Kuliah Di Luar Negri Bukan Lagi Hal Mustahil !

Hasil gambar untuk kuliah luar negri
https://www.educenter.id/wp-content/uploads/2016/12/Kuliah-Di-Luar-Negeri.jpg

Melanjutkan jenang pendidikan lebih tinggi merupakan impian banyak orang. Salah satunya adalah dengan bersekolah di luar negri. Namun masih banyak di antara kita yang berfikiran bahwa kuliah di luar negri memerlukan biaya yang banyak, dan prosesnya sangat sulit, namun sebenarnya banyak diluar sana tersedia berbagai cara agar kita bisa kuliah di luar negri tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, salah satunya adalah dengan mengandalkan beasiswa. sangat banyak beasiswa yang menawarkan untuk kuliah di luar negri, prosesnya pun tidak serumit yang kita bayangkan.

Kenapa Harus Ke Luar Negri?

Ada begitu banyak keuntungan serta kelebihan dengan kita kuliah di luar negri atau melanjutkan jenjang pendidikan ke luar negri, dan ini akan menjadi alasan yang cukup kuat, mungkin ada di antara kalian yang masih belum paham, kenapa kuliah di luarnegri?, apakah perguruan tinggi di indonesia tidak ada yang bagus?, mungkin ada di antara kalian semua yang ber tanya-tanya demikian, sebenarnya bukan karena universitas di indonesia yang jelek, namun ada perbedaan konsep pendidikan dan kurikulum di antara keduanya, dimana pada perguruan tinggi luar negri memiliki dan menerapkan konsep dan kurikulum yang lebih evisien dan cocok untuk masa-masa saat ini. Bukan hanya karna hal tersebut, masih ada banyak lagi alasan untuk kita kuliah di luar negri, yang akan kita jelas kan secara lebih rinci.

Karena sangat banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan berkuliah di luarnegri, saat ini juga saya akan menjelaskan kenapa sih orang orang memilih untuk kuliah di luarnegri ?, apa saja keuntungannya ?. Simak penjelasan berikut !

Alasan dan Manfaat Orang Orang Memilih Kuliah di Luar Negri

https://cdns.klimg.com/kapanlagi.com/p/headline/476×238/60-kata-kata-motivasi-belajar-untuk-mem-3a0b8e.jpg

Kualitas pendidikan lebih tinggi

Sebagian besar perguruan tinggi di luar negri memiliki dan menerapkan kurikulum internasional, dengan sistem pembelajaran ini tentunya akan membuat kita memiliki setandar dan pengalaman pendidikan yang tinggi. Sebagian besar perguruan tinggi di luar negri juga memiliki kelas-kelas yang relatif sedikit, yaitu hanya sekitar 20 orang setiap kelas, dengan demikian tentunya akan meningkatkan fokus peroses belajar mengajar yang lebih baik, dan juga mempermudah interaksi antara mahasiswa dan pengajar. Ketersediaan fasilitas di negara-negara maju juga lebih baik, sebagai penunjang dalam proses pendidikan, seperti laboratorium dan perpustakaan yang tentunya memiliki standar yang lebih tinggi.

Studi bidang yang spesifik

Mengikuti perkembangan zaman, industri-industri di dunia membutuhkan banyak tenaga ahli yang memiliki skill dalam bidang yang lebih spesifik. kita juga tidak dapat menentang fakta bahwa tujuan akhir dari bidang studi untuk bekerja dan berkarir. Kebanyakan perguruan tinggi di negara-negara maju mulai menyesuaikan studi mereka dengan melonjaknya kebutuhan tenaga ahli di dunia industri tersebut tersebut.

Banyak juga di antara kita yang sudah menyadari akan hal tersebut, hal ini membuat mereka lebih memilih kuliah di luar negri agar dapat menyesuaikan diri dengan industri saat ini. Sebagai contoh, di indonesia terdapat fakultas biologi, namun di negara negara maju menyediakan bidang studi yang lebih spesifik yaitu biologi kelautan.

Metode yang lebih berorientasi pada praktik dan riset

Keunggulan lainnya dari kuliah di luar negri adalah, tersedianya program yang lebih aplikatif, dimana proses studinya telah dirancang khusus agar dapat membiasakan mahasiswanya untuk lebih terbiasa dan kompeten pada saat terjun langsung di situasi produksi, kita dapat merasakan langsung bagaimana pengalaman terlibat langsung dengan sebuah industri, dan juga di sediakan fasilitas riset lengkap yang sangat membantu dalam penerapan konsep studi tersebut.

