Hai teman-teman! Balik lagi nih diartikel saya. Pada artikel ini kita akan belajar bersama mengenai Canva, siapa sih yang belum mengenal aplikasi ini.Canva ini adalah aplikasi juga web yang menyediakan fungsi-fungsi yang membantu pekerjaan teman-teman dalam pekerjaan mendesain grafis. Sekedar info ya teman-teman, kalau Canva tidak hanya hadir dalam bentuk aplikasi tapi juga hadir dalam bentuk website yang bisa diakses secara online loh.

Nah untuk kita bisa mengakses secara online melalui website kita daftar dulu nih, caranya mudah sekali teman-teman yang pertama teman-teman lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Mengunjungi website dengan alamat website di Canva.com
  2. Lalu ada pilihan Log in dan Sign up.
  3. Untuk teman-teman yang sudah memiliki akun Canva tinggal klik button Log in lalu memasukkan data yang teman-teman miliki.
  4. Sedangkan untuk teman-teman yang belum memiliki akun, teman-teman bisa memilih Sign up melalui tiga cara, yang pertama adalah melalui akun Google yang kedua adalah akun Facebook dan yang ketiga adalah melalui akun email yang teman-teman miliki.

Setelah kita Membuat akun Canva dan Log in kita pastinya akan diarahkan ke halaman dashboard. Nah untuk teman-teman yang belum mengenal Canva pastinya akan binggung tentang apa saja sih fungsi dari fitur-fitur yang telah disediakan oleh Canva itu sendiri. Agar teman-teman semuanya tidak binggung lagi maka saya akan menjelaskan sedikit tentang fungsi dari fitur-fitur yang telah oleh Canva. Untuk penjelasan dari fungsi dari fitur-fitur yang saya ketahui mari kita simak penjelasan dari saya dibawah ini.

  1. Bagian Navbar atau Menu

Bagian ini adalah bagian terpenting karena terdapat fungsi-fungsi yang tidak dapat dihilangkan. Apakah sajakah fungsi-fungsi itu? Dan apa sajakan kegunaan dari fungsi tersebut? fungsi-fungsi dan kegunaanya itu adalah sebagai berikut.

  1. Beranda

Fungsi beranda ini adalah berisikan tampilan awal dari Canva itu sendiri yaitu desain yang kita telah kita buat jika sudah pernah membuat desain di Canva, serta desain-desain yang telah dibuat oleh orang lain yang bisa kita gunakan.

  • Template

Fungsi template ini adalah fitur yang menyediakan tampilan template yang telah dibuat oleh orang lain dan bisa kita gunakan dan mempermudahkan kita sebagai pengguna untuk.

  • Jelajahi

Fungsi dari Fitur ini adalah untuk memudahkan pengguna untuk mencari jenis template yang akan kita cari dan akan kita gunakan.

  • Harga

Fungsi dari fitur ini yaitu sebagai fitur apabila kita sebagai pengguna ingin mendapatkan fitur-fitur premium yang disediakan oleh pihak Canva dengan cara membayar sejumlah uang yang telah dipatok harganya sesuai fitur yang akan kita dapat.

  • Pusat Bantuan

Fungsi dari fitur ini yakni sebagai fitur apabila kita sebagai pengguna meminta bantuan kepada pihak Canva jika terjadi masalah pada Canva kita.

  • Pengaturan Akun

Fungsi dari fitur ini adalah sebagai fitur apabila kita sebagai pengguna ingin mengatur atau mensetting Canva yang kita miliki.

  • Bagian Didalam Beranda

Bagian ini dibagi menjadi tujuh bagian. Apakah saja itu? Saya akan menjelaskan satu persatu tentang apa saja fitur yang berada didalam bagian-bagian tersebut. Berikut adalah apa saja fitur yang berada didalam bagian-bagian tersebut.

  1. Direkomendasikan untuk anda

Ini adalah fitur untuk pencarian cepat untuk memilih template yang akan digunakan oleh si pengguna.

  • Semua desain Anda

Ini ialah fitur yang disediakan untuk menyimpan dan menampilkan desain yang telah kita buat.

  • Dibagikan dengan Anda

Fitur yang dimana untuk menyimpan dan menampilkan desain atau template yang dibagikan oleh orang lain kepada kita.

  • Kit Merek

Fitur yang fungsinya sebagai jembatan pembelian fitur untuk membuat logo dan font unik yang kita inginkan.

  • Buat tim

Fitur yang berfungsi untuk kolaborasi mendesain dengan teman secara online dengan waktu yang bersamaan.

  • Semua folder Anda

Fitur yang kegunaanya menyimpan dan mengklasifikasikan aktivitas yang kita lakukan pada Canva.

  • Sampah

Ini adalah Fitur Backup untuk folder atau desain yang kita hapus sebelumnya.

Sekian artikel yang bisa saya tuliskan teman-teman, jika ada kekurangan dan salah kata mohon dimaafkan ya teman-teman. Sampai bertemu di artikel saya yang lainnya. Terima kasih.

Menu