APA ITU ADOBE PREMIERE PRO?

Adobe Premiere Pro adalah software editing video professional, juga biasa digunakan para editor editor video oleh para youtuber content creator dan juga biasa digunakan untuk mengedit tentang perfilman, Premiere pro sendiri juga merupakan software editing terfavorit sampai kini, adobe premiere pro sendiri juga dapat digunakan untuk pengeditan online maupun offline jadi kita bisa melakukan editing video kapan saja dan dimana saja sesuai keinginan kita, Adobe premiere pro telah bergabung dalam Adobe CC (Adobe Creative Cloud), Software ini juga bisa di kombinasi dengan aplikasi lain yang dibutuhkan untuk pengeditan video contohnya seperti Adobe Photoshop (CC), Adobe After Effect (CC), Adobe Illustrator (CC), dan yang lainnya. atau dalam arti lain yaitu contohnya kita membuat sebuah ilustrasi menggunakan Adobe Illustrator lalu kita memberikan efek efek yang lain menggunakan Adobe After Effect dan juga kita bisa mengimport foto foto yang telah kita edit di Adobe Photoshop juga bisa diimport atau olah kembali menjadi video di Adobe Premiere pro.

Di dalam Adobe premiere pro para editor juga bisa mengedit berbagai macam format video dengan resolusi yang berbeda-beda mulai dari yang terendah hingga tertinggi yang terendah yaitu 144 sampai yang tertinggi yaitu 8K bahkan bisa sampai virtual reality juga. Kita diberikan fasilitas editing yang cukup praktis, fitur yang lengkap dan juga mudah untuk dikelola. Di dalam adobe premiere pro ini kita juga di berikan puluhan preset secara gratis sehingga kita tidak perlu bingung untuk melakukan editing transisi pada setiap video. Adobe Premiere sendiri adalah bagian dari Adobe Creative Suite, yang merupakan kumpulan desain grafis, pengeditan video, dan pengembang beberapa aplikasi website yang diciptakan oleh Adobe Systems. Premiere Pro mendukung banyak sekali fitur pengeditan video dan plug-in untuk menjalankan pemrosesan, dukungan format file tambahan, dan efek video/audio.

SEJARAH DARI ADOBE PREMIERE PRO

Sejarah Adobe premiere pro sendiri sebagai software editing yang paling handal hingga kini masih banyak digunakan oleh para editor editor video. berikut adalah versi sejarah adobe premiere pro:

  • Adob​​e Premiere Versi 1/ ADOBE PREMIER 1.0
    Adobe premiere versi 1 ini dirilis pada Desember 1991. Platform lama yaitu OS Apple Mac, bukan Windows, dan beberapa fitur telah di rubah sebagai berikut:
    • Versi pertama dari pemutaran perdana
    • Dukungan format QuickTime multimedia dan VideoSpigot
      dukungan gambar PICT
    • Menyediakan pembuatan resolusi film hingga 160 x 120 pixel
    • Audio 8-bit yang didukung
    • Mendukung output ke rekaman video
  • Adobe Premiere 4.2/ADOBE PREMIER 4.2
  • Versi berikut ini telah rilis pada April 1996, masih dibawah platform sistem operasi Windows, beberapa fungsi dan fitur pengembangan sebagai berikut:
  • arsitektur 32-bit
  • Dukungan nama file panjang
  • Kompilasi latar belakang
  • Pembuat film batch
  • Dukungan keluaran 4K
  • Dukungan tombol kanan mouse
  • Hapus instalan utilitas
  • Adobe Premiere CS5.5. telah rilis pada tanggal 3 Mei 2011, dengan tambahan fitur sebagai berikut:
    • Playback Engine Mercury menyediakan dan mendukung kartu NVIDIA (Geforce GTX 570, 580, Quadro FX 3700M, FX 3800M, 2000, 2000D, 2000M, 3000M, 4000M, 5010M, 6000)
    • Akselerasi MPE untuk lebih banyak efek video
    • Gabungkan klip audio sistem ganda
    • Integrasi Adobe Audition CS5.5
    • Tingkatkan ucapan-ke-teks menggunakan skrip Adobe Story
    • Dukungan metadata Canon XF

FITUR FITUR PADA ADOBE PREMIERE PRO:

  1. Transisi
  2. Scene edit detection
  3. Color grading
  4. Audio asset/Adobe stock audio

APA ITU TRANSISI?

