Teman teman disini pasti sudah cukup familiar dengan istilah kata “magang”. Magang adalah tahapan yang ada di antara masa kerja dan masa pendidikan atau masa sekolah.

Magang sangat penting lho, temen temen. Ada banyak manfaat yang bisa didapat setelah kamu selesai magang. Apa manfaat dan tips supaya suksesnya menjalani program magang? Sebelum membahas hal ini lebih jauh, simak dulu penjelasan tentang apa itu magang yuk. Let’s Check it out!

Mengenal apa sih magang itu

Source : https://www.rimma.co/wp-content/uploads/2020/02/beautiful-asian-business-woman-working-with-laptop-phone-tablet_39673-94.jpg

Magang kerja adalah proses untuk menerapkan keilmuan atau keahlian yang didapat selama menjalani masa pendidikan atau masa sekolah, di dunia kerja secara langsung. Biasanya pemagang berasal dari sekolah kejuruan atau sekolah vokasi, yang notabene materi di sekolah disiapkan agar siswa/siswi siap kerja ketika lulus nantinya. Siswa peserta program magang jadi bisa memahami sistem kerja yang profesional di industri sebenarnya. 

Pengertian magang sendiri menurut UU menyebutkan bahwa, magang adalah bagian dari salah satu pelatihan kerja atau training yang terselenggara di sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Tujuan magang yang utama adalah mempersiapkan para pelajar/mahasiswa untuk masuk dunia kerja dan bisa memberi keterampilan yang dibutuhkan industri kerja nantinya.

Sejatinya program magang sudah umum dilakukan dikalangan pelajar SMK atau sekolah vokasi. Untuk pelajar SMK, biasanya di sebut dengan istilah PKL atau Prakerin. Program ini diwajibkan oleh pihak sekolah bagi seluruh siswa SMK, sebagai salah satu syarat lulus.Agar nanti dengan harapan ketika sudah lulus sekolah sudah siap terjun di dunia kerja dan industri.

Tidak hanya bagi siswa SMK atau sekolah vokasi, sebenarnya magang juga sudah cukup umum di jenjang perkuliahan. Walau tidak semua Universitas mewajibkan mahasiswanya mengikuti program magang, tetapi para mahasiswa sangat dianjurkan untuk melakukan program magang supaya lebih kompeten dan bisa bersaing saat memasuki dunia kerja. 

Untuk saat ini bahkan sudah ada program magang mahasiswa bersertifikat yang memfasilitasi mahasiswa supaya bisa magang di perusahaan-perusahaan BUMN dengan akses yang mudah. Program Kampus Merdeka juga selalu mengungkit “magang” sebagai salah satu poin penting untuk dimasukkan dalam kurikulum.

Eits, magang juga diatur oleh undang-undang, lho.  Kenapa begitu? Magang dianggap bisa dimanfaatkan perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja murah dan sesuai dengan industri perusahaan tersebut nantinya. Sebagai perlindungan bagi hak peserta program magang pemerintah merasa perlu mengatur program magang dalam Undang Undang.

UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan adalah dasar hukum yang mengatur persoalan magang. Untuk peraturan yang lebih spesifik dituliskan pada pasal 21 – 30 di UU tersebut. 

Magang diatur pula dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009. Peraturan tersebut bahkan lebih spesifik lagi membahas tentang permagangan di dalam negeri. 

Manfaat mengikuti Program Magang

Banyak orang malas mengikuti program magang, Karena dipaksa bekerja under pressure atau di bawah tekanan. Terjun di dunia kerja sebagai pemagang harus rela disuruh sana sini oleh atasan kita. 

Tanpa mereka sadari program magang memberikan banyak sekali manfaat positif bagi kita nantinya dalam menghadadi dunia kerja. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Program Magang Membuka Wawasan

Sebagai pelajar/mahasiswa pasti masih awam dan buta dengan dunia kerja. Kecuali, jika kamu adalah karyawan yang berkuliah, itu lain cerita.

Program magang ini bisa menjadi gerbang awal yang bisa kamu masuki untuk mengenal lebih dalam seluk beluk dunia kerja. Setelah melewati masa magang, harapannya, pemagang tidak akan kaget lagi ketika sudah lulus dan harus bekerja di industri dan dapat bersaing secara kompetitif dengan yang lain sehingga menimbulkan persaingan yang positif.

Ada banyak ilmu dan wawasan yang bisa didapat dengan ikut program magang. Misalnya tentang pembagian pekerjaan pada tiap-tiap divisi di se sebuah perusahaan, keterlibatan karyawan pada sebuah project perusahaan, kebutuhan skill atau kompetensi pada suatu posisi, dll.

Semua wawasan yang didapat akan membuat kamu lebih siap ketika nanti sudah masanya masuk dunia kerja. Kamu bisa menjadi SDM yang siap kerja dan bisa diandalkan serta kompeten.

2. Memperluas jaringan atau networking

Relasi atau jaringan adalah hal yang cukup penting dalam dunia kerja. Dengan mengikuti program magang, kamu bisa bertemu relasi baru. Orang-orang yang berpengalaman di industri dan dunia kerja tentunya.

Relasi baru ini sangat berguna saat nanti kita sudah memasuki dunia kerja dan industri. 

