Cerita

Open Source Intelegent mungkin terdengar asing bagi orang yang belum mngerti apa itu OSINT (open source intellegent), saya sendiri mengetahui tentang ilmu osint ini dari beberapa pengalamanku mengikuti lomba CTF Capture The Flag yang didalam kompetisi itu terdapat beberapa kategori seperti cryptography, digital forensic, binary analisis, reverse enginnering, web exploitation, dan OSINT (open source intellegent).

tetapi kali ini saya menjelaskan tentang osint, mungkin beberapa orang masih bertanya – tanya apa itu osint dan gimana cara kerjanya. pernahkah kalian berfikir bagaimana seorang jurnalis investigasi atau penegak hukum mengkumpulkan beberapa informasi yang tidak semua orang tau atau tidak jelas informasinya?.

Di Indonesia sendiri sudah ada cionoth beberapa jurnalis televisi mengguanakn metode OSINT ini untuk menemukan informasi yang tersebar luas di jejaring internet conothnya seperti Narasi Newsroom dalam judul “62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah” , dan mungkin dari kalian sudah ada yang tau dengan instilah open source intelligence ini

Apa itu OSINT (Open Source Intelligent)?

uatu metode untuk mengumpulkan, menganalisis, serta membuat suatu leputusan tentang data yang dapat diakses di ruang publik. Di jejaring Internet “open source“ ini mengacu informasi yang tersedia di ruang publik secara online, dan “Intellingent” itu suatu informasi yang dikumpulkan untuk tujuan analisis data dengan bijak. pada intinya OSINT ini informasi yang dikmpukan dari sumber ruang publik secara online.

Metode OSINT ini sering digunakan oleh aparat penegak hukum dan jurnalis untuk memecahkan masalah atau mencari sebuah informais untuk dianalisa dan mengambil keputusan. metode ini tidak meliput untuk mengetahui informasi yang bersifat pribadi seperti contoh pesan teks email atau sms antara teman.

contoh hal simpel dari OSINT adalah pencarian google yang dimanna kita mengetikan nama di google menampilkan informasi yang banyak dan tersebar di ruang publik online ini. Tak hanya di mesin pencarian google saja masih bisa selancar lagi lebih dalam ke deep web, bahkan OSINT sendiri ada kompetisinya disebut dengan Tracelabs.

Siapa yang menggunakan OSINT ?

di era sekarang ini OSINT tidak hanya digunakan oleh aparat penegak hukum saja,, banyak orang profesional yang bekerja di berbagi industri perusahaan yang membutuhkan skill ini, berikut orang yang menggunakan osint:

a. Penegak Hukum

sudah jelas mereka mengguankan metode ini juga untuk keperluan investigasi dan mengumpulkan bukti untuk sebuah kasus kejahatan.

b. Cyber Security

para profesional cyber security ini juga mengguankan metode osint ini untuk mengumpulkan data data yang ia butuhkan, seperti mengidentifikasi peretas.

c. Jurnalis

seorang jurnalis juga menggunakan metode osint ini untuk mengumpulkan sebuah informasi tentang suatu hal dan membatu mereka untuk pelaporan investigasi.

apakah kalian tertarik menjadi seorang yang menggunakan metode osint ini untuk investigasi?.

Apa kelebihan dan kekurangan dari metode OSINT ini?

Kelebihan

kelebihan dari metode osint ini adalah metode pengumpulan data yang paling murah karena bisa dilakukan oleh siapapun, namun tidak boleh melanggar aturan undang – undang perlindungan data, dan menjadi sebuah alat untuk para pegiat investigasi dalam mencari bukti atau inforrmasi kasus kejahatan dan lain – lain.

Kekurangan

kekurangan dari metode osint ini tidak adanya filtering mana yang data asli dan palsu jadi sebagai seorang pegiat ini harus menganalisi data dan pintar pintanya mengolah data untuk mendapatkan informasi yang benar – benar valid.

