Kenapa Kita Harus Merancang Masa Depan Dari Sekarang ?

https://campuspedia.id/news/wp-content/uploads/2020/08/estee-janssens-zEqkUMiMxMI-unsplash-1140×570.jpg

Hai pembaca sekalian, masa depan merupakan tempat dimana kita menggantungkan harapan dan cita-cita yang ingin kita capai, masa depan adalah apa yang kita ingin peroleh di masa mendatang dari usaha serta kerja keras kita di masa sekarang. Masa depan harus di rancang dan dipersiapkan dengan benar dan matang agar kita dapatkan mencapai segala harapan dan cita-cita kita.

Nah! kali ini saya akan menmbagikan informasi penting untuk kita semua tentang bagaimana dan dari mana kita harus memulai menentukan dan merancang apa yang sebenarnya kita inginkan dan kita butuhkan di masa mendatang. Mungkin dari teman-teman pembaca semua bertanya-tanya “Kenapa saya harus merancang masa depan saya dari sekarang ?”, mungkin ada di antara pembaca sekalian yang sempat berfikir demikian, jawabannya adalah, semakin cepat dan semakin awal kita merancang dan menyiapkan masa depan, maka akan ada semakin banyak waktu dan kesempatan untuk kita lebih berkembang dan memikirkan bagaimana dan apa yang sebenernya kita inginkan di masa depan. dengan begitu rancangan masa depan yang telah kita rancang akan berjalan dengan lebih matang dan sesuai dengan yang kita harapkan. Sebelum itu saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu yang dimaksud masa depan?.

Apa Itu Masa Depan?

Setelah kita mengetahui untuk apa dan pentingnya kita merancang masa depan, daya akan menjelaskan lagi sebenarnya apa itu masa depan?, dan apakah yang kita kerjakan itu baik untuk masa depankita?. Pengen tau jawabannya ?, simak penjelasan di bawah ini

Bisa di bilang masa depan merupakan sebuah alasan, tujuan, atau motivasi seorang mahluk hidup selama menjalani hidupnya. Mengapa demikian?. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, masa depan merupakan tempat kita untuk menggantungkan setiap harapan, cita-cita, maupun tujuan seorang manusia. Karenanya memiliki rencana masa depan yang baik, matang, dan juga waktu yang cukup untuk menjalankannya merupakan hal – hal yang sangat penting dalam sebuah setrategi menuju masadepan yang kita dambakan. Dengan waktu yang cukup akan menjadi kesempatan kita untuk melewati berbagai rintangan, dan cobaan. Kembali ke topik awal kita yaitu, bagaimana merancang masa depan yang baik dan benar

Merasa bingung dan kurang pengalaman untuk merancang masa depan di usia muda?, tak usah panik!. Dibawah ini adalah langkah-langkah dan cara bagaimana kita dapat merancang masa depan sejak dini

Menentukan Tujuan

Pertama saya akan menjelaskan tentang apa yang sebenarnya di maksud dengan Menentukan Tujuan dalam merancang masa depan. Sebagai contoh, ketika seseorang sedang mengendarai sepeda motor ia harus memiliki tujuan yang jelas, kemana ia akan pergi, untuk apa iya pergi, dan juga jalan mana yang harus ia lewati untuk dapat sampai ke tempat yang ia tuju itu, jika sang pengendara tidak memiliki tujuan yang jelas, arah yang jelas, maka sang mengendara hanya akan berkendara memutar-mutar tanpa mendapat apapun, sang pengendara hanya akam menghabiskan waktu, tenaga, serta bahan bakar secara sia-sia.

Sama halnya dengan kehidupan ini, jika kita menjalani hidup tanpa memiliki tujuan maka kita hanya akan menghabiskan waktu, tenaga, untuk melakukan hal-hal itu saja, membosankan dan tidak membuahkan hasil. oleh sebab itu sebagai langkah awal dalam merancang masa depan sangat penting untuk menentukan tujuan, baik jangka panjang ataupun jangka pendek. Sebagai contoh :

  1. Lulus SMA 3 tahun
  2. Menjadi mahasiswa di UGM fakultas kedokteran dan lulus selama 3 tahun
  3. Bekerja ,dan punya rumah sendiri di usia 27 tahun

Memiliki Motivasi Yang Kuat dan Memanfaatkan Waktu Muda

Adanya Motivasi sangat penting dalam sebuah proses membangu masa depan, hal ini akan memicu agar kita tetap berfiki positif, memiliki tekad yang kuat dan juga tetap teguh dalam prisip yang telah kita buat sendiri.

Adanya motivasi yang kiat masih belum cukup, untuk dapat melengkapinya kita harus memiliki waktu yang cukup, untuk memilikinya kita harus memanfaatkan waktu muda kita untuk untuk dapat berfikir dan bekerja keras untuk dapat melangkah lebih jauh dan lebih jauh lagi.