Hal ini ibarat investasi di masa depan. Dengan memperluas relasi maka ketika kita butuh pekerjaan atau apapun itu akan jadi lebih mudah. Maka dari itu, berusahalah bersikap baik pada semua orang yang kamu temui selama magang sehingga mudah mendapat relasi.

3. Mengembangkan Skill atau Keterampilan

Saat magang, kamu akan mendapatkan sejumlah tugas/pekerjaan. Tugas-tugas tersebut biasanya membutuhkan skill – skill khusus. Kamu bisa belajar banyak dari setiap tugas/pekerjaan yang diberikan untuk menambah skill baru, atau membuat skill-mu lebih efektif saat diterapkan pada suatu pekerjaan di industri.

Skill/keterampilan yang bisa kamu dapatkan tidak melulu berupa skill yang sulit. Skill – skill simple seperti bisa menggunakan berbagai aplikasi yang disediakan Google secara efektif dan efisien bisa sangat bermanfaat dalam dunia kerja nantinya.

4. Memberi Nilai Lebih

Persaingan yang sangat ketat dan kompetitif di dunia kerja nanti mengharuskan kamu memiliki pembeda dan nilai lebih supaya dilirik oleh perusahaan yang kamu tuju. Pengalaman magang kamu bisa dicantumkan di CV (curiculum vitae). Mencantumkan pengalaman magang akan membuat kamu memiliki nilai lebih dibanding pencari kerja lain, Karena kita mencantumkan bahwa pernah mengikuti program magang maka perusahaan akan menilai bahwa kamu sudah memiliki beberapa soft skill untuk menghadapai dunia kerja nantinya.

Pengalaman kerja adalah pertimbangan penting bagi perusahaan. Sebagai fresh graduate atau lulusan yang masih fresh yang pernah melakukan magang, namamu akan lebih dipertimbangkan untuk masuk di perusahaan itu nantinya. 

5. Memberi Peluang Pekerjaan

Apabila selama program magang progress pekerjaan dan attitude-mu baik, semakin besar pula peluang untuk diangkat sebagai karyawan saat setelah selesai periode program magang selesai perusahaan membuka recruitment. Setidaknya namamu akan masuk radar positif untuk dimasukkan ke dalam perushaan tersebut. 

Karena pada saat perusahaan membuka lowongan untuk program magang perusahaan tersebut juga sekaligus mencari calon calon tenaga kerja baru yang lebih kompeten di bidangnya dan tentunya murah.

6.Belajar bersosialisasi

Ini dia manfaat magang yang selanjutnya. Berteman dengan teman-teman saat kuliah/sekolah dengan rekan-rekan di tempat kerja sangatlah berbeda. Di dunia kerja, seakrab apapun kamu dengan teman di kantor, ada batas profesionalisme yang harus dijaga.Sehingga jangan sama kan seperti saat sedang di bangku kuliah/sekolah ya 

Tips Sukses Magang

Nah, kami punya beberapa tips nih teman teman, biar temen temen bisa sukses magang dan mendapat manfaatnya. Yuk di simak

1. Aktif Mencari Informasi Magang & Persiapkan Diri

Sebelum memulai program magang di sebuah perusahaan, kamu harus daftar dulu dong! Tentunya di perusahaan yang menyiadakan slot untuk anak – anak sekolah SMK/Universitas melakukan program magang.

Sayangnya, mendaftar magang tidak semudah yang kita bayangkan nih teman teman. Perusahaan tentu saja membutuhkan tenaga magang yang bisa diandalkan dan kompeten di bidang nya. Kuota magang yang sedikit, sedangkan pendaftarnya cukup banyak, sehingga seleksinya sangatlah ketat.

Aktiflah mencari informasi soal magang dari guru / dosen Universitas/sekolahan kamu. Gali informasi yang berhubungan dengan program magang yang sesuai dengan bidang kejuruan. 

2. Jangan Menjadikan Uang/Gaji Sebagai Orientasi

Mungkin teman teman banyak bertanya-tanya, apakah magang digaji? Kebanyakan perusahaan memang menggaji anak – anak yang mengikuti program magang di kantor tersebut, tapi banyak juga yang hanya memberi biaya operasional atau uang makan saja atau bahkan tidak sama sekali.

Karena sejatinya, program magang bukanlah uang sebagai orientasinya. Tetapi mencari pengalaman dan skill – skill baru yang belum dikuasai atau tidak diajarkan di bangku kuliah/sekolah, Agar lebih siap dan mantap ketika masuk ke dunia kerja nantinya.

3. Melaksanakan Program Magang dengan Baik

Disaat kita sedang melaksanakan program magang, Kerjakan semua pekerjaan dan tugas yang telah diberikan mentor dengan baik dan benar. Selain kinerja, attitude-mu juga akan dilihat oleh pihak kantor. Tetaplah sopan, ramahlah dengan para staf dan jagalah tata krama untuk menjaga nama baik kampus/sekolah.

Gimana? Seru bukan pembahasan tentang magang, Pasti kamu tertarik untuk magang. Nah, sekian dulu nih pembahasan tentang magang dari kami, Tetap tunggu artikel – artikel menarik dari kamu ya, Stay Tune!

Menu