Apakah teman-teman termasuk orang yang menggemari seni dan suka menggambar? Jika iya maka desain grafis akan sangat cocok untuk dipelajari dan didalami lhoo, Mengapa? Karena di era digital ini banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan adanya Graphic Designer untuk kebutuhan konten atau pemasaran dan itu merupakan peluang besar bagi kalian yang menyukai desain dan seni visual. Lalu apa sih yang dimaksud dengan Desain Grafis? Yuk kita bahas!

Apa Yang Dimaksud Desain Grafis?

Desain Grafis adalah suatu proses menggabungkan antara fotografi, typografi, ilustrasi dan elemen visual lainnya yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan kepada pembaca atau pengunjung dalam bentuk desain komunikasi sehingga pengunjung atau klien dapat tertarik dan melakukan apa yang dipesankan dalam gambar atau media tersebut.

Gambar-gambar tersebut dibuat dan dirancang oleh seorang Graphic Designer atau Desainer Grafis. Dengan demikian, Desainer Grafis adalah orang yang mengomunikasikan sebuah pesan melalui seni visual yang bisa berupa gambar, tulisan, dan juga grafik secara manual atau dengan menggunakan software pada computer.

Apa Saja Tugas Seorang Desainer Grafis?

Tahapan kerja seorang Desainer Grafis biasanya dimulai dengan adanya suatu kasus atau masalah, kemudian kasus itu diidentifikasi, lalu mengumpulkan data dan menemukan ide atau gagasan, dan sampai pada tahan perancangan, penggunaan elemen desain, layout, dan proses lainnya sehingga terciptalah sebuah karya seni visual yang sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut adalah tugas dan tanggung jawab seorang Desainer Grafis:
  1. Mempersiapkan dan mengumpulkan segala material desain untuk di aplikasikan dalam bentuk visual
  2. Menemui klien untuk membahas rencana serta kebutuhan pekerjaan
  3. Memperkirakan berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuat Desain tersebut
  4. Mengembangkan ide-ide kreatif atau konsep baru yang interaktif dan tidak ketinggalan zaman dalam membuat desain
  5. Mengembangkan prototype desain yang sesuai dengan tujuan atau keinginan klien
  6. Mendefinisikan desain sesuai dengan biaya dan waktu
  7. Membuat gambar atau ilustrasi yang sesuai untuk mengidentifikasi pesan dari produk yang diberikan oleh klien.
  8. Membuat bentuk-bentuk grafis seperti logo, ilustrasi produk, maupun website.
  9. Memilih tata letak, font, gambar, dan warna.
  10. Melakukan Proofreading agar hasil karya desain lebih akurat dan berkualitas tinggi.
  11. Bekerja dengan tim yang terdiri dari copywriter, fotografer, illustrator, pengembang web, desainer lain, serta spesialis pemasaran.

Skill dan Kualifikasi Desainer Grafis

Ada beberapa skill atau keahlian khusus yang harus dimiliki jika kalian ingin menjadi seorang Desainer Grafis diantaranya:

Kreatifitas

Kreatifitas merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki seorang Desainer Grafis karena seorang Desainer Grafis akan dihadapkan oleh berbagai projek dengan tema yang berbeda juga dan Desainer Grafis harus bisa membedakannya, oleh karena itu kreatifitas sangatlah dibutuhkan untuk menjadi seorang Desainer Grafis. Kreatifitas dapat diasah jika kalian rajin mencari inspirasi dan referensi bisa dari social media, maupun sumber informasi lainnya sehingga kalian bisa menemukan ide atau gagasan lebih mudah dengan melihat karya-karya orang yang menginspirasi.

Manajemen Waktu

Karena seorang Desainer Grafis dihadapkan dengan berbagai projek dan tentunya setiap projek pasti memiliki target atau deadline tersendiri sehingga seorang Desainer Grafis harus bisa membagi waktu dengan baik. Seorang Desainer Grafis juga harus bisa mengatur prioritas karena kalau sampai Desainer Grafis sering telat deadline maka akan dianggap sebagai seorang Desainer Grafis yang tidak professional. Jadi, menjadi seorang Desainer Grafis juga berarti harus siap bekerja cepat dan bisa memanajemen waktu dengan baik.

