APA ITU VISUAL STUDIO CODE

Visual Studio Code merupakan editor kode sumber yang di buat dan diciptakan berbagai software seperti Microsoft untuk Windows, Linux, dan macOS. Fitur ini termasuk dukungan untuk debugging, penyorotan sintaks, penyelesaian kode cerdas, cuplikan, pemfaktoran ulang kode, dan Git yang disematkan. Pengguna dapat mengubah tema, pintasan keyboard, preferensi, dan menginstal saham yang menambahkan fitur tambahan. Visual Studio Code adalah editor kode sumber yang menggunakan berbagai bahasa pemrograman, yaitu Java, Javascript, Go, Nodejs, Python, dan C++, untuk mengembangkan aplikasi web Node.JS yang berjalan di mesin Node.JS. Desain. Visual Studio Code menggunakan komponen editor yang digunakan di Azure DevOps. Microsoft telah merilis sebagian besar kode sumber Visual Studio Code dengan nama “Code-OSS” di repositori Github-nya, dan versi Microsoft adalah perangkat lunak bebas berpemilik. Dalam Survei Pengembang Stack Overflow 2021, Visual Studio Code dinilai sebagai alat lingkungan pengembang paling populer, dan 71,06% dari 82.277 responden melaporkan menggunakannya. Visual Studio Code pertama kali diumumkan oleh Microsoft pada konferensi Build 2015 pada 29 April 2015, dan versi pratinjau dirilis.

FITUR

  • Cross Platform. tersedia di Windows macOS, dan Linux yang berarti Anda masih bisa bekerja di sistem operasi tanpa khawatir mempelajari bahasa pemrograman yang sama untuk sistem yang berbeda.
  • Lightweight. tak perlu menunggu lama untuk memulai. kita dapat mengontrol bahasa, tema, debugger, commands dan yang lain sesuai tujuan dan bisa dijalankan lewat extension.
  • Powerful Editor. berfungsi untuk source code editing yang sangat produktif, layaknya membuat code snippets, IntelliSense, auto correct, dan formatting
  • Code Debugging. merupakan fitur yang sangat amat keren dan juga lebih sering di rekomendasikan oleh aplikasi Visual Studio Code, yang bisa dapat membantu melakukan debug pada kode dengan berbagai cara seperti melihat dan mengawasi kode, variabel, dan juga expresion.
  • Source control. Visual Studio Code memiliki salah satu fitur yaitu source control contohnya Github support dan source code control yang lainnya. fitur yang satu ini dapat mendukung siklus rilis project secara detail dan signifikan.
  • Integrated terminal. Tidak ada lagi multiple windows dan alt-tab. pengguna dapat melakukan command-line task secara cepat dan membuat banyak terminal.

KOMPONEN PADA VISUAL STUDIO CODE

  • Custom: Digunakan untuk menambahkan ekstensi bahasa pemrograman. Konfigurasikan dan mensesuaikan template dengan cara menambahkan ekstensi bahasa pemrograman sehingga kita tidak terlalu sulit untuk harus mengingat fitur bahasa lagi. 
  • Panel perintah: Panel perintah menyediakan berbagai macam akses ke banyak perintah. Kita dapat memberikan perintah editor untuk membuka file, mencari file, dll. Ctrl + Shift + p.
  •  Terminal Integrital: Terminal Integrital digunakan untuk menjalankan skrip di editor. Kita dapat menjalankan editor skrip langsung di terminal tanpa membuka terminal tambahan.
  •  Extension: Extension adalah salah satu keunggulan kode Visual Studio. Extension digunakan untuk memperluas fungsi editor dan juga dapat membantu pengembang dalam pemrograman.
  •  Pencarian: Fungsi pencarian Kode Visual Studio juga sangat cepat. Selain kecepatan pencarian data dan kueri, juga akan mencari hingga ke tata letak editor Grid level konten tersebut , kami juga sangat mudah mengelola Visual Studio code, kami Grup editor dapat dengan mudah di konfigurasi dalam tata letak
  • Lingkungan cloud: Kami juga dapat melakukan beberapa hal di dalam lingkungan cloud melalui Visual Studio Code, seperti membuat database, menjalankan perintah, memasukkan, memperbarui, menghapus, dan lain lain.

Kelebihan Visual Studio Code

  • Mudah untuk mengelola extention
  • Memiliki extention yang banyak
  • Kontribusi tampilan
  • Dukungan bahasa
  • Text editor Gratis
  • Dapat membuat Snippet sendiri
  • Mudah dalam memahami dan mempelajari coding
  • Dapat membuat website secara praktis
  • Dapat mendesain website dengan mudah

