Apa itu Aplikasi Pengolah Kata (Microsoft Word)?

Aplikasi pengolah kata atau sering disebut Microsoft Word sudah sangat familiar dikalangan para pengguna komputer. Perangkat ini sangat penting dan paling sering digunakan ketika bekerja di lingkungan kantor bahkan untuk kalangan anak sekolah pun sekarang lebih banyak dan sering menggunakan Microsoft Word apalagi pada masa Pandemi ini. Fungsi utama software pengolahan yaitu menyisipkan gambar, dan membuat dokumen dokumen lain dan Fungsi hardware utama yang digunakan pada Microsoft Word adalah perangkat Keyboard.

Jenis Jenis Tombol Pada Keyboard

Numeric Key

Terdiri atas tombol tombol untuk memasukkan nilai numeric angka 0-9

Alphabet key

Terdiri atas tombol alphabet dari a sampai z. Pengaturan besar kecil huruf dapat dikombinasikan dengan tombol shift atau mengaktifkan tombol capslock.

Function Key

Merupakan jenis tombol yang memiliki fungsi secara khusus seperti F1 F12 tergantung banyaknya tombol keyboard . biasanya untuk keybourd dengan 80 tombol hanya memiliki 10 jenis tombol funfiction key sedangkan keybouard dengan 110 timbol memiiki 12 jenis tombol funfiction key.

Special Function Key

Jenis tombol ini dapat bekerja jika dikombinasikan dengan dua atau lebih tombol seperti Ctrl, Z, Fn, dan lainnya.

Typewriter Key

Tombol ini digunakan untuk memudahkan proses pengetikan seperti Chaps, Del, Esc, End, Enter, Home, Insert, Prtsc dan masih banyak lagi.

Jenis Jenis Keyboard jika dilihat dari susunan tombolnya

Qwerty

Qwerty adalah urutan atau susunan huruf pada keyboard yang sering kita jumpai di Laptop, Desktop, Notebook. Ciri utama jenis Keyboard Qwerty yaitu susunan tombol yang dibawah baris numerik terdiri atas tombol dengan huruf Q,W,E,R,T,Y.

Jari kelingking diposisikan pada huruf  Q, jari manis diposisikan pada huruf  W, jari tengah diposisikan pada huruf E, jari telunjuk pada huruf R, ibu jari berada pada tombol spasi sedangkan jari tangan kanan terdiri atas urutan P,O,I,U, ini merupakan teknik mengetik yang populer.

Numeric

Keyboard Numeric ini hanya memiliki susunan tombol dari angka 0 sampai 9 dan dilengkapi beberapa tombol operasi aritmatika +, -, /, *.

Dvorak

Keyboard Dvorak ini memiliki ciri khusus seperti QWERTY pada susunan tombol alfabet dapat dilihat dengan tombol A,O,E,U,L.

Maltron

Jenis keyboard Maltron berbeda dengan yang lain, Jenis keyboard ini memiliki bentuk cekung  kedalam dengan tujuan ergonomis agar jari jari tangan saat mengetik tidak terlalu capek.

Alphabetic

Jenis keyboard ini memiliki susunan tombol alphabet dimulai dengan huruf A sampai Z.

Chord

Memiliki tombol 4 sampai 5 buah. Ketika mengetikan huruf lain, harus menekan kombinasi beberapa tombol secara bersamaan. Chord memiliki 3 tipe antara lain yaitu :

  1. Jenis palantype, tipe ini hanya mempunyai tiga jenis karakter yang terdiri dari konsonan awal bagian kiri, konsonan vokal pada bagian tengah, dan konsonan akhir berada di sebelah kanan.
  2. Klockberg, tipe keyboard ini dibagi menjadi dua bagian yang saling dipisahkan dengan kemiringan sudut sebesar 15 derajat agak kebawah. Tujuannya untuk menciptakan kenyamanan.

