Hai teman-teman! Bagaimana kabarnya? Semoga dalam kedaan baik-baik saja disana. Kali ini saya akan membuat artikel mengenai Perangkat Keras pada Komputer atau bisa disebut juga Hardware dalam Bahasa Inggris. Lalu apa sih yang dimaksud dengan  Perangkat Keras pada Komputer atau Hardware itu?

Jadi Perangkat Keras pada Komputer atau Hardware yaitu adalah Perangkat yang biasa terpasang tapi juga ada juga yang tidak wajib ada, yang fungsi utamanya adalah sebagai media perantara untuk mengoperasikan tugas-tugas yang harus dikerjakan sistem dari pengguna terhadap komputer kita. Kemudian apa saja Perangkat Keras pada Komputer itu? Tenang teman-teman kali ini saya akan menyebutkan beberapa Perangkat Keras pada Komputer dan juga fungsinya terhadap computer yang kita miliki.

Lalu Perangkat Keras pada Komputer dibagi menjadi dua tipe atau golongan, yaitu Perangkat Keras Input yang fungsinya untuk memasukkan perintah yang telah kita berikan terhadap komputer dan Perangkat Keras Output yang fungsinya untuk mengeluarkan perintah yang kita berikan dari komputer menuju keluar Perangkat Keras atau Hardware.  Untuk Contoh dan fungsinya adalah sebagai berikut.

  1. Keyboard

Perangkat yang pertama adalah Keyboard. Pasti semuanya sudah tau dong apa fungsi dari keyboard dan bagaimana bentuknya. Bagi yang belum tau Keyboard itu adalah Perangkat Keras untuk memasukkan data berupa tulisan, angka, kode dan lain-lainnya menuju kedalam komputer kita. Jadi Keyboard adalah Perangkat Keras Input, sebab tugas atau fungsinya adalah memasukkan data menuju kedalam komputer kita. Dan juga perangkat ini adalah Perangkat Keras pada Komputer yang wajib ada dalam setiap computer sebab perangkat ini adalah Perangkat Keras pada Komputer yang tugasnya mendasar dari sistim computer.

  • Mouse

Pastinya teman-teman sudah tidak asing lagi dengan perangkat keras yang satu ini, sebab perangkat yang satu ini adalah Perangkat Keras pada Komputer yang hamper disetiap komputer memilikinya. Lalu fungsi dari perangkat yang satu ini yakni untuk memasukkan atau menginput data dari perangkat mouse menuju kedalam computer untuk diproses. Jadi perangkat ini termasuk kedalam perangkat keras input.

  • Microphone

Untuk perangkat keras yang satu ini mungkin teman-teman ada yang merasa asing karena perangkat ini tidak terlalu penting untuk sistem kerja computer kita. Jadi fungsi dari perangkat keras computer ini yaitu sebagai perangkat input suara kita kedalam computer.

  • Scanner

Mungkin teman-teman banyak yang asing dengan Perangkat Keras pada Komputer ini. Jadi perangkat ini mempunyai fungsi untuk memasukkan perintah dari perangkat Scanner kedalam computer kita. Jadi perangkat ini termasuk kedalam Perangkat Keras output.

  • Printer

Perangkat ini biasa kita jumpai ditempat fotocopy dan juga ditempat penyewaan computer atau biasa disebut dengan sebutan Warnet (warung internet). Jadi kegunaan umum dari Printer ialah Perangkat Keras pada Komputer yang digunakan sebagai mencetak teks tulisan maupun gambar yang sudah kita dari computer kita. Jadi jenis dari Perangkat Keras ini adalah Perangkat Keras output sebab Perangkat Keras ini memproses perintah dari computer dan mengeluarkan kedalam bentuk asli. Tapi pada saat ini sudah banyak printer yang juga dilengkapi dengan fitur scanner, jadi kalau yang scanner adalah memproses perintah dari luar perangkat lalu memasukkan ke dalam computer kita.

  • Speaker

Teman-teman yang suka mendengarkan musik ataupun yang hanya mendengar notifikasi dari computer tentu tidak asing dengan Perangkat Keras yang satu ini. Langsung pada fungsinya adalah sebagai Perangkat Keras output, sebab Perangkat Keras ini memproses perintah dari dalam computer kita menuju Perangkat Keras ini dan menjadi suara yang dapat kita dengar secara nyata.

Mungkin hanya cukup sampai disini artikel saya mengenai Perangkat Keras pada Komputer kali ini. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel saya yang lainnya ya. Terima kasih.

Menu