Transisi adalah sebuah perubahan scene pada setiap video contohnya seperti scene 1 lalu dipisahkan dengan scene 2 secara aesthetic dan lebih terlihat professional dalam dunia editing. Transisi pada adobe premiere pro juga adalah momentum yang sangat penting dalam editing video, Transisi tersebut bisa dengan mudah di aplikasikan di adobe premiere pro dengan cara:

PANEL EFFECTS

Klik pada panel effects lalu pilih lagi video transition lalu pilih transisi video apa yang dibutuhkan tetapi jumlah effect yang ada pada transition tersebut tergantung versi dari adobe premiere pro yang diinstal pada sistem sendiri mulai dari Adobe Premiere Pro 2015 Adobe Premiere Pro 2016 Adobe Premiere Pro 2017, Adobe Premiere Pro 2018, dan Adobe Premiere Pro 2019. jumlah transisi nya berbeda beda. folder effects ini memberikan jenis transisi yang hampir sama, tapi menghasilkan hasil video yang berbeda di dalam layar.

Import Effect Transisi Pada Video

Klik transisi yang diinginkan pada folder effects tadi lalu import ke dalam video, lalu drop transisi pada bagian klip video kadang transisi ini diletakkan di awal klip video dan bisa juga di akhir klip video. dan jangan lupa untuk melakukan cut di setiap scene video caranya adalah klik ctrl C pada keyboard di bagian bagian klip video yang diinginkan.

Penyesuaian Transisi

Klik di bagian awal dan akhir transisi kemudian letakkan pada klip video untuk diperpanjang atau di perpendek sesuai selera, dan kita harus memperhatikan di setiap transisi kita harus menyesuaikan posisi nya. Dan jika kita sudah bosan dengan effect transisi tersebut kita bisa mengganti dengan transisi lain yang telah tersedia di dalam folder effects pada Adobe Premiere Pro dengan cara yang hampir sama.

SCENE EDIT DETECTION

Fitur ini merupakan fitur yang terbaru di Adobe Premiere Pro. Scene Edit Detection ini memudahkan kita mengedit cuplikan video secara otomatis dengan cara klik kanan di klip video, pilih “Scene Edit Detection” lalu kita berikan tanda atau bisa juga di cut secara langsung. fitur ini sangat berguna bagi editor editor video di luar sana karena telah diberikan fitur edit cuplikan video yang otomatis dan fitur ini juga merekomendasikan klip klip yang sebaiknya di potong atau edit di setiap video.

COLOR GRADING

Color Grading adalah sebuah fitur dari Adobe Premiere Pro yang bisa membantu proses pengeditan warna yang sangat bagus, fitur color grading ini menyediakan HRD range color dengan space color REC-2100 sehingga color grading ini menjadikan video kita lebih menarik dan dinamis. Tool yang digunakan untuk color grading antara lain yaitu lumetri color. Warna pada video adalah salah satu elemen dasar desain grafis dan cerita visual. Pemilihan warna memang sangat penting dalam editing video baik itu dari mode setting, ataupun color grade. Editor editor video sering menggunakan dan merubah rubah warna untuk membuat suasana dalam pembuatan film mereka menjadi lebih menarik. Mereka berlomba-lomba dalam membuat sinematografi menjadi visual cinematic yang artistik dan menarik. Pada sebuah film, warna sangat berpengaruh untuk menentukan suasana/cerita di dalam film tersebut. Oleh karena itu color grading ini menjadi fitur yang sangat penting di kalangan editor video.

ADOBE STOCK AUDIO

Adobe Stock Audio merupakan library yang berisi asset audio free-royalty dan bisa digunakan untuk mengedit video apapun yang kita inginkan, yang di unggulkan dari Adobe Stock Audio tersebut yaitu kita dapat melakukan filter lagu sesuai mood, tempo, durasi dan genre yang kita inginkan. Kita juga bisa mengatur pelan kerasnya suara dengan mudah di dalam fitur ini.

Menu