Pengertian MySql

MySQL saat ini adalah perangkat lunak manajemen basis data yang paling populer yang digunakan untuk mengelola database relational. Ini adalah software basis data open-source, yang didukung oleh perusahaan Oracle. Hal ini cepat, skala, dan mudah untuk menggunakan sistem manajemen basis data dibandingkan dengan server Microsoft SQL dan Oracle Database. Hal ini umumnya digunakan dalam Konjungsi dengan skrip PHP untuk membuat server-sisi kuat dan dinamis atau aplikasi perusahaan berbasis web.

Dikembangkan, dijual, didukung oleh MySQL AB, sebuah perusahaan Swedia, dan ditulis dalam bahasa pemrograman C dan bahasa C++. Banyak perusahaan kecil dan besar menggunakan MySQL. MySQL mendukung banyak sistem operasi seperti Windows, Linux, MacOS, dll. dengan C, C++, dan bahasa Java.

MySQL adalah Sistem Manajemen Basis data relasional (perangkat lunak RDBM) yang menyediakan banyak hal, yang sebagai berikut:

  • memungkinkan kita untuk menerapkan operasi basis data pada tabel, baris, kolom, dan indexes.
  • mendefinisikan hubungan basis data dalam bentuk tabel (Koleksi Baris dan kolom), juga dikenal sebagai hubungan.
  • menyediakan integritas referensial antara baris atau kolom dari berbagai tabel.
  • memungkinkan kita untuk memperbarui indek tabel secara otomatis.
  • menggunakan banyak kueri SQL dan menggabungkan informasi yang berguna dari beberapa tabel untuk pengguna-akhir.

Bagaimana MySQL Bekerja?

MySQL
Source: www.javatpoint.com

MySQL mengikuti kerja Arsitektur server-klien. Model ini dirancang untuk klien end-pengguna yang disebut klien untuk mengakses sumber daya dari komputer pusat yang dikenal sebagai server Menggunakan layanan jaringan. Di sini, klien akan membuat permintaan melalui Antar muka pengguna grafis (GUI), dan server akan memberikan keluaran yang diinginkan segera setelah instruksi dicocokkan. Proses lingkungan MySQL sama dengan model server-klien.

Inti dari database MySQL adalah Server MySQL. Server ini tersedia sebagai program terpisah dan bertanggung jawab untuk menangani semua instruksi basis data, pernyataan, atau perintah. Kerja Database MySQL dengan Server MySQL adalah sebagai berikut:

  • MySQL menciptakan database yang memungkinkan Anda untuk membangun banyak tabel untuk menyimpan dan memanipulasi data dan mendefinisikan hubungan antara setiap tabel.
  • Klien membuat permintaan melalui layar GUI atau prompt perintah dengan menggunakan ekspresi SQL spesifik pada MySQL.
  • Akhirnya, aplikasi server akan merespon dengan ekspresi yang diminta dan menghasilkan hasil yang diinginkan pada sisi klien.

Seorang klien bisa menggunakan MySQL GUI. Tapi, pastikan GUI-mu lebih ringan dan bersahabat untuk membuat aktivitas manajemen datamu lebih cepat dan lebih mudah. Beberapa yang paling banyak digunakan MySQL GUIs adalah meja kerja MySQL, Payetelpro, DBVisualizer, dan alat Admin Navicat DB. Beberapa GUIs komersial, sementara beberapa gratis dengan fungsionalitas terbatas, dan beberapa hanya kompatibel dengan MacOS. Dengan demikian, kau bisa memilih GUI sesuai dengan keinginanmu.

SQL

Ingatlah bahwa MySQL dan SQL tidak sama. SQL di MySQL berdiri untuk bahasa Permintaan terstruktur. Ini adalah bahasa standar yang digunakan untuk berinteraksi dengan database. Dan MySQL adalah sistem manajemen database yang membantu memanipulasi database yang disimpan dalam tabel yang berbeda dalam komputer.

Ada 3 jenis SQL yang harus kalian ketahui, yaitu Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language(DML), dan Data Control Language (DCL).

Data Definition Language (DDL)

DDL adalah nama pendek dari Data Definition Language, yang berhubungan dengan skema basis data dan Deskripsi, tentang bagaimana data harus berada dalam basis data.

CREATEDigunakan untuk membuat tabel dan database.
DROPDigunakan untuk menghapus database dan tabel.
ALTERDigunakan untuk mengubah struktur tabel yang sudah ada.

Digunakan untuk mengganti field menggunakan perintah “Change”,  dan mengubah namanya menggunakan perintah “Rename”, atau menghapus field menggunakan perintah “drop”,  menambahkan field menggunakan perintah “Add”.