Komunikasi

Tidak hanya mengomunikasikan pesan lewat seni visual, seorang Desainer Grafis juga harus mampu berkomunikasi secara lisan maupun tulisan. Mengapa? Karena jika Desainer Grafis sedang berhadapan dengan banyak klien maka Desainer Grafis harus bisa mempresentasikan, mendengarkan, dan menerima saran atau kritik dari klien agar desain yang dibuat sesuai dengan yang diharapkan oleh klien.

Presentasi

Saat Desainer Grafis berhadapan dengan klien maka Desainer Grafis harus bisa menjelaskan secara detail dan mudah dipahami sehingga klien paham dan menjadi tahu mengapa Desainer Grafis memilih style tersebut untuk karya yang dibuat karena tidak semua klien paham betul mengenai bidang desain. Oleh karena itu, seorang Desainer Grafis harus mempunyai skill atau keahlian presentasi yang baik.

Menguasai Prinsip Desain

Seperti namanya, seorang Desainer Grafis tentu saja harus bisa menguasai prinsip-prinsip desain seperti proporsi, harmony, keseimbangan, irama, dan kontras. Mengapa harus bisa menguasai itu? Karena dengan menerapkan prinsip desain maka karya yang kalian buat akan menjadi lebih bagus dan lebih terstruktur.

Aplikasi Adobe

Sebagai seorang Desainer Grafis di zaman modern ini sudah banyak software computer yang sangat memudahkan Desainer Grafis untuk membuat karya desain. Saat ini, hampir atau bahkan semua desainer menggunakan aplikasi Adobe untuk membuat desain. Ada banyak aplikasi Adobe mulai dari Photoshop sampai Ilustrator. Walaupun kalian paham dengan penggunaan software lain tetapi dasar-dasar penggunaan Adobe sangatlah penting kalian kuasai karena hampir setiap perusahaan menyediakan Adobe sebagai software desain, sehingga sebagai seorang Desainer Grafis harus bisa untuk menyesuaikan diri.

Kemampuan Problem Solving

Seorang Desainer Grafis pasti akan dihadapkan dengan klien dan sebagai seorang Desainer Grafis maka harus mengerjakan dan mencapai hasil yang diharapkan oleh klien, tetapi tidak semua klien tahu harus membuat desain seperti apa agar pesannya dapat tersampaikan melalui gambar, nah sebagai Desainer Grafis maka sudah seharusnya dapat mencari jalan keluar dari masalah tersebut dan membuat karya desain yang sesuai dengan yang diharapkan klien.

Karir Seorang Graphic Designer (Desainer Grafis)

Di era digital sekarang ini banyak perusahaan yang membutuhkan adanya seorang Desainer Grafis untuk membangun sebuah branding. Perkembangan Desainer Grafis sendiri bertahap mulai dari Junior Graphic Designer, Graphic Designer, Senior Graphic Designer, Art Director atau Creative Director. Tetapi tidak semua perusahaan menerapkan tahapan seperti itu karena semakin lama kalian belajar dan berlatih, semakin tinggi dan semakin banyak skill yang dimiliki oleh seorang Desainer Grafis maka akan semakin akan semakin tinggi juga gaji yang akan di dapat.

Keuntungan Menjadi Desainer Grafis

1. Menghemat Biaya atau Budget

Jika kalian sudah memiliki laptop dan software yang memadai maka membuat desain sangatlah dimudahkan dan tidak memerlukan banyak biaya.

2. Berekspresi Secara Artistik

Keuntungan menjadi Desainer Grafis adalah kalian mampu menuangkan ide-ide dan konsep kreatif menjadi bentuk seni visual ke dalam sebuah media. Maka dari itu sebagai Desainer Grafis kalian bisa mengekspresikan sesuali selera tetapi juga harus mampu beradaptasi

3. Fleksibilitas Dalam Memilih Lingkungan Kerja

Menawarkan jasa desain grafis melalui media social atau internet di era digital ini sangatlah mudah, dengan begitu maka kalian juga bisa bekerja dari mana saja apalagi di masa pandemi seperti ini kita diwajibkan untuk bekerja dari rumah, nah menjadi Desainer Grafis mungkin cocok karena pekerjaannya fleksible.

4.Kesempatan Kerja Yang Tidak Terbatas

Di era digital ini, banyak perusahaan yang membutuhkan Desainer Grafis untuk kebutuhan promosi baik secara online maupun offline. Untuk menarik perhatian konsumen atau pengujung tentu saja peran seorang Desainer Grafis sangat dibutuhkan dan ini merupakan peluang besar untuk kalian yang berminat dan mempunyai passion dibidang desain.

Menu