Saat ini saya akan menjelaskan tentang Aplikasi CorelDraw dengan Fungsi Toolnya pada artikel yang saya buat ini. Eitts tau tidak apa itu Aplikasi CorelDraw? Tenang.. saya akan menjelaskan tentang kegunaan aplikasi CorelDraw. Jadi kegunaan Aplikasi CorelDraw adalah Aplikasi yang fungsinya sebagai alat bantu  atau aplikasi pengguna untuk membuat desain yang kita sebagai pengguna ingin ciptakan dengan berbasis vektor. Untuk cara penggunaan singkatnya adalah sebagai berikut.

  1. Yang pertama kita lakukan adalah membuka aplikasi CorelDraw yang sudah kita download.
  2. Lalu setelah kita dibawa dihalaman dashboard, kita hanyalah diberikan tampilan kosong dan tidak tersedia halaman untuk kita mengerjakan pekerjaan kita. Maka kita harus membuat halaman kerja kosong baru.
  3. Cara membuat halaman kerja kosong baru adalah klik menu file dan kita pilih opsi New
  4. Setelah kita memilih opsi New pada Menu File, sistem akan otomatis menampilkan halaman kerja (work space) pada halaman dashboard atau halaman kita diawal.

       Setelah kita berhasil membuat atau menampilkan halaman kerja atau work space hal yang selanjutnya adalah mendesain. Tentu saja seperti yang saya jelaskan diawal tadi  fungsi dari CorelDraw adalah Aplikasi yang fungsinya sebagai alat bantu atau aplikasi pengguna untuk membuat desain yang kita sebagai pengguna ingin ciptakan dengan berbasis vector.

Agar kita tidak kebinggungan saat mendesain pada aplikasi Canva lebih baiknya kita tau dahulu tool-tool apa saja yang harus kita gunakan dan tentu saja dengan fungsi  dari tool-tool yang kita akan gunakan. Untuk lebih lengkapnya kita langsung saja bahas fungsi dari tool-tool yang terdapat pada sebelah kiri halaman kerja atau workspace pada aplikasi CorelDraw.

  1. Pick tool

Kegunaan dari tool yang satu ini adalah sebagai fitur untuk menggeser dan memilih objek baik yang akan kita pindahkan maupun kita pilih.

  • Shape tool

Fungsi dari tool ini yaitu untuk mengedit tepi objek yang telah berbentuk curva.

  • Crop tool

Tool ini memiliki fungsi sebagai pemotong objek yang akan kita potong-potong.

  • Zoom Tool

Tool yang satu ini memiliki kegunaan untuk memperdekat dan juga memperjauh objek dari layar desktop si pengguna.

  • Freehand tool

Fungsinya tool ini adalah sebagai alat bantu menggambar objek dengan bentuk garis lurus dan juga bisa menjadi bentuk abstrak sesuai apa yang ingin kita gambar.

  • Arstistic Media tool

Tool ini mempunyai tugas sebagai alat bantu desain seperti mengecat pada dunia asli. Bentuk yang dihasilkan bisa menyerupai sikat atau kuas, penyemprot seperti cat semprot atau biasa disebut pilox, dan juga bisa kita edit atau setting bentuknya sesuai dengan yang kita inginkan atau butuhkan.

  • Rectangle tool

Kegunaan dari tool yang satu ini adalah sebagai alat bantu dalam membuat objek yang berbasis persegi. Karena kita juga bisa merubah bentuk persegi menjadi persegi Panjang, belah ketupat (persegi dirotate), dsb.

  • Ellips tool

Tool ini memiliki fungsi sebagai alat untuk menggambar atau membuat objek yang berbasis lingkaran. Sebab kita bisa membuat oval dengan sedikit menambahkan improvisasi dalam menggunakan toolnya.

  • Polygonal tool

Tool yang satu ini memiliki fungsi yang digunakan untuk menggambar atau membuat objek berbasis objek yang mempunyai sudut lebih dari 4. Sebagai contoh adalah Segi Lima, Star atau Bintang, Kotak flowchart dsb.

10. Text tool

  Fungsinya tool ini adalah tool untuk menampilkan teks yang ingin kita tampilkan pada bagian tertentu.

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan. Jika ada salah kata dan makna seperti typo atau sulit dipahami saya rasa itu hal yang bisa dimaklumi. Sampai jumpa dan bertemu lagi pada artikel saya yang lainnya.

Menu