Sebelum membahas keyboard mechanical kita akan membahas keyboard itu apa sih?

Kerboard adalah perangkat input yang diperlukan untuk komputer, meskipun ada banyak jenis keyboard, namun tidak banyak yang terlalu memeperhatikannya selama mereka berkerja. Nau nada banyak perbedaan dari keyboard ke keyboard lain, mengapa beberapa dianggap “lebih baik”, di antaranya ada yang lebih mahal, beberapa lebih diminati oleh gamer dan sebagainya.

Apa itu mechanical keyboard?

Mechanical keyboard adalah keyboard yang menggunakan spring dan switch di setiap key. Saat ini hanya keyboard premium yang dibuat dengan switches. Mechanical keyboard juga digunakan di masa lalu, seperti keyboard Model M dari IBM, yang mengguanakan buckling spring switch. Mechanical keyboard banyak digunakan oleh fast typist dikarenakan memiliki kelenturan dan rasa yang tidak sama dengan keyboard membrane murahan yang biasa kebanyakan pada computer. Mechanical juga banyak digunakan oleh para gamer.

Apa sih perbedaan Mechanical keyboard dengan keyboard biasa?

Perbedaan keyboard biasa dan mechanical terletak pada mekanisme typingnya.

Keyboard normal biasanya memakai mekanisme membrane, yaitu karet yang memisahkan tombol dari PCB. Ketika key ditekan, itu membuat kontak dengan PCB dan menyelesaikan sirkuit, dan kemudian mengirimkan sinyal ke computer dan mengubahnya menjadi kata.

Mechanical keyboard konsep nya sama dengan keyboard normal, tetapi mechanical tidak memakai membrane untuk menutupi seluruh PCB, keyboard mechanical memiliki sebuah perangkat individual yang disebut “switch” yang ada di setiap key. Mengetik pada keyboard mechanical berarti menekan tombol, yang mengaktifkan switch. Jadi Ketika anda menekan tombol, anda merasakan dan mendengar suara “klik” yang cukup keras.

Mechanical keyboard terdiri dari:
  • Keycaps: bagian atas dengan huruf atau angka.
  • Switch: mekanis dibawah keycaps.
  • Plate: menjaga agar switch tetap sejajar dan mengurangi tekanan ke PCB.
  • PCB: mainboard keyboard.
  • Case: tempat atau wadah keyboard.

Jadi setelah membaca basic information diatas tentang keyboard mechanical, anda mungkin berpikir kenapa harus memilih keyboard mechanical dari pada keyboard biasa, dan apakah sepadan dengan harganya? Ini pertanyaan sulit dijawab karena setiap orang punya prefrensi berbeda dan kebutuhan pribadi, dan juga budget anda.

Tapi ada keuntungan yang jelas bahwa keyboard mechanical lebih dari keyboard normal. Karena setiap key memiliki switch sendiri, yang berarti bahwa jika switch tidak berfungsi atau rusak, hanya key switch itu yang tidak berfungsi dan proses menggantinya relatif mudah. Dibanding membrane keyboard jika bagian dari membrane rusak, maka harus mengganti serluruh membrane yang biasanya susah karena membrane aftermarket susah dicari dan biasanya orang-orang memilih membeli keyboard membrane baru.


Switch mechanical keyboard

Sebelum kita menggali jenis switch yang berbeda, mari pahami dasar-dasar switch. Switch mechanical dapat dipecah menjadi bagian-bagian berikut urutan dari atas ke bawah:

  • Steam: tempat diapasang nya keycaps. Setiap bentuk steam berbeda dari switch lainya.
  • Switch housing: tempat menyatukan semua komponen.
  • Slider: mendorong spring dan memutus kontak logam yang dipasang di samping switch.
  • Metal contact leaves: yang mencatat penekanan tombol Ketika mereka bergesekan.
  • Spring: Pegas melingkari dasar penggeser dan mendorong switch kembali ke posisi awal.

Mechanical switch dibagi menjadi 3 jenis:

  1. Linear: cenderung keystroke konsisten dan halus.
  2. Tactile: di dalam switch terdapat benjolan di metal contact leaves.
  3. Clicky: di dalam switch terdapat benjolan di metal contact leaves, tapi ditambahi dengan suara kliky yang tajam.

Apa pun jenis switch yang anda pilih, keyboard mechanical sangat cocok untuk bermain game karena ada umpan balik yang jelas saat ditekan. Meskipun demikian, bagian dari kesenagan ialah mendapatkan keyboard yang sesuai dengan kebutuhan anda, dan anda perlu menemukan switch yang tepat untuk anda.