Bahasa Pemrograman yang digunakan

  • JAVA

Java sendiri merupakan salah satu bahasa yang sangat populer dan juga sering dijalankan di macam macam platform yang berbeda-beda. Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat di jalankan di berbagai macam komputer, dan bisa juga di ponsel. Awal mula dibuatnya Java oleh James Gosling, yang masih berada di Sun Microsystems. Java sekarang menjadi bagian dari Oracle dan dirilis pada tahun 1995. Pemrogram Java memanfaatkan satu set kelas di perpustakaan Java yang disebut Java Application Programming Interface (API). Kelas ini di atur di dalam kelompok yang biasanya disebut paket. Java API dapat membangun aplikasi tingkat tinggi dan program kecil dengan menyediakan berbagai fungsi fungsi yang sesuai, sehingga hanya ada dua hal yang dapat di pelajari di Java, contohnya yaitu cara menggunakan kelas-kelas di Java dan juga mempelajari bahasa Java. Dan ada cara lain selain kelas, ini adalah contoh satu-satunya cara untuk mendeklarasikan bagian eksekusi program. Di dalam Java, program javac mengkompilasi file sumber Java ke dalam kelas bytecode. File kode sumber ini juga memiliki ekstensi java. Kompiler javac yang juga menghasilkan file bytecode kelas dengan ekstensi kelas. Interpreter adalah modul yang terutama dari Java yang biasanya di gunakan oleh Java sendiri untuk melakukan eksekusi program bytecode Java.

  • Javascript

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang biasanya dirancang untuk merubah di browser. Tetapi lama kelamaan berganti zaman, JavaScript tidak berjalan di browser atau di website saja. Javascript juga dapat di gunakan layak nya sisi server, game, IoT, desktop, VSCODE, dll. Javascript awalnya disebut Mocha, dan kemudian diubah menjadi LiveScript ketika Netscape Navigator 2.0 beta browser (September 1995) dirilis. Namun, setelah itu, berganti nama menjadi Javascript. Javascript memuat program program yang berinteraksi dengan kontrol website,pengguna atau user, secara dinamis yaitu membuat HTML konten. Mekanisme dari klien klien JavaScript kini menyediakan sangat banyak keuntungan yang sangat jauh di bandingkan dengan CGI script. contoh nya, Kita juga dapat menggunakan JavaScript untuk checking atau memeriksa apabila pengguna tersebut telah selesai menginput alamat e-mail yang sah dan benar di bagian formulir utama. Pelaksanaan JavaScript di jalankan pada waktu pengiriman berbagai banyak formulir, dan hanya beberapa saja yang bisa , mereka akan melakukan pengiriman di dalam Website Server. JavaScript layaknya dijalankan untuk menjebak prekarsa , caranya adalah yaitu klik tombol, navigasi, atau tindakan yang lain nya yang pengguna bisa juga memulai secara eksplisit maupun mutlak.

  • GO

Go merupakan bahasa pemrograman terbuka yang mudah di mengerti, sederhana, dan sangat efisien. Go juga mempunyai tingkat level yang sama persis nya layaknya Java. bahasa pemrograman yang di gunakan dan di ketik secara cukup detail dalam bahasa C, dengan fitur penempatan sampah, penulisan struktur, keamanan memori, dan pemrograman yang baik dan benar serta berurutan.  IDE juga telah di sediakan oleh Google dari awal sampai akhir secara bebas maupun sumber yang cukup terbuka.

  • NODE JS

Node.js ini merupakan bahasa pemrograman yang dibuat untuk mengembangkan aplikasi berbasis dasar website dan diketik maupun ditulis di JavaScript. dan sekarang ini kita juga dapat sangat mudah mengenal apa itu bahasa pemrograman JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang bisa berjalan di client / web saja, maka Node.js ada juga fungsinya seperti melengkapi peran JavaScript dapat juga berlaku seperti bahasa pemrograman yang sudah berjalan di server yang amat penting, contohnya yaitu seperti PHP, Ruby,VSCode, dan masih banyak yang lainnya.

  • Phyton

Python adalah bahasa pemrograman yang amat populer. Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh pria bernama Guido van Rossum dan bahasa pemrograman ini dikenalkan sejak tahun 1991. Ketika ingin memulai mempelajari Python, sebaiknya memahami terlebih dahulu apa arti Python, dan pengguna wajib mengetahui lebih dulu cara kerja bahasa pemrograman phyton tersebut. Python juga termasuk bahasa pemrograman yang cukup mudah untuk dipelajari dan juga dimengerti. Bahasa pemrograman Python sangat sering di gunakan ataupun di jalankan di segala bidang seperti game, sistem dasar website, dan juga bahasa pemrograman phyton bisa dengan mudah membuat mesin pencari. Fungsi phyton atau manfaat phyton pada umumnya yaitu bahasa pemrograman ini dapat di pakai dalam pengembangan website, pengembangan software, matematika, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • C++

Bahasa Pemrograman C++ ini adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan sampai saat ini.C++ ini muncul di tahun 1970an. Bahasa ini di ketik dan diciptakan oleh seseorang bernama Bjarne Stroustrup. Bahasa C++ ini telah dikembangkan lagi menjadi multi purpose programming language yang bisa dipakai untuk membuat berbagai aplikasi, terutama yaitu aplikasi desktop. Bahasa C++ ini merupakan pengembangan dari bahasa C yang sudah lebih dulu populer.

Menu