Apa itu Android ?

Zaman sekarang banyak orang orang pada kalangan orang tua, anak muda bahkan anak anak banyak yang menggunakan smartphone, dari sekian banyak smartphone itu menggunakan sistem Android untuk meperlancar pengaplikasian.

Android merupakan operating system atau sistem operasi berbasis Linux yang dikeluarkan oleh Google dan dirancang khusus untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti smartphone dan tablet, Android merupakan sistem operasi terpopuler,mengapa Android menjadi sistem operasi terpopuler? Karena Android menyuguhkan fitur fitur canggih dan tampilan yang cantik untuk penggunanya.

Android juga memberikan kemudahan untuk menjalankan berbagai Aplikasi , Sistem Android juga dapat digunakan untuk alat multimedia seperti pemutar musik atau video.

Development Kit untuk Developer

Aplikasi android dikembangkan menggunakan aplikasi Android Studio. Menurut artikel dari WIKIPEDIA Android Studio adalah Integrated Development Enviroment untuk sistem operasi Android, yang dibangun di atas perangkat lunak JetBrains IntelliJ IDEA dan didesain khusus untuk pengembangan Android. IDE ini merupakan pengganti dari Eclipse Android Development Tools yang sebelumnya merupakan IDE utama untuk pengembangan aplikasi android.

Android Software Development Kit merupakan kit yang bisa digunakan oleh para developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android. Untuk mengembangkan aplikasi android para developer sering menggunakan bahasa pemrograman Java dan ada juga bahasa pemrograman lainnya yang bisa digunakan yaitu C++ dan Go.

Kelemahan dan Kelebihan Android

Berikut kelebihan yang dimiliki Android yaitu android bersifat open source sehingga mudah untuk developer untuk mengembangkan Android, Multitasking yang dapat menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu yang bersamaan, mudah untuk notifikasi karena setiap muncul notifikasi sms, facebook dan banyak lagi dapat langsung ada di Home Screen, terdapat Android Market, Akses mudah untuk banyaknya aplikasi melalui Play Store, Ini mendukung grafik 2D dan 3D, Banyaknya Ponsel yang beraneka ragam dan masih banyak lagi kelebihan dari Android.

Untuk Kelemahan Android yaitu Android harus selalu terkoneksi internet, penggunaan baterai yang terbilang boros dan masih harus sering mengisi daya baterai, untuk pembaruan android tidak secara langsung tersedia di perangkat.

Sejarah Perkembangan Android

Awalnya Android ini dikembangkan oleh perusahaan Android yaitu inc, yang dimiliki oleh Andy Rbin, pada awalnya Android ditargetkan untuk perangkat kamera digital, tetapi pencipta Android berpendapat bahwa pasar untuk perangkat kamera digital kurang besar sehingga penggunaan Android diubah menjadi smartphone dan pada tahun 2005 Google mengakuisisi Android sebesar $50 juta.

Di setiap versi pada sistem Android menggunakan huruf Alfabet secara berurut dan pada setiap namanya menggunakan nama nama dessert atau makanan penutup.

2008 – Android 1.0

Android ini merupakan android yang pertama kali dirilis pada tahun 2008, dan sistem operasi yang masih sangat sederhana.

2009 – Android 1.5 Cupcake

Android versi ini dirilis tanggal 27 April 2009 dengan menggunakan nama sebuah makanan manis, untuk versi Android 1.5 ada penambahan fitur fitur seperti mengunggah vidio ke youtube, merekam dan menonton dengan sebuah kamera.

2009 – Android 1.6 Donut

Pada bulan September rilis lagi Android 1.6 Donut, dengan fitur kontak pencarian yang lebih baik dari sebelumnya, keragaman pada ukuran layar, dan memiliki Android market.

2009 – Android 2.0 Eclair

Android 2.0 dengan nama Eclair merupakan Android versi 2.0 yang mengalami perubahan pada peningkatan pada Google Maps 3.1.2, pengoptimalan Hardware, digital zoom, Bluetooth 2.1.