Dengan switch tactile dan clicky, saat anda mengetik terdapat umpan balik dalam bentuk suara klik atau perasaan terbenturnya switchnya.

Sedangkan switch linear lebih cocok kepada yang suka permainan yang bergerak lebih cepat, karena switch linear tidak mempunyai benjolan pada metal contact yang menyebabkan menekan tombol lebih cepat.

Berbicara tentang switch mechanical keyboard memiliki daya tahan lebih dari keyboard biasa.

Mechanical keyboard memiliki umur jutaan klik. Yang berarti bahwa ada kemungkinan besar anda memiliki pengkatan pekerjaan, gaming, atau menyelesaikan tugas universitas sebelum switch nya rusak.

Terlebih dari daya tahan dan kendalan, banyak orang setuju bahwa keyboard mechanical umumnya lebih menyenangkan untuk diketik. Ini tidak dapat diukur atau di kuantifikasi, tetapi keyboard membrane cenderung terasa lembek, daripada mechanical keyboard. Jika anda adalah seseorang yang tidak banyak mengetik atau harus menulis, maka mungkin ini tidak akan menjadi faktor penting bagi anda.

Namun kemampuan untuk memiliki penekanan khusus per tombol juga penting bagi sebagian orang, seperti gamer yang mungkin perlu memiliki umpan balik tactiel untuk mengetahui bahwa ketika mereka mengeluarkan perintah, perintah itu terdaftar.


Kesimpulan

Jadi pertanyaannya adalah, apakah semua ini sepadan dengan harganya? Keyboard normal dapat dihargai serendah Rp 50.000 ke atas, sedangkan keyboard mekanis dapat dihargai Rp 500.000 ke atas, dan dengan perbedaan yang begitu besar, kami yakin bahwa beberapa orang berhak bertanya-tanya apakah itu sepadan. Itu adalah pertanyaan yang sulit untuk dijawab karena kita membayangkan bahwa kita semua berasal dari latar belakang, kebutuhan, tingkat pendapatan, dan lain-lain yang berbeda.

Memilih keyboard mechanical yang tepat untuk Anda

Dengan asumsi harga keyboard mechanical belum membuat Anda kecewa, dan Anda berpikir bahwa Anda ingin membeli satu, bagaimana Anda memilihnya?

Pertama-tama Anda perlu mengidentifikasi kebutuhan Anda. Untuk sebagian besar banyak keyboard akan dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan Anda, tetapi terkadang ada beberapa yang lebih cocok daripada yang lain.

cdn1.productnation.co/stg/sites/5/5c7f6eaadf370.jpeg

Misalnya dalam hal bermain game, mungkin ada beberapa gamer yang senang memiliki tombol tambahan untuk pintasan atau macro. Keyboard gaming juga dilengkapi dengan efek pencahayaan yang dapat digunakan gamer untuk mengelompokkan kunci yang berantakan untuk perintah tertentu. Beberapa keyboard gaming juga dilengkapi dengan sandaran tangan yang diperpanjang dan empuk yang akan membantu membuatnya lebih nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Ada juga pertanyaan tentang portabilitas, di mana beberapa orang mungkin ingin membawa keyboard mereka, dan di sinilah ukuran dan beratnya penting. Ada banyak desain keyboard di luar sana yang tidak sesuai dengan tampilan keyboard normal, dan itulah beberapa opsi yang dapat dilihat.

i.pcmag.com/imagery/reviews/04WneWB1tIjQfk7lA9D6vu1-1..1595338518.png

Contoh tata letak keyboard non-tradisional yang lebih kecil

Misalnya ada keyboard yang tidak menyertakan tombol angka, lalu ada yang tidak dilengkapi tombol panah, lalu ada juga yang bahkan tidak memiliki baris angka, jadi itulah beberapa pertimbangan yang bisa Anda pikirkan.

Lalu ada juga masalah kebisingan. Memang, keyboard mekanis bukanlah keyboard yang paling tenang, meskipun ada beberapa yang benar-benar menganggap suara mengetik menyenangkan untuk didengarkan. Namun jika Anda bekerja di lingkungan kantor, Anda mungkin tidak ingin membuat terlalu banyak kebisingan meskipun untungnya ada keyboard mekanis yang lebih tenang daripada yang lain, dan ada juga solusi aftermarket untuk membantu mengurangi budget anda.


Menu