Apa itu internet ?

mungkin sebagai mahluk bumi kita tidak asing dengan yang namanya internet, tapi tau ga sih apa arti sebenarnya dari internet itu. Bagi yang belum paham internet maupun sejarah internet yuk kita cari tahu bersama .

Internet adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet untuk bisa terhubung antara perangkat satu dengan perangkat lain nya . internet ini di gunakan oleh semu penduduk di bumi mulai dari kegiatan sehari hari , melakukan pekerjaan dan masih banyak yang lain .

Tapi tak jarang pula teknologi canggih ini menjadi pemisah antara kehidupan nyata dengan kehidupan virtual di dalam internet. kita lihat saja contoh misal di restoran misalkan pelanggan yang pergi bersama keluarga ke sebuah resto lalu mereka memesan makanan pasti saat menunggu makanan tak jarang banyak yang malah sibuk bermain handphone sendiri mulaidari melihat instagram bermain games mobile dan masih banyak kegiata yang lain yang menjadikan antar salah satu anggota keluarga yang satu dengan yang lain jarang berkomunikasi bila tidak di butuhkan .

Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian internet tidak berbatas pada hal itu saja yang selanjutnya mari kita lihat bagaimana pengertain internet menurut mereka :

1.Onno Purbo

menurut onno purbo di dalam prihatna pada taun 2005 internet pada dasarnya adalah suatu media yang di pakai atau digunakan untuk mengefisensikan sebuah proses komunikasi yang di sambungkan lewat berbagai aplikasi semacam web, volp, e-mail.

2. Oetomo

menuru oetomo pada tahun 2002 internet adalah singkatan atau singkatan dari international network, yang di definisikan juga sebagai salah satu jaringan komputer yang sangat besar , di mana jaringan tersebut terdiri dari beberapa jaringan yang kecil dan saling terhubung antara yang satu dengan yang lain.

3. Supriyanto

pada tahun 2006 supriyanto mengungkapkan bahwa internet adalah suatu ubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang mempunyai sistem oprasi dan juga aplikasi yang berbeda beda , dimana hal tersebut memanfaatkan kemajuan teknologi semacam telepon dan satelit yang memakai protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi , yaitu denga protokol transmission control/internet protocol.

4. Harjono

yang selanjutnya ada menurut Harjono , menurutnya internet adalah kumpilan dari beberapa komputer yang berada di seluruh dunia yang saling terhubung dan terkoneksi . Komputer ini membutuhkan media sebagai pengguhbung antara satu dengan yang lain, media tersebut antara lain kabel/serat optik , satelit atau lewat sambungan telepon.

5. Sibero

menurutnya internet atau juga kepandekan dari inter-connected network adalah sebuah jaringan komputer ayng menghubungkan komputer kita dengan komputer lain secara global

6. Drew Heywood

menurut drew pada taun 1996 , internet adalah istilah yang muncul mulai dari akhir tahun 60an yaitu saat United States Departement of Defense / DoD memerlukan suatu standar yang baru dalam melakukan sebuah komunikasi internet networking . Standar ini harus merupakan standar yang harus dan sanggup menhubungkan antara berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer yang dimiliki olah kontraktor militer, organisasi penelitian atau ilmiah seperti universitas. Jaringan ini harus kuat , aman dan bisa tahan akan kerusakan sehingga mampu dipersiapkan pada kondisi minimum akibat dari bencana maupun perang .

Sejarah Perkembangan Internet Di Dunia

nah setelah kita tau apa sih sebenarnya internet itu dan bagaimana menurut para ahli , kita harus mengetahui juga bagaimana sih sejarah dari internet tersebut

A. awal mula munculnya internet – Tahun 1958

pada tahun ini departemen pertahanan amerika serikat memulai sebiah proyek teknologi tinggi yang di juluki ARPA atau advanced research project agency yang adalah jaringan komputer yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di negara itu , sasaran nya untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi komputer.

B. munculnya prinsip transfer data – tahun 1961

di awal tahun 1960 muncul sebuah teori mengenai paket switching yang dapat di implementasikan pada dunia nyata . kemudian pada pertengahan tahun 1960 an ARPA berkembang menjadi ARPANET yang memiliki tujuan mempromosikan “cooperative networking of time sharing computers”, dan selanjutnya di kembangkanlah teknologi transmisi data dan informasi yang menjadi dasar bagi banyak tori pada bidang itu . pada tahun 1960 sesorang ilmuan yang bernama paul baran menerbitkan sebuah sistem telekomunikasi jaringan untuk amerika serikat , sistem tersebut bertujuan untuk mempertahankan diri di saat terjadi perang nuklir .

