Mengenal HTML dan Melihat Perkembangan Versi nya


Pengertian HTML

HTML sendiri adalah singkatan dari HyperText Markup Language yang merupakan Bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website yang dapat diakses dengan internet untuk menampilkan suatu informasi di dalam sebuah Web Browser seperti Google Chrome & Mozilla Firefox. Singkatnya, halaman website yang kita lihat dibuat dan disusun menggunakan bahasa ini supaya lebih mudah dipahami oleh pembaca atau penggunanya. Bahasa ini telah dirancang dan disusun dengan sangat baik dalam berbagai kode dan simbol tertentu yang secara otomatis akan diterjemahkan oleh komputer. HTML terdiri dari sejumlah perintah dimana kita bisa mengatur judul, tabel, garis, gambar dan semacamnya yang disebut tag atau kode-kode yang dimengerti oleh web browser dan dapat menampilkannya di layar monitor.

Sejarah HTML

Dari sumber yang saya dapatkan di Wikped (wikipedia), HTML diciptakan pertama kali pada tahun 1989 oleh Tim Berners-Lee yang merupakan ahli fisika dari Lembaga penelitian CERN. Tujuan awal diciptakannya HTML adalah untuk membuka dokumen yang memiliki format “.html”. Beberapa sumber menyebutkan bahwa HTML diciptakan pada tahun 1991. Hal ini terjadi karena pada tahun tersebut Tim Bernes-Lee mulai membuat HTML Tags dan mulai memperkenalkan ke publik tentang HTML. Seiring berkembangnya zaman, fungsi HTML menjadi semakin penting. Hingga pada saat ini, sudah ada 5 versi HTML seperti berikut:

HTML v1.0

            Versi ini merupakan versi pertama sejak diciptakannya Bahasa HTML. Fitur yang dimiliki antara lain heading, paragraph, hypertext, cetak tebal atau miring pada textnya. Versi ini juga dapat mendukung peletakan gambar atau image pada dokumen tanpa wrapping (suatu fungsi untuk menyesuaikan antara text dengan lebar area text tersebut).

HTML v2.0

Dibandingkan dengan versi 1.0, struktur HTML 2.0 lebih tertata rapi dan di versi juga terdapat tambahan fitur yaitu mempunyai kemampuan dalam menampilkan form pada dokumen. Mulai versi ini, HTML menjadi awal mula adanya website yang interaktif. Anda juga bisa memasukkan alamat, nama, saran dan kritik pada suatu dokumen.

HTML v3.0 & HTML v3.2

            Dikenal dengan nama HTML+ karena memiliki berbagai tambahan fitur seperti table pada paragraph, dan juga mendukung rumus matematika pada dokumen. Versi 3.2 juga bisa menggunakan script untuk mendukung kinerja HTML supaya lebih maksimal. Contoh script HTML yang bisa digunakan diantaranya VBScript dan Javascript.

HTML v4.0 & HTML v4.01

            Mengalami banyak perubahan dari versi sebelumnya, versi ini hadir dengan penambahan dan penyempurnaan berbagai fitur seperti link, image, meta, form, dan lain lain. Kemudian, lahir HTML 4.01 yang diterbitkan secara resmi oleh W3C () pada tanggal 24 April 1998. HTML 4.01 merupakan perbaikan dari versi sebelumnya dan menjadi standar resmi sampai sekarang.

HTML v5.0

            Dikenal dengan nama HTML5 yang merupakan standar pembuatan tampilan web terbaru dan tercanggih dengan penggabungan antara HTML, CSS, dan Javascript. HTML5 ini adalah hasil kerjasama antara W3C dan WHATWG (silahkan browsing sendiri singkatan dan artinya). Versi ini telah mendukung video dan audio. Sehingga bisa memasukkan file video dan audio ke halaman website. HTML5 menambahkan beberapa perintah baru yang membantu para programmer web untuk mendesain website lebih menarik seperti perintah di bagian nav, header dan footer pada sebuah website. Dengan begitu, bagian-bagian tersebut dapat terdefinisikan dengan baik.

Menu