Saat ini banyak ahli yang program studi yang di tawarkan di indonesia masih kurang aplikatif, sehingga menyebabkan banyak lulusan-lulusan yang masih canggung untuk terjun langsung di lapangan, hal ini tentu sangat berpengaruh pada pandangan perusahaan pada calon-calon pekerjanya.

Mendapatkan pengalaman internasional

Faktor lain yang membuat banyak orang lebih memilih untuk kuliah di luar negri adalah untuk mendapatkan pengalaman internasional. Tentu saja setelah kita jauh dari rumah dari keluarga, berhadapan dengan lingkungan baru, orang-orang baru dengan budaya dan bahasa yang berbeda-beda akan menambahkan pengalaman kita dalam bersosialisasi, berinteraksi, dan membantu perkembangan secara pribadi.

Manfaat Apa yang akan kita dapatkan?

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memilih kuliah di luar negri, yang akan sangat bermanfaat dalam mengembangkan diri sendiri, dan juga dapat bermanfaat untuk kita kedepannya sebagai bekal menuju masa depan.

Lebih mandiri

Jauh dari keluarga, tinggal seorang diri di tempat yang baru dengan segala perbedaan baik bahasa dan juga kebudayaan, mengurus keuangan, mengurus kebutuhan hidup secara mandiri. Dengan itu kemua akan membuatu menjadi pribadi yang tangguh, mandiri, aktif, dan bertanggung jawab.

Mampu mengelolah uang

Karena kita jauh dari keluarga, maka kita di tuntut untuk mengatur keuangan kita sendiri, kita juga belajar bertanggungjawab dengan uang kita. kita jadi belajar mengenali mana yang merupakan kebutuhan prioritas dan mana yang bukan, kita akan lebih menghargai uang dan akan lebih berhati hati dan memperhatikan keuangan kita sendiri. kemampuan managemen uang yang baik akan berguna bagi masa depan.

Lebih Kreatif dan Berinisiatif

Berani mengambil langkah yang cukup beresiko dengan keluar dari zona nyaman, keluar dari kampung halaman, meninggalkan tempat kelahiran serta keluarga dan saudara, merupakan salah satu langkah berani, dan juga akan dapat membuatmu menjadi lebih berfikir kreatif, berpikir kritis dalam menghadapi masalah dan menyelesaikannya sendiri. kemampuan tersebut akan sangat berguna dalam menunjang karis masa depanmu.

Lancar berbahasa asing

tentunya dengan kita tinggal di luar negri, itu akan otomatis mamaksa kita untuk terus belajar bahasa asing dan menerapkannya, ketika ingin bertanya, bercerita dengan teman, membeli sesuatu, itu semua akan memicu kita untuk terus belajar bahasa asing, mau tidak mau kita harus belajar dan melakukannya setiap hari dan itu akan membuat kemampuan berbahasa asing mu akan semakin bagus.

Bersikap fleksibel

Selama kamu berada di luar negri, kamu akan belajar untuk bersikap fleksibel, dalam menghadapi situasi serta keberagaman di sana, hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan kita untuk dapat beradaptasi dengan cepat, yang nantinya akan berguna ketika terjun di dunia kerja, semakin sering kamu berinteraksi dengan orang baru, ini juga dapat meningkatkan kemampuan analisis kita dalam memahami karakter lawan bicara, yang nantinya juga akan sangat berguna dalam dunia kerja ketika kita harus bertemu partner bisnis yang berbeda beda, dan kita di tuntut dapat memahami mereka denga cepat.

Berpengetahuan luas

Ketika kita menjalani studi di luar negri, kita akan berahadapan dengan berbagai pola pikir berbeda yang masing masing di dasarkan oleh kebuadayaan yang berbeda pula, kita juga dapat banyak bertukar informasi. Semua yang kamu jalani setiapharinya akan menambah wawasanmu akan dunia luar dan berpengetahuan internasional.

Jangan takut untuk melangkah, manfaatkan masa muda mu untuk mencari pengalaman dan wawasan sebanyak banyaknya. Siap kuliah di luar negri?

Menu