Sumber data untuk analisis OSINT?

dari mana saja sumber data itu bisa didapatkan dalam metode osint ini, ada berbagai macam sumbernya berikut informasinya:

1. Internet

internet menjadi sumber utama data yang dapat ditemukan secara mudah, karena banyak data yang tersebar di ruang publik secara online. contohnya dari facebook, instagram, twitter dan platform social media lainnya.

2. Media

sumber yang berbentuk fisik ini bisa menjadi sumber juga sebagai contoh: koran, majalah, televisi dan radio.

3. Data Pemerintahan

pastinya ada informasi yang masih bisa diakses publik yang dapat diguanakan secara bebas dan terbuka, jangan lupa utnuk bertanggung jawab dengan datanya ya, hehe, contohnya: situs web resmi, laporan pemerintah publik dan konferensi pers.

4. Jurnal atau Publikasi dari akademik dan profesional

ini merupakan informasi yang berbentuk jurnal atau laporan dan semacamnya.

Tools apa saja yang digunakan dalam OSINT?

dari pengalaman saya sebelumnya ada banyak tools yang dapat digunakan namun yang paling umum dan sudah pernah saya coba adalah tools osintframework.

osintframework merupakan situs web yang digunakan banyak praktisi atau orang mengguankan metode osint ini di dalamnya terdapat bantak tools dari searching similat image sampai find email address.dapat diakses di  link berikut https://osintframework.com/

screen shoot OSINT FRAMEWORK

eitsss belum selesai masi ada GEOINT (Geospatial Intellegent), penasarankan apa itu GEOINT simak berikut.

Apa itu GEOINT (Geospatial Intellegent) ?

merupakan sebuah informasi aktivitas manusia yang diperoleh dari eksploitasi dan dari hasil menganalisis informasi geospasial yang di deskripsikan, menilai dan menggambarkan secara visual dan aktivitas yang dideferensiasikan secara geografis di muka bumi.

lalu manfaat dari geoint apa?

Manfaat GEOINT

berikut manfaat jika menggunakan metode geoint:

  1. memberikan informasi bencana alam.
  2. memberikan informasi historis, sensus, SDA, dan geologi untuk industri transportasi.
  3. bermanfaat bagi orang yang berkutik di dunia agriculture.
  4. di sebelumnya tentang datascience untuk self driving juga membutuhkan data GEOINT presisi untuk kesalamatan pengendara dan kendaraan.
  5. dan sebagai penjejakan lokasi.

Siapa yang menggunakan GEOINT?

karena geoint memiliki banyaka manfaat orang biasapun bisa menggunakan metode geoint ini untuk keperluan positif dan siapa saja sih yang menggunakan geoint.

1. Aparat penegak hukum

yap aparat bisa menggunakan metode geoint ini untuk mengetahui medan wilayah atau mencari informasi suatu wilayah tertentu.

2. Tim SAR

merupakan tim yang membantu bila terjadi bencara alam ini juga dapat menggunakan geoint ini untuk kepentingan mencari jalur evakuasi.

3. Pemadam Kepakaran

pemadam kebakaran juga bisa menggunakan metode ini apabila ada kebakaran hutan utnuk mencari titik kebakaran dan jalur penyebaran api dengan melihat kondisi geografis.

 dan masih banyak element lain yang bisa menggunakan metode geoint ini untuk kepentingan bersama dan individual dengan tujuan yang positif.

Kesimpulan

adi yang membedakan OSINT dengan GEOINT adalah bentuk pengumpulan informasi atau datanya di dalam OSINT bentuk kumpulan data yang bisa dicari di ruang publik secara online maupun offline, sedangkan GEOINT merupakan metode dengan pengumpulan dara kondi geografis yang bisa dilihat atau dianalisi menggunakan map atau peta dan denah. Keduannya sama sama bermanfaat bagi orang yang bekerja di bidang analisa data mau itu penegak hukum sangat bermanfaat dan mempermudah kegiatan atau pekerjaan sehingga tidak membuang waktu dengan cara tradisional.

Menu