Data Manipulation Language (DML)

DML adalah singkatan dari Data Manipulation Language  yang berkaitan dengan manipulasi data dan termasuk pernyataan SQL yang paling umum seperti pilih, Sisipkan, DELETE, dll., dan digunakan untuk menyimpan, memodifikasi, mengambil, hapus dan update data dalam suatu basis data.

INSERTDigunakan untuk memasukkan data ke dalam tabel pada database.
UPDATEDigunakan untuk mengubah data yang ada di dalam tabel pada database.
DELETEDigunakan untuk menghapus data di dalam tabel pada database.

Data Control Language (DCL)

DCL biasa digunakan untuk memberikan hak akses database,mengalokasikan space ,  mendefinisikan space, dan melakukan audit penggunaan database.

GRANTDipakai untuk memberikan izin kepada user untuk mengakses database.
REVOKEDipakai untuk membatalkan izin user untuk mengakses database.
COMMITDipakai untuk menetapkan penyimpanan pada database.
ROOLBACKDipakai untuk membatalkan penyimpanan pada database.

Kenapa MySql sangat populer?

MySQL menjadi begitu populer karena alasan-alasan berikut:

  • MySQL adalah database open-source, jadi kau tidak perlu membayar sepeserpun untuk menggunakannya.
  • MySQL adalah program yang sangat kuat yang dapat menangani satu set fungsionalitas besar dari paket Basis data yang paling mahal dan kuat.
  • MySQL ini dapat diubah ukurannya karena ini adalah basis data sumber terbuka, dan lisensi open-source GPL memfasilitasi programmer untuk memodifikasi perangkat lunak SQL menurut lingkungan tertentu mereka sendiri.
  • MySQL lebih cepat daripada database lain, sehingga dapat bekerja dengan baik bahkan dengan set data besar.
  • MySQL mendukung banyak sistem operasi dengan banyak bahasa seperti PHP, PERL, C, C++, JAVA, dll.
  • MySQL menggunakan bentuk standar Bahasa data SQL yang terkenal.
  • MySQL sangat bersahabat dengan PHP, bahasa yang paling populer untuk pengembangan web.
  • MySQL mendukung database yang besar, hingga 50 juta baris atau lebih dalam sebuah meja. Batas ukuran berkas bawaan bagi sebuah tabel adalah 4GB, tetapi Anda dapat meningkatkan ini (jika sistem operasi Anda dapat mengatasinya) ke batas teoritis dari 8 juta terabytes (TB).

Sejarah MySQL

Proyek MySQL dimulai tahun 1979 ketika penemu MySQL, Michael Widenius, mengembangkan alat basis data in-house, yang disebut UNIREG untuk mengelola database. Setelah itu, UNIREG telah ditulis ulang dalam beberapa bahasa yang berbeda dan diperpanjang untuk menangani basis data besar. Setelah beberapa waktu, Michael Widenius menghubungi David Hughes, penulis mysql, untuk melihat apakah Hughes akan tertarik menghubungkan mSQL dengan UNIREG’S B+ Isam handler untuk memberikan pengindeksan kepada mSQL. Itulah cara MySQL ada.

MySQL memperoleh popularitas yang mantap antara rumah dan pengguna profesional dan pada tahun 2001, mysql  memiliki 2 juta instalasi aktif. Pada tahun 2002, perusahaan memperluas jangkauan dan membuka markas AS sebagai tambahan ke markas besar Swedia. Tahun yang sama, diumumkan bahwa keanggotaan dari mysql melebihi 3 juta pengguna dengan pendapatan menjadi $ 6.5 juta.

MySQL AB juga menghadapi gugatan besar pertama pada bulan Juni 2001 ketika itu digugat oleh Nursphere di Pengadilan Distrik AS di Boston. Termasuk pelanggaran kontrak pihak ketiga dan kompetisi yang tidak adil. Beristirahat, MySQL AB dituntut Nursphere pada tahun 2002 untuk hak cipta dan pelanggaran perdagangan. Kedua perusahaan itu mencapai penyelesaian terdengar pada 27 Februari 2002.

Kelebihan MySql

Berikut beberapa alasan mengapa MySQL banyak digunakan:

  1. Fleksibilitas dan kemudahan penggunaan
  2. Performa terbaik
  3. Memiliki standar industri
  4. Aman

Kekurangan MySql

Sayangnya, meskipun memiliki segudang kelebihan, masih ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh MySQL, yaitu:

  1. Kurang Cocok untuk Aplikasi Game dan Mobile
  2. Sulit Mengelola Database yang Besar
  3. Technical Support yang Kurang Bagus
Menu