleh kamera medium format tersebut tidak banyak orang yang bisa memiliki kamera seperti ini maklum karena harganya sendiri yang sangat mahal. yang dimana harga kamera tersebut setara dengan kamera DSLR pro yang bisa mencapai nilai lebih dari angka 50 juta rupiah. Kamera ini biasa digunakan fotografer yang handal dengan cara menginvestasikan dana nya terlebih dahulu lalu membeli kamera medium format dan dapat menghasilkan uangnya kembali dengan cara mempromosikan sebuah produk dan yang lain.

Menu