Informatika Medis dan Teknologi Kesehatan Di Era Digital

Pengertian

Informatika medis
Untuk awalan mari kita cari tau apa itu informatika medis.
menurut Philippe Dreyfus informatika sendiri memiliki pengertian Kumpulan dari beberapa disiplin ilmu yang secara spesifik membahas masalah yang berkaitan dengan transformasi atau pengolahan data/fakta simbolik dengan mesin otomatis (komputer). Sedangkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari perubahan dari suatu data atau informasi yang ada di teknologi komputasi”.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata medis adalah berhubungan dengan bidang kedokteran dan keperawatan.
jadi informatika medis adalah beberapa kumpulan disiplin ilmu komputer yang diterapkan dalam bidang kedokteran dan keperawatan.

Contoh Penerapan Informatika Medis

Paperless medical record, alat pengambil radiografi, dan electronic medication administration system atau yang biasa dikenal dengan sistem informasi kesehatan merupakan contoh-contoh pemanfaatan penggunaan komputer pada bidang kedokteran dan keperawatan.Paperless medical record merupakan suatu pencatatan rekam medis pasien yang menerapkan teknologi komputer yang bersifat paperless.

Kelebihan dari Paperless medical record diantaranya adalah mampu menyimpan data rekam medis pasien dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa harus khawatir data fisik rekam medis pasien rusak. Penggunaannya yang simple sehingga mampu meningkatkan kinerja petugas pelayanan kesehatan, data rekam medis pasien dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

alat pengambil radiografi

  • CT (computed tomography) SCAN adalah prosedur yang menggabungkan serangkaian gambar X-ray yang diambil dari berbagai sisi di sekitar tubuh seseorang. Pemeriksaan ini menggunakan komputer untuk membuat gambar cross-sectional tulang, pembuluh darah, dan jaringan lunak yang ada di dalam tubuh orang tersebut. Prosedur ini menunjukkan gambar yang lebih detail daripada X-ray biasa.

Sumber : halodoc.com
  • Radiografi CBCT (Cone Beam Computed Tomography) 3 Dimensi adalah alat radiografi dengan esolusi tinggi yang menghasilkan pencitraan secara 3 dimensi untuk memenuhi kebutuhan informasi perawatan gigi dan mulut. Cone Beam Computed Tomography (CBCT) 3 Dimensi menghasilkan pencitraan 3 dimensi yang meliputi aksial, koronal dan sagital serta dapat mengukur densitas tulang. Dilengkapi juga dengan perbedaan pemetaan warna untuk melihat kepadatan tulang rahang.
Sumber : researchgate.net
  • Radiografi Thoraks adalah suatu teknik foto radiologi diagnostik guna mengetahui kesehatan organ tubuh terfokus didalam rongga dada.
Sumber : alomedika.com
  • Radiografi sefalometri merupakan metode standart guna mendapatkan gambaran radiografi tulang terfokus dibagian tengkorak bermanfaat untuk membuat rencana perawatan pemeriksaan perkembangan dari pasien yang sedang menjalani perawatan ortodonti.

Sumber : kendalku.com
  • Radiografi Periapikal merupakan salah satu tipe atau jenis radiografi intraoral yang memiliki tujuan untuk melihat keseluruhan pada mahkota gigi serta akar gigi (crown and root).

Manfaat dan Tujuan

Perkembangan manfaat dari penggunaan komputer dimulai sejak akhir tahun 1960a-an. Salah satu contohnya adalah pemanfaatan penggunaan komputer pada bidang kedokteran dan keperawatan. Untuk toolsnya sebagian sudah dijelaskan diatas. Dengan tujuan memberikan kemudahan bagi tenaga kesehatan (kedokteran dan keperawatan) dalam memeberikan pelayanan medis.

Sistem informasi kesehatan merupakan komponen penting dalam manajemen kesehatan yang terus mengalami perkembangan selaras dengan perkembangan organisasi. Sistem informasi kesehatan dapat membantu proses pengambilan keputusan untuk (a) pelaksanaan pelayanan kesehatan sehari-hari, (b) intervensi cepat dalam penanggulangan masalah kesehatan, dan (c) sebagai pendukung menajemen kesehatan di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat terutama dalam penyusunan rencana jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.