Untuk Lebih memudahkan kita ada beberapa macam shortcut pada keyboard yang sering digunakan pada saat menggunakan Microsoft Word yaitu :

CTRL + A : berfungsi untuk memblok semua teks pada lembar kerja yang ditulis di microsoft word.
CTRL + B : berfungsi untuk mengubah font menjadi tebal (Bold)
CTRL + C : berfungsi untuk menyalin teks atau gambar yang dipilih (Copy)
CTRL + E : berfungsi untuk membuat teks jadi merata di tengah

CTRL + I : berfungsi untuk mengubah format teks menjadi miring
CTRL + J : berfungsi untuk membuat teks jadu rata kanan dan kiri
CTRL + L : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kiri
CTRL + M : berfungsi untuk menggeser First Line Indent dan Left Tab pada mistar atau pengukur dokumen

CTRL + Shift + F : berfungsi untuk mengubah Font
CTRL + N : berfungsi untuk membuka dokumen dokumen baru
CTRL + O : berfungsi untuk membuka menu Open
CTRL + P : berfungsi untuk membuka menu cetak
CTRL + Q : berfungsi untuk menghilangkan nomor urut
CTRL + R : berfungsi untuk membuat teks jadi rata kanan
CTRL + S : berfungsi untuk menyimpan dokumen
CTRL + T : berfungsi untuk menggeser Left Tab pada Pengukur dokumen
CTRL + U : berfungsi untuk mengubah format pada teks menjadi garis bawah atau Underline

CTRL + V : berfungsi untuk paste atau menempelkan hasil teks yang sudah di salin
CTRL + W : berfungsi untuk menutup program lembar kerja yang di pakai
CTRL + X : berfungsi untuk memotong teks
CTRL + Y : berfungsi untuk mengulang/meneruskan kembali aktivitas yang dibatalkan (Redo)
CTRL + Z : berfungsi untuk membatalkan kegiatan terakhir (Undo)

Microsoft Office Word

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang sangat populer untuk saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini ada beberapa bagian dalam satu paket microsoft office antara lain yaitu microsoft word, microsoft excel, microsoft power point, microsoft office publisher microsoft office access dan lain-lain tetapi dari sekian banyak, Microsoft yang sering digunakan dan paling banyak digunakan yaitu Microsoft Word selain microsoft excel dan power point. Dalam perkembangannya microsoft word ini mengalami banyak perkembangan dari masa ke masa mulai dari microsoft word 1998, microsoft word 2003, microsoft word 2007, microsoft word 2010 dan microsoft word 2013. Dengan perkembangan tersebut microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar microsoft word lebih mudah untuk digunakan. Dengan microsoft word kita dapat mudah untuk bekerja dalam melakukan pengetikan surat ataupun dokumen lain.

Kelebihan Microsoft Word

  1. Kemampuan untuk penyimpanan file dalam bentuk web
  2. Dapat mengirimkan Faks atau Email secara langsung apabila terhubung dengan internet
  3. Kualitas yang bagus dan baik dalam pencetakan
  4. Manajemen file yang mudah dan fasilitas autorecovery apabila terjadi padam listrik.
  5. Mudah dalam Pengoperasian

Fungsi Microsoft Word

  1. Membuat Tabel
  2. Membuat Surat
  3. Membuat Tulisan berbagai variasi menggunakan Word Art agar lebih Aesthetic
  4. Membuat Dokumen
  5. Memasukkan Gambar
  6. Manfaat Microsoft Word
  7. Memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan
  8. Dengan microsoft word kita dapat membuat dokumen sesuai apa yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah kapan saja jika ada terjadi kesalahan sebelum dicetak. dengan microsoft word juga bisa membuat tabel dengan variasi yang sesuai dengan apa yang kita inginkan.
  9. Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita menyimpan hasil hasil pekerjaan kita dalam bentuk file apapun baik itu pdf,word dan lainnya sehingga kita tidak perlu banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk disimpan dan juga akan lebih menghemat biaya.

Menu