Dengan memanfaatkan masa muda dan juga memiliki motifasi yang kuat, itu akam memudahkan kita dalam memberikan gambaran masa dapan dalam jangka waktu tertentu, ini juga dapat sangat membantu kita dalam memilih langkah yang akan kita tempuh untuk mencapainya. Menikmati masa muda memang sangat penting, tapi jangan sampai terlena, karna kita tidak selamanya akan muda, justru di saat saat ini kita harus melungkan waktu untuk apa yaang akan kita lakukan di masa tua.”kita tidak di perbolehkan memutar waktu, manfaatkan waktu mu, hingga kamu tidak sempat berfikir untuk mengulangnya

Membedakan Passion dan Hobi Serta Kenali Minat dan Bakat

Banyak di antara kita yang sering keliru antara Passion dan Hobi. Passion adalah kegiatan yang sangat kita senangi, hingga kita pun rela melakukannya secara percuma, namun bisa menjadi ladang penghasilan. Sedangkan hobi adalah kesenangan yang kita lakukan di waktu luang. Hobi, biarpun merupakan kesenangan tapi tidak bisa menghasilkan uang.

Salah satu jalan untuk menemukan apa passion kita yang sebenarnya adalah dengan mengetahui dengan benar apa minat dan bakat kita. Dapat mengetahui minat dan bakat secara dini akan menjadi bekal yang sangat baik untuk masa depan.

Dengan kita benar-benar mengetahui apa minat dan bakat kita, maka kita dapat mengetahui langkah apa yang harus kita ambil untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya. Contohnya kemana kita akan melanjutkan jenjang pendidikan kita, dan pekerjaan apa yang akan kita pilih untuk masa depan kita. Pendidikan dan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kita, akan membuat kita senang melakukannya, mengurangi strees. dan juga itu bisa menjadikannya passion anda yang sebenarnya. Contoh minat dan bakat anda adalah bernyanyi, maka anda bisa memilih sekolah music dan memperdalam kemampuan anda, mengasahnya dalam berbagai ajang dan kontes, dan menjadikan itu sebagai passion anda.

Kemampuan Membaca Serta Melihat Peluang

Setelah anda dapat mengetahui minat dan bakat, serta menemukan passion anda, dalam merancang masa depan juga di perlukan ketelitian untuk dapat melihat situasi dan kondisi yang sedang terjadi, dan yang akan terjadi di masa depan, terutama seputar bidang atau passion yang anda geluti. Akan kurang bagus jika bidang yang hendak di geluti akan tergantikan dengan adanya perkembangan teknologi. Oleh karna itu, perbanyak literasi serta pahami dunia sekitar dengan baik agar tidak kececeran dengan apa yang menghadang di masa depan.

Teguh Dan Konsisten Serta Fokus Dengan Pilihan

Untik dapat tetap teguh dan konsisten dengan apa yang sudah kita pilih atau impikan kita tidak boleh membiarkannya hanya terpendam dan berakhir hanya di angan-angan kita saja, jika perlu tuliskan semua tujuan dan rencana anda dan tempelkan di kamar ataupun di manapun, hingga anda terus selalu termotivasi.

Setelah itu, wujudkan satu persatu impuan dan langkah anda, bisa juga dengan membuat skala priritas, mana yang akan anda wujudkan terlebih dahulu, ini juga dapat membantu anda mengurangi beban dalam pengerjaan yang bertahap.

Dengan adanya sekala prioritas, anda dapat fokus untuk melakukan hal hal yang memang anda prioritaskan, ini dapat mencegah anda melakukan banyak hal secara bersamaan yang nantinya dapat membuat anda terbebani, dan emicu depresi atau tertekan dengan impian anda sendiri.

Menerapkan Pola Hidup Sehat dan Menikmati Proses

Selain semua hal diatas, aspek terpenting untuk dapat menjalankan rancangan masa depan adalah memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik. Oleh sebab itu menerapkan pola hidup sehat sangat penting untuk di terapkan bagi orang-orang yang memiliki hal hebat untuk di kejar. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang baik, berolahraga, serta bersenang senang untuk menenangkan serta merefres pikiran anda sejenak. Selain menerapkan pola hidup sehat, kita juga perlu menikmati semua proses yang dilalui, itu juga dapat membuat kita tidak terbebani dalam setiap prosesnya, dan menciptakan pengalaman yang bagus untuk masa depan anda

Demikian adalah cara merancang masa depan anda sejak dini, semoga beberapa tips di atas dapat membantu anda mengenali diri anda, menggali potensi, serta meraih tujuam hidup anda. GOOD LUCK..

Menu