Kali ini kita akan sedikit membahas mengenai fotografi. Nah jenis kamera dan alat bantu apa saja sih yang cocok kita gunakan dan kita perlukan saat akan melakukan sesi pemotretan tentu saja kamera, lensa, tripod, filter, lighting dan masih banyak alat bantu fotografi lainnya. Mari kita bahas satu per satu :

Jenis – jenis kamera :

  1. Compact Digital Camera

            Kamera jenis ini merupakan kamera digital paling simpel. Dengan ukurannya yang tidak telalu besar dan pas di kantong atau biasa disebut kamera saku, menjadikan kamera ini banyak dipilih untuk pengguna yang membutuhkan kamera yang hanya sekedar mendapat foto saja. Dengan fitur standar namun memiliki mobilitas tinggi. Kamera ini juga tidak mempunyai shoot mode dialer.

Biasanya untuk menekan harga kamera ini memiliki dua jenis input bateri, batre AAA atau pun bateri bawaan yang bisa di charge. Yang menggunakan bateri AAA harganya jauh lebih murah.

Cocok digunakan pada Event indoor, Event outdoor yang tidak terlalu mengandalkan zoom, dokumentasi standar, Anda yg memiliki mobilitas tinggi & tidak mau repot.

  1. Prosumer Camera

Kata “prosumer “ diambil dari PROfesional dan conSUMER. Kamera  yang berjenis “point and shoot” ini mempunyai fitur lebih lengkap dibandingkan dengan kamera saku, antara lain pengaturan exposure dan iso secara manual. Ada beberapa orang yang menggunakan kamera jenis ini untuk memulai belajar fotografi karena dirasa lebih praktis dan fungsional daripada kamera DSLR.

  1. Bridge Camera

Jenis kamera digital prosumer atau disebut juga Bridge CDC (Compact Digital Camera). Jenis kamera ini disebut bridge karena menjembatani pengguna kamera pocket untuk mendapatkan fitur dan kualitas yang lebih baik. Kualitas jenis kamera ini berada diantara kamera pocket dan kamera profesional (DSLR)

  1. Camera DSLR

            DSLR bisa ganti lensa, harga relatif kompetitif 4 juta sampe 6 jutaan. Dengan Lensa Kit 18-55, kualitas gambar yang bagus menjadi pilihan anak muda sekarang.

  1. Microless camera

            Hybrid atau Mirorrless ini adalah kamera mirip DSLR tanpa mirror dengan bentuk yg kompak. Biasanya memiliki kemampuan yang sama dengan DSLR dengan sensor 4/3 dan APSC memberikan kualitas gambar yang sama dan bisa ganti lensa memberikan nilai + sendiri. Bentuk kompak + kualitas bagus.

Alat – alat bantu fotografi :

  • Filter

               Filter adalah sebuah efek tambahan yang akan menimbulkan warna atau sturasi gambar seperti yang kita inginkan, contoh efek pencahayaan di sore hari atau malam hari bisa dengan menggunakan filter.

  • Tudung lensa

               Tudung lensa berfungsi sebagai penghalang cahaya yang akan masuk ke kamera agar gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik, terutama pada saat pemotretan yang arah cahayanya datang langsung ke kamera.

  • Tripod

               Tripod berfungsi sebagai alat penyangga kamera supaya  tidak terjadi adanya goncangan pada saat pemotretan yang dapat menyebabkan gambar menjadi blur.

  • Monopod

               Tidak jauh berbeda dengan Tripod, Monopod berfungsi samahalnya dengan tripod namun monopod hanya memiliki satu penyangga saja yang dapat lebih praktis digunakan dan lebih mudah menyimpan atau membawanya.

  • Background / Green screen

               Background atau kain yang biasa disebut dengan green screen ini berfungsi sebagai pengganti latar belakang foto atau vidio yang nantinya dapat di edit melalui software editing seperti adobe photoshop atau adobe premiere pro.

Menu