Semakin banyak pihak ketiga yang berminat menyalurkan aplikasi mereka ke OS Android dikarenakan semakin berkembang dan bertambahnya jumlah handset Android.

2010 – Android 2.2 Frozen Yoghurt (Froyo)

Pada 20 Mei 2010 Android 2.2 Froyo dirilis, Froyo atau Frozen Yoghurt merupakan sebuah desert beku yang terbuat dari yoghurt, Android 2.2 Froyo meluncurkan beberapa fitur baru seperti portable hotspot, wifi, integrasi v8 javascript yan dipakai Google Chrome dengan kemampuan mempercepat rendering browser.

2011 – Android 2.3 Gingerbread

Masih dengan nama makanan, Google kembali merilis Android 2.3 Gingerbread fitur yang dikembangkan pada Android Versi 2.3 adalah peningkatan fungsi Copy Paste, dukungan multi kamera pada perangkat, Gaming APIs,NFC.

2011 – Android 3.0 Honeybomb

Pada 22 Februari 2011 Google merilis Android 3.0 dengan nama Honeybomb untuk fitur yang dikembangkan pada Android ini yaitu Tablet-Friendly Design, System bar dan Quick setting.

2011 – Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011, Android versi ini mirip dengan versi Honeybomd dengan  menambahkan fitur baru yaitu membuka kunci dengan pengenalan wajah, Custom Home Screen, Data Usage Control dan Android Beam.

2012 – Android 4.1 Jelly Bean

Android Versi 4.1 mengembangkan Fitur dengan penggunaan teks dua bahasa, papan ketik yang bisa di modifikasi peningkatan aplikasi kamera, gerakan satu jari untuk menampilkan atau menyembunyikan notifikasi dan peningkatan pada pencarian suara, Account Switching.

2013 – Android4.4 KitKat

Google kembali merilis Android Versi 4.4 dengan nama KitKat ini dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013. Pada versi ini Google menambahkan fitur perintah suara “Ok Google”, Immersive Design, Smart Dialer.

2014 – Android 5.1 Lolipop

Nama Lolipop dipilih Android untuk versi terbarunya yaitu versi 5.1 yang dirilis pada tanggal 12 November 2014, untuk Fitur yang ada pada versi ini yaitu desain anatarmuka yang lebih baik, meningkatkan daya hidup baterai 30 % lebih tahan lama.

2015 – Android 6.0 Marsmallow

Versi ini muncul fitur terbaru yaitu Now On Top, Permissions dan Battery (Doze & App Standy).

2016 – Android 7.0 Nougat

Tahun 2017 Google kembali merilis dengan mengeluarkan fitur emoji pada papan ketik, dukungan gambar yang lebih bagus dengan multi window dan kemampuan layar zoom.

2017 – Android 8.0 Oreo

Android 8.0 Oreo resmi diluncurkan pada tanggal 21 Agustus 2017, Fitur pada Android ini yaitu Aplikasi picture in picture yang berguna untuk melihat dua aplikasi dalam satu tampilan, untuk fitur Notifications dots ini lebih memudahkan pengguna untuk mengetahui notifikasi baru hanya dengan mengetukkan pada aplikasi.

2018 – Android 9 Pie

Pada versi ini Android pie melakukan perubahan pada ui tampilan yang dirubah menjadi lebih bagus, untuk fiturnya yaitu Adaptive Battery dan Adaptive Brightness.

Mengapa nama OS Android selalu Makanan?

Masih belum ada jawaban pasti dari Google mengapa android selalu menamai menggunakan nama makanan manis, menurut artikel yang saya baca, sistem android sudah digunakan jutaan pengguna sejak lama, Setiap versi dari android memiliki kecanggihannya masing masing.Karena makanan manis biasanya membuat perasaan seseorang menjadi senang maka Google mulai mengeluarkan versi versi android dengan nama makanan manis, kenapa tidak menggunakan nama hewan? Mungkin karena teknisi ingin merasakan manisnya kesuksesan dengan perumpamaan nama manis manis.

Menu