C. Pertamakalinya saling terhubung – tahun 1965

salah seorang ilmuan yang bernama Lawrence G. Robertd dan Thimas Merrill. mereka mencoba menghubungkan 2 buah komputer yang jaraknya terpisah jauh . 2 komputer ini di hubungkan dengan menggunakan garis telepon 1200 bpsdan. percobaan tersebut menghasilkan jawaban bahwa meski 2 komputer tersebut berpisah scara jauh , kompter tersebut masih dapat saling terhubung untuk bertukar file.

D. ARPA meluncurkan ARPANET – tahun 1969

sebelum ARP meluncurkan jaringan ini , seorang ilmuan bernama Lawrence G. R oberts bekerja sama dengan sebuah komunitas yang di biayai oleh DARPA atau defense advanced research projects agency. Komunitas ini memilki tujuan untuk memperbaiki sistem jaringan berupa struktur dan spesifikasi yang dimiliki oleh APRANET .

E. Ditemukan nya surat elektronik / email – tahun 1971

di tahun 1971 inilah awal mula di temukan surat secara elektronik. Orang yang pertamakali menggunakan surat elektronik ini adalah ray tomlison yang seorang programer komputer.

F. Penemuan istilah internet atau internetnetworking – Tahun 1974

internet yang di populerkan oleh vint cerf dan bob khan yang memiliki julukan sebagai bapak internet dunia melalui hasil karya nya yang berjudul ” A Protocol dor Packet Network Interconnection”.

G. Adanya internet sebagai jaringan LAN – Tahun 1976

jaringan lan pertamakali muncul pada tahun 1976 yang kemudian di gunakan lah oleh ratu elizabeth ll untuk mengirim email. Ratu inggris itu mengirim email dari royal signals plus radar establishment di malvern, inggris.

H. Munculnya protokol atau TCP/IP – tahun 1982

TCP/IP merupakan bahasa komunikasi basic protokol , yang berfungsi untuk menyesuaikan data dan transver data dari suatu pc ke pc yang lainya yang terdapat dalam satu jaringan komputer. setelah TCP/IP , dikembangkan pula jaringan pc yang lebih luas yaitu WAN atau widen area network.

J. Peluncuran word wide web oleh CERN – Tahun 1991

Hypertext yang berkembang semakin pesat memudahkan manusia dalam bertukar data. Dari situlah cikal bakal munculnya istilah WWW atau World Wide Web . WWW itu sejenis browser dan program editor yang digunakan untuk menjelajah di dalam sebuha komputer melalui jaringan.

H. Penyiaran broadcast radio melalui internet – tahun 1993

Pada tahun 1993 jumlah website tercatat sebanyak 600 buah, dan pemilik domain .org dan .gov yang pertamakali adalah pbb dan white house yang berada di amerika serikat , pada tahun ini pula browser pertama yang bernama Mosaic yang dapat di unduh oleh masyarakat .

I. Munculnya toko online – tahun 1994

di tahun ini amazon.com, craigllist dan ebay muncul . mereka menjadi website pelopor terbentuknya toko online yang masih bertahan hingga sekarang .

J. Adanya jaringan peer-to-peer untuk memudahkan transfer file MP3

Pada tahun ini netscape diakusisi oleh Aol . setelah itu para pengguna beralih menggunakan peer to peer data dalam melakukan transfer file. setelah netscape fulung tikar , secara fenomenal mucil layanan musik napster , hal ini memanjakan pengguna dengan berbagai lagu lewat internet namun hal ini menyebabkan kerugian yang besar bagi industri musik.

K. Tahun 2010 – kru luar angkasa dapat mengakses internet

pada tahun 2010 ini facebook tercatat sudah memiliki 400juta pengguna aktif , dan pada tahun yang sama kru dari ISS sudah bisa menerima akses internet di luar angkasa .

L. Tahun 2011 – Terdapat 375 juta website di internet

mengutip dari Netcraft sampai dengan 2011 tercatat sudah 375 juta situs yang terdpat di internet , hal ini seiring dengan munculnya ipad dan pc touch screen yang membuat pengguna makin nyaman dalam berselancar di internet .

Demikian kebersaaman kita di artikel ini semoga artikel ini banyak membantu trimakasih 🙂

Menu