Siapa sih yang ga tau tentang desain, desain sudah seperti kebutuhan pokok di saat ini, baik untuk branding, marketing, bisnis, penambahan nilai stetika dan banyak lainya. Nah untuk mendapatkan desain yang menarik tentu di butuhkan skill yang memadai untuk membuat desain yang biasanya di proses dengan aplikasi photoshoop Atau Corel Draw, dimana mungkin agak sulit untuk memahami aplikasi tersebut. Jika Anda membutuhkan aplikasi yang lebih mudah di pahami mungkin canva jawabannya. Canva menyediakan banyak template untuk pemula dalam membuat desain jadi kita dapat membuat desain berkualitas dengan mudah dan cepat.

Nah artikel ini akan membahas lebih dalam tentang apa itu canva, interface canva dan cara menggunakan canva agar dapat membuat desain dengan mudah namun tetap berkualitas.

APA SIH CANVA ITU?

Canva merupakan platform desain grafis berbasis online yang mempermudah para penggunanya dengan adanya tools yang telah di sediakan di dalamnya. Canva dapat di akses melalui perangkat mobile maupun dekstop. Untuk tampilan mobile menggunakan aplikasi, dan untuk tampilan dekstop dapat menggunakan canva dekstop maupun canva web. Dengan begitu pengguna dapat berkreasi kapan pun dan di mana pun.

Aplikasi canva mobile bisa di download melalui appstore maupun play store,  untuk canva Dekstop dapat di download melalui https://www.canva.com/download/windows/ , dan untuk canva  web kita dapat mengakses melalui https://www.canva.com/ . Agar dapat menggunakan canva kita di haruskan untuk memiliki account terlebih dahulu. Terdapat fitur login dan sign up di tampilan awal beranda canva, kita dapat mendaftar menggunakan account google, facebook, Email maupun registrasi dengan mengisi data pribadi untuk dapat membuat account Anda. Account gratis canva Anda sudah jadi.

Canva dapat di gunakan secara gratis, namun bila ingin mendapatkan akses untuk medapat fitur fitur premium kita dapat membeli account canva premium dengan membayarkan sejumlah uang yang telah di sediakan sesuai fitur yang akan di dapatkan.

INTERFACE CANVA

dekstop canva

Ini adalah tampilan canva ketika Anda sudah memiliki account dan login. Disana akan terdapat bagian navbar atau Menu yang pada setiap option nya akan mengarah ke halaman yang berbeda. Berikut adalah gambar Navbar / Menu

navbar canva

Dari menu di atas saya akan menjelaskan dari tiap-tiap option yang ada

1. Beranda

Beranda ini berisikan tampilan awal saat pengguna membuka canva itu sendiri. Ketika memasuki halaman beranda akan otomatis tertuju ke menu “Direkomendasikan”, Halaman beranda ini memiliki 8 sub menu, untuk dapat mengakses fitur-fitur lainnya. Berikut penjelasan menu yang ada di beranda.

menu beranda
– Direkomendasikan

Dalam menu “Direkomendasikan” ini Berisi fitur pencarian cepat untuk memilih template, yang akan di gunakan pengguna. Juga untuk pencarian cepat dalam mencari riwayat desain yang telah di kerjakan pengguna, sehingga mempermudah jika akan mencari lagi.

– Semua Desain Anda

Menu “Semua Desain Anda” ini adalah tempat untuk semua desain yang telah di buat oleh pengguna. Sesuai namanya Menu ini seperti folder penyimpanan untuk menyimpan dan Menampilkan seluruh hasil desain dari pengguna.

– Dibagi Dengan Anda

Menu “Dibagi Dengan Anda” merupakan Fitur yang berguna untuk meyimpan dan menampilkan desain maupun template yang di bagikan kepada pengguna secara online

– Kit Merek

Fitur ini berguna untuk membantu pengguna untuk membuat Logo dan Font sesuai keinginan pengguna

– Perencana Konten

Fitur ini berguna untuk menjadwalkan upload desain Anda ke sosial media, hal ini akan sangat membantu bagi para pengguna. Fitur ini dapat di gunakan bagi pengguna Canva Pro

– Buat Tim

Menu ini berguna untuk berkolaborasi secara online dengan rekan kerja, jadi pengguna dapat mengerjakan secara bersamaan dengan partner kerjanya.

– Semua Folder Anda

Menu ini berguna untuk menyimpan dan menampilkan beberapa fitur namun dalam bentuk seperti folder. Folder di dalamnya di antaranya Semua Desain Anda, Dibagi Dengan Anda, Dibeli, Suka, Unggahan, dan Sampah

– Sampah

Menu ini berguna sebagai back up untuk folder dari desain yang telah kita hapus sebelumnya. Jadi bila tidak sengaja terhapus kita bisa meng aktifkan kembali desain tsb dari fitur sampah ini.

2. Template

Menu Template ini Berisi template yang telah di buat oleh pengguna lain dan di upload. Template ini dapat kita gunakan dan dapat mempermudah para pengguna dalam membuat desain.

3. Fitur

Menu ini berisi tentang penjelasan fitur fitur yang ada di canva, dengan ini pengguna dapat memaksimalkan fitur yang di sediakan oleh canva

4. Belajar

Menu ini berisi tentang tips dan trik dalam pengerjaan desian yang dapat membantu pengguna dalam mendapatkan inspirasi, dan mendapatkan pengetahuan baru tentang dunia desain.

5. Harga

menu ini berisi daftar harga paket premium bagi para pengguna yang ingin mendapatkan fitur-fitur berbayar yang di sediakan oleh canva sesuai fitur yang akan di dapatkan oleh pengguna.

6. Search

Fungsi dari serch ini adalah untuk mempermudah pengguna dalam mencari teplate maupun jenis desain yang akan di buat.

CARA MENGGUNAKAN CANVA

  • Sign up / Log In

Untuk menggunakan canva Anda harus memiliki account terlebih dahulu.

  • Memilih kebutuhan

Yang di maksud disini adalah memilih jenis desain apa yang akan di kerjakan pengguna

  • Memilih template

Setelah memilih jenis desain akan di tampilkan template sesuai desain yang di pilih sebelumnya, template ini akan memperrmudah pengguna dalam pengerjaan desainnya.

  • Memilih Gambar Yang akan digunakan

Pengguna dapat meng upload gambar nya sendiri ke canva, selain dengan cara upload sendiri canva juga menyediakan banyak gambar gratis, pengguna hanya perlu memasukkan keyword sesuai gambar yang di inginkan. Untuk meng-upload gambar Anda perlu meng-klik pada Menu uploads di bagian kiri layar, dan upload photo yang Anda butuhkan, Anda juga dapat menggunakan fitur drag and drop untuk meambahkan gambar anda ke desain yang sedang Anda buat.

  • Desain sesuai keinginan

MENGENAL FITUR-FITUR CANVA

– Text

Canva menyediakan banyak text template yang dapat menunjang typography dalam desain pengguna agar lebih menarik. Pengguna dapat mengubah font dari text dan mengubah warna dari text.

– Animasi

Selain template text canva juga menyediakan berbagai macam animasi yang tersedia untuk pengguna gratis dan pengguna pro. dengan adanya animasi desain yang kita buat akan menjadi lebih menarik

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CANVA

– Kelebihan
  • Interface yang simple, dan fiturnya yang lengkap, jadi mudah di pahami.
  • Bisa membuat design baik untuk keperluan digital maupun fisik
  • Banyaknya template dan Font yang tesedia di canva, di tambah dengan fitur drag and drop semakin mempermudah pengguna dalam pengerjaan design-nya.
  • Tools yang bisa di akses melalui website, sehingga mengurangi beban penyimpanan memori / RAM
  • Hasil design bisa di download dalam banyak format seperti pdf, jpg, png dan banyak lainnya.
  • Hasil design yang otomatis tersimpan pada web dan dapat langsung di unggah ke sosial media.
– Kekurangan
  • Tidak tersedia secara offline
  • Jika terdapat gangguan jaringan, pengerjaan design akan terganggu
  • Beberapa fitur tidak dapat di akses oleh pengguna gratis (fitur untuk pengguna premium)

Menu