Mengenal Tentang Google Dork dan Basic Example nya

Pengenalan Google Dork

Google dork query atau Google Footprint adalah suatu pemanfaatan search operator google. Pencarian suatu informasi di dalam internet dimana informasi tersebut bersifat spesifik, sehingga para user yang melakukan dorking bisa mendapatkan hasil pencarian yang akurat meski informasi itu susah terlacak saat menggunakan Google.

Basic String Google Dork

Dalam penerapan google dork ada beberapa basic string yang bisa digunakan, berikut adalah daftar dan contoh nya

  1. (“text“) Penggunaan dua tanda petik dua
    Tanda petik dua dalam google dork berfungsi untuk mencari kata/kalimat secara keseluruhan yang ada di dalam intenet, jadi setiap kata atau kalimat tidak dicari secara terpisah. Contoh nya jika mencari kata Internet Marketing di google, maka hasil pencarian akan meliputi internet/marketing/ internet marketing tapi jika menggunakan “Internet Marketing” di kolom search google maka hasilnya akan meliputi Internet Marketing secara akurat.
  2. (-text) Penggunaan tanda dash/hyphen
    Penggunaan tanda – saat melakukan pencarian di google berfungsi untuk menghilangkan suatu keyword yang related dengan kata/kalimat yang kita cari. Contoh penerapan nya jika menggunakan tanda petik dua adalah berikut “Internet Marketing” -Basic maka saat hasil search muncul, hasil dengan kata basic tidak akan muncul karena kita mencari hasil dari Internet Marketing yang tidak related dengan keyword basic.
  3. (text|text) Penggunaan simbol garis lurus
    Penggunaan simbol ini di dalam google dork disebut sebagai simbol opertator OR digunakan untuk mencari 2 hasil pencarian dimana didalam hasil pencarian tersebut kita akan menemukan salah satu dari dua keyword yang kita cari jika salah satu dari keyword itu tidak ada. Contoh nya adalah Internet|Marketing maka hasil akhirnya akan mencantumkan keyword Internet atau Marketing.
  4. site:EkstensiWeb
    Pencarian menggunakan site: adalah suatu google dork untuk mencari website dengan ekstensi yang kita cari contohnya adalah site:id maka hasil pencarian yang muncul adalah semua website dengan ekstensi .id
  5. filetype:FormatFile
    Pencarian dengan menggunakan dork filetype: adalah untuk mencari suatu file dengan format yang kita inginkan secara akurat di internet contoh nya adalah filetype:pdf “learn internet marketing” maka hasil pencarian yang muncul adalah website yang mengandung PDF tentang learn internet marketing.
  6. intitle:”Keyword
    intitle: adalah suatu fitur dimana kita akan mencari hasil pencarian yang judulnya adalah kata atau kalimat yang kita cantumkan di intitle: contohnya adalah intitle:”internet marketing” maka hasilnya adalah website dengan konten atau informasi yang judulnya adalah internet marketing.
  7. inurl:”keyword
    inurl: digunakan untuk mencari url suatu website berdasarkan keyword yang kita inginkan, contoh nya adalah inurl:”nusantara” maka hasil yang muncul ada website website dengan url yang mengandung kata nusantara.
  8. intext:”keyword
    Intext adalah suatu cara untuk mencari keyword tertentu didalam suatu website contoh nya adalah intext:”internet marketing” maka seluruh website yang mengandung kata internet marketing akan tampil di hasil pencarian.

Penerapan Google Dork

Dalam penggunaan nya google dork bisa untuk mencari seluruh informasi di internet dengan efektif, bahkan dengan google dork semua orang bisa mencari suatu informasi yang bersifat sensitif, tertutup, atau pribadi jadi diharap orang yang paham tentang google dork bisa memanfaatkan pemahaman nya dengan baik dalam hal yang positif.

Untuk Penerapan Google Dork yang ada hanyalah basic nya saja, karena jika ingin memanfaatkan google dork dengan lebih efektif maka para user harus mengembangkan google dork dengan cara nya sendiri seperti menambahkan perintah OR dengan inurl atau perintah lain, jadi setiap basic bisa digabungkan dengan basic yang lain agar hasil pencarian yang dicari bisa lebih maksimal.

Harap gunakan ilmu ini dengan bijak dan dengan tujuan yang tidak merugikan orang lain.

Menu