Perkembangan Teknologi Kesehatan di Era Digital

Perkembangan teknologi tanpa kita sadari sudah sangat berkembang begitu pesat, sebagai contoh orang terdahulu menggunakan kantor pos hanya untuk memberi kabar kepada sanak keluar yang tempatnya berjauhan. Selanjutnya berkembang lagi menggunakan pesan singkat SMS (Short Message Service), hingga saat ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan jejaring sosial media baik itu Whatsapp, Line, Facebook, Twitter, Instagram, Tik Tok, serta masih banyak lainnya.

Mengutip dari buku Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (2012) karya Nuryanto, contoh perkembangan teknologi bisa dilihat dari perbedaan penggunaan alat pada zaman dulu dan masa sekarang.
Berikut beberapa contoh perkembangan teknologi yang digunakan sehari-hari, yakni:

  • Pada zaman dahulu, masyarakat menggunakan becak sebagai alat transportasi darat. Namun, saat ini masyarakat bisa menggunakan sepeda motor, mobil, dan bus sebagai alat transportasi darat.
  • Dahulu masyarakat menjalin komunikasi dengan berkirim surat atau pesan singkat lewat SMS. Saat ini, mengirim pesan bisa dilakukan lewat media sosial, seperti WhatsApp dan Line.
  • Masyarakat dahulu menggunakan mesin tik untuk mengerjakan tugas atau mengetik teks. Tetapi saat ini hal tersebut bisa dilakukan memakai laptop, komputer, dan handphone.
  • Sebagai penerangan, lilin atau lampu minyak, dulu sangat sering digunakan. Namun, semenjak perkembangan teknologi, banyak masyarakat yang beralih menggunakan lampu yang dialiri listrik. Dahulu masyarakat mencuci baju dengan cara tradisional. Pekerjaan ini semakin dipermudah dengan adanya mesin cuci.

Kembali ke Topik Pembahasan Perkembangan Teknologi Kesehatan di Era Digital

Dalam sepuluh tahun terakhir, dunia kesehatan mengalami perubahan yang cukup besar di dunia teknologi. Dengan adanya perkembangan ini berdampak baik dalam proses pelayanan terhadap pasien, sebagai contoh dahulu pasien harus datang atau mendekatkan diri ke pusat kesehatan terdekat guna mendapatkan pelayanan kesehatan. Coba liat sekarang, tidak pernah terbayangkan sebelumnya jika pasien dapat berkonsultasi hanya menggunakan aplikasi kesehatan daring seperti halodoc, Alodokter, Klikdokter, Go-Dok, YesDok, Prosehat, PakDok, serta masih banyak lainnya yang dapat kalian akses secara daring baik itu berbayar maupun gratis.

Perkembangan Teknologi Kesehatan di Indonesia

Seperti yang sudah kalian semua tau, jika teknologi sudah merambah kesemua aspek kegiatan masyarakat tanpa terkecuali bidang kesehatan di tanah air kita sendiri.
Aplikasi-aplikasi yang telah kita sebutkan diawal merupakan aplikasi kesehatan yang terdapat di negara kita, selanjutnya ada beberapa point yang wajib kita ketahui tentang sejauh mana perkembangan teknologi kesehatan di Indonesia.

  • Sudah banyak platform konsultasi online yang dapat diakses dimana pun dan kapan pun baik yang gratis maupun yang berbayar (halodoc, Alodokter, Klikdokter, Go-Dok, YesDok, Prosehat, PakDok),
  • Tanpa perlu ke pusat kesehatan terdekat sudah bisa mendapatkan fasilitas kesehatan. Belakangan ini banyak merk electronic yang mengeluarkan produk terbaru mereka berupa smart watch yang sudah menerapkan teknologi Artficial Intelligence (AI). Smart watch menciptakan iklim masyarakat yang lebih sehat dengan perolehan data seperti detak jantung yang lebih cepat.
  • Pembayaran yang semakin mudah dan praktis, pelayanan kesehatan yang semakin mudah juga harus di imbangi dengan pembayarannya juga. Sekarang pembayaran kesehatan sudah dapat dilakukan dengan memanfaatkan m-banking tanpa harus ke ATM (Anjungan Tunai Mandiri) maupun Bank.
  • Pemanfaatkan GPS (Global Positioning System) untuk mendapatkan lokasi latihan terdekat.
  • Pemanfaatan aplikasi-aplikasi tutorial kesehatan online.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi tambahan buat kalian para pembaca, salam hangat dari penulis.
Sekian dan Terima Kasih.

Menu