Apa sih Web Design itu?

Web Design adalah tampilan visual yang kita lihat saat kita membuka suatu website. Kita bisa melihat bentuk visual, Layout, Struktur Navigasi dan semua yang kit lihat itu adalah Web Design.

Jika anda berminat mengetahui lebih dalam tentang Web Design Lets Check it out!

Web Design atau Desain Web adalah menciptakan tampilan dan rasa secara keseluruhan pada suatu website. Desain web memilki komponen yang kompleks saling terkait dan mendukung satu sama lain. Sehingga menciptakan pengalaman / experience yang bagus kepada user.

Perbedaan antara Web Design dengan Web Development

Pada dasarnya, Web Design berbeda dengan Web Development/ Pengembangan Web, Jika Web Development lebih ke arah pengkodean untuk membuat suatu website menggunakan HTML, CSS, PHP dan lain lain sedangkan Web Design kita hanya membuat design tampilan atau desain UI dan design pengalaman user atau desain UX. Web Developer atau Pengembang Web ini menuliskan kode kode dengan acuan desain dari Web Designer.

Mengapa Web Design Penting?

Seperti apapun jenis websitenya Web Design merupakan komponen yang sangat penting. Karena Web Design memberikan first impression atau kesan pertama pada user, Jika kesan pertama tersebut mampu memikat user maka pasti Web yang kita buat akan ramai visitor atau pengunjung.

Bentuk visual memegang peran utama untuk memikat para visitor. Semakin bagus tampilan visual, Semakin mudah akses website, Semakin mampu mendeskripsikan pesan utama dari website anda, Semakin user mudah dan senang mengunjungi website anda.

Dititik ini bisa disimpulkan bahwa Web Design merupakan komponen yang sangat penting pada suatu Website. Semakin bagus website anda semakin banyak visitor maka bisnis yang anda jalankan di Website tersebut juga semakin naik pula.

Nah, setelah tau bagaimana pentingnya Web Design kita lanjut yuk ke materi selanjutnya

Bagaimana sih Web Design yang bagus?

Banyak orang menganggap bahwa desain yang baik dan yang tidak merupakan penilaian subyektif dan relatif setiap orangnya.Dalam dunia Web Design baik tidaknya suatu desain bisa dinilai dari beberapa prinsip dibawah.

Navigation System atau Sistem Navigasi yang baik.

Source : http://www.tutorial-webdesign.com/wp-content/uploads/2012/11/navigation-750×312.jpg

Apapun jenis websitenya navigation system menjadi salah satu senjata baik atau tidaknya sebuah website. Karena navigation system ini semakin bagus maka semakin mudah visitor mengakses website kita.

Lengkap! Inilah 8 Jenis Logo yang Harus Dipahami Desainer Grafis
Source : https://4.bp.blogspot.com/-ejSfk3LAKFc/WqCt-Ji8z3I/AAAAAAAAC4Q/l70_7CbjIIkKmbIkKETLIwfLajLMtP5kACLcBGAs/s1600/Artboard%2B8.jpg

Branding, Logo serta nama pada website kita termasuk hal yang penting dalam website, jadi buat sebaik dan sebagus mungkin, Karena nantinya itu semua akan menjadi identitas dari website kita. Selain nama dan bentuk visual penempatan logo/branding/nama juga harus di perhatikan.

Penggunaan gambar yang baik dan benar.

Source : http://www.tutorial-webdesign.com/wp-content/uploads/2012/11/cewek-motor-750×449.jpg

Visualisasi atau gambar merupakan salah satu cara untuk menarik visitor. Bahkan terkadang visualisasi dalam bentuk gambar lebih mudah dipahami daripada hanya berbentuk teks.

Penggunaan dan penempatan Typography atau teks yang baik dan benar.

What Is Typography? A Deep Dive Into All Terms And Rules
Source : https://www.shillingtoneducation.com/content-blog/uploads/2019/09/Typography_Anatomy.jpg

Hampir 75% dari isi website adalah tulisan, bisa dikatakan tulisan/teks merupakan komponen utama pada suatu website. Tulisan juga salah satu sumber informasi pada sebuah website.

Memanfaatkan multimedia

Source : http://www.tutorial-webdesign.com/wp-content/uploads/2012/11/video.jpg

Tak kalah penting dari gambar, video, animasi. Multimedia memudahkan User / Visitor ketika melihat informasi yang kita sajikan di website kita.

Elemen – elemen Web Design yang harus di hindari

Gambar dan Latar yang mengganggu

Sebagai aturan umum, jauhilah dari gambar yang menggunakan background atau latar belakang. Meskipun ada beberapa contoh, gambar yang mengunakan background gambar tertentu bisa menjadi pilihan yang tepat, dalam kebanyakan kasus gambar dengan backgrounf mengganggu. Karena ini membuat visitor harus berpikir, konsentrasi tinggi untuk menentukan titik fokus.

Desain yang tidak responsif

Apabila website tidak responsif atau tidak mampu menyesuaikan bentuk layar gadget yang digunakan user, maka website yang kita buat menjadi berantakan dan menjadi tidak user friendly.

Link dan Button yang tidak jelas

User tidak harus mencari link dan button, mereka harus dengan cepat menemukan gambar dan potongan teks mana yang akan membawa mereka ke halaman baru atau mengkonfirmasi pilihan mereka. Demikian pula, user harus dapat dengan jelas mengenali bidang yang bisa diisi.

Hard Skill dasar untuk menjadi Web Designer

HTML/CSS

HyperText Markup Language (HTML) adalah bahasa markup standar yang biasa diterapkan untuk membuat sebuah halaman web.

Bahasa markup ini adalah suatu cara untuk membuat notes di dalam dokumen digital. Bahkan HTML termasuk hal paling dasar untuk mengembangkan website.

Sedangkan Cascading Style Sheets (CSS) adalah bahasa pemrograman yang berguna untuk mempresentasikan file HTML yang sudah dibuat. HTML berguna untuk membangun pondasi dari sebuah website.

Javascript/jQuery

JavaScript bekerj untuk menentukan fungsi yang terdapat dalam sebuah website. Terutama jika ingin mendapatkan fitur-fitur yang interaktif seperti audio, video, game, atau animasi yang pastinya membutuhkan JavaScript.

Kemudian adanya jQuery membuat penggunaan JavaScript menjadi lebih cepat, mudah dan simple dalam pembuatan kode.

Version control/Git

Version control adalah proses melacak dan mengontrol perubahan kode yang dilakukan programmer, sehingga tidak harus mengulangi semuanya dari awal ketika terjadi kesalahan.

Software untuk melakukan version control biasanya adalah Git, dimana mampu melacak dan mengontrol bentuk perubahan yang dilakukan agar bisa kembali ke versi kerja sebelumnya.

Bahkan akan mampu menemukan suatu kesalahan tertentu tanpa merusak kodenya.

Responsive Design

Prinsip responsive design dan mengimplementasikan saat coding termasuk kunci utama dari front-end developer. Responsive design merupakan bagian dari framework CSS, misalnya Bootstrap, Semantic UI, dan lain lain.

Keterampilan tersebut sebenarnya saling berelasi, sehingga bisa dengan mudah dipelajari secara perlahan.

Soft Skill dasar yang harus dimiliki seorang Web Designer

Ketrampilan Menulis

Keterampilan menulis merupakan hal yang sangat penting bagi Web Designer agar hasil desain website semakin maksimal. Pasalnya semakin efektif dan baik penulisan, dan portofolio akan semakin baik kesan pertama bagi user.

Gaya Unik

Pastikan web designer memiliki kemampuan yang berbeda dari yang lainnya. Adapun faktor penting dalam mempunyai gaya/style sendiri, yakni memiliki tanda secara khusus karena diluar sana banyak Web Designer dengan gaya yang mungkin sama. Jadi, berikan gaya unik agar client semakin terkesan.

Ketrampilan Komunikasi

Keterampilan harus diikuti baik secara verbal maupun visual. Bahkan bagian mendengarkan akan menjadi peran yang sangat penting.

Pastikan menjadi pendengar yang baik saat klien sedang berbicara. Jika perlu berikan kilen tips menarik agar semakin berkesan dengan aksi komunikasi dua arah tersebut.

Paham tentang SEO

Dasar-dasar SEO atau Search Engine Optimizer sangat penting dalam pengoptimalkan halaman website, sehingga dapat muncul di halaman paling depan mesin pencari Google.

Proyek dalam suatu pembuatan desain web, selama bisa memahami teknik SEO sebagai tambahan uang. Di sisi lain, klien pun lebih menyukai desainer web yang paham akan ilmu lain, seperti